model baju dinas bidan

Alasan Dibalik Warna dan Model Seragam Petugas Rumah Sakit

Saat kita memasuki area atau lingkungan Rumah Sakit, maka kita tidak akan asing dengan aneka seragam yang digunakan oleh petugas Rumah Sakit. Meskipun menggunakan seragam yang berbeda – beda, namun kita dapat dengan mudah mengenali perawat di Rumah sakit dari baju perawat rumah sakit tersebut.

Dan menariknya, meski model baju seragam perawat setiap Rumah Sakit berbeda – beda, kita tetap dapat mengenali mereka. Karena, seragam petugas Rumah Sakit umumnya memiliki ciri khas tersendiri yang menunjukkan identitas mereka. Meski dengan model dan warna yang berbeda, seperti misalnya model baju dinas bidan yang pastinya berbeda dengan dokter dan perawat, tapi kita tetap dapat mengenali mereka sebagai petugas Rumah Sakit.

 

 

 

Warna Seragam Petugas Rumah Sakit

Ciri menonjol dari seragam perawat atau bidan di rumah sakit adalah dari segi warna. Apapun model seragam perawat atau model baju dinas bidan yang dipilih, namun warna yang digunakan biasanya berupa warna putih, biru atau hijau. Bukan tanpa alasan, karena warna – warna tersebut memiliki makna tersendiri.

Pada jaman dulu, seragam semua petugas medis adalah putih. Alasan penggunaan warna putih adalah karena warna putih dianggap warna yang paling mudah kotor. Dengan begitu, perawat akan dengan mudah mengenali jika ada noda pada seragamnya mengingat baju perawat harus dalam kondisi bersih higienis. Selain itu warna putih juga melambangkan kesucian dan kemurnian.

Seiring perkembangan jaman, baju perawat dibuat berwarna – warni. Namun warna yang dipilih adalah warna hijau dan biru terutama bagi mereka yang bekerja di ruang bedah. Alasan dibalik pemilihan kedua warna tersebut adalah untuk menghindari ilusi mata. Dokter dan petugas medis lainnya terlalu banyak melihat warna merah darah, sehingga untuk mencegah terjadinya ilusi mata, dipilih warna biru dan hijau.

Perbedaan Model Baju Petugas Kesehatan

Jika warna pada pakaian perawat sudah berkembang, kini model baju perawat dan model baju dinas bidan juga berkembang. Ada yang dikenal dengan istilah seragam scrub atau scrubsuits. Seragam ini merupakan seragam bidan, perawat dan dokter yang bertugas di ruang bedah. Desain dari seragam scrub ini adalah atasan berlengan pendek dengan kerah V neck dan celana longgar.

Kini, baju scrub suit tidak hanya digunakan dalam ruang operasi namun juga di luar ruang operasi namun dengan variasi model. Diberikan juga tambahan kantong dan kerah pada bagian atasan. Seragam scrub ini telah menggeser keberadaan seragam perawat model dress dan topi. Kini hampir sebagian besar Rumah Sakit menggunakan jenis seragam scrub yang dinilai lebih modis dan modern. Untuk warna juga disesuaikan. Biasanya warna biru dan hijau atau putih.