Ingin Pesan Toga Wisuda Murah? Ketahui Dulu Filosofi Menggunakan Toga Wisuda

Ingin Pesan Toga Wisuda Murah? Ketahui Dulu Filosofi Menggunakan Toga Wisuda

Ketika hari kelulusan kampus Anda diharuskan mengenakan toga sampai-sampai tampak apik dan bangga dengan hasil yang kita peroleh. Toga wisuda dapat Anda dapatkan dengan harga murah maupun mahal. Sebelum memilih toga wisuda murah dan mahal, terdapat baiknya untuk memahami filosofi mengenakan toga ketika kelulusan. Simak pembahasan berikut ini.

1. Warna Hitam yang Memiliki Makna Kegelapan

Ketika dilihat-lihat, bukankah toga melulu mempunyai satu warna yang dominan? Ya. Warna hitam yang sekarang diberi aksen biru, kuning dan lainnya sebagai penanda universitas. Tapi mengapa harus warna hitam yang penuh akan arti kegelapan? Warna hitam sejatinya memang mempunyai makna kegelapan, selain tersebut juga melambangkan kemuliaan dan menyerahkan kesan misterius. Jadi, filosofinya ialah toga yang diberi makna suatu kegelapan ini mesti sukses dikalahkan oleh seorang sarjana yang mengenakannya. Caranya ialah dengan memakai ilmu pengetahuan yang sudah ditempuh dan diperoleh selama masa perkuliahan. Artinya ialah ilmu yang kita dapatkan tersebutlah yang akan berjuang menarik kita dari kegelapan. Bagi warna hitam pada jubah hakim dan pemuka agama mempunyai makna kemuliaan dengan membawa dan membela kebenaran yang sukses menyelamatkan orang-orang dari kenistaan.  

2. Topi Persegi yang Memiliki Makna Sudut Pandang

Meskipun harga toga wisuda murah bukan berarti tidak dilengkapi dengan topi. Nah, tahukah kita topi persegi yang dikenakan bersamaan dengan jubah toga mempunyai makna yang dalam. Bentuk topi yang persegi bermakna sudut pandang di mana mempunyai tujuan supaya mahasiswa yang sudah mendapatkan gelar sarjana dituntut supaya mempunyai pemikiran yang rasional. Kemudian semua sarjana juga diinginkan mampu beranggapan tidak melulu dari satu sudut pandang untuk mengamankan pemikiran yang dapat merusak tatanan kehidupan. Maka dari tersebut sering disebutkan oleh orang-orang di luar sana bahwa sarjana mesti mempunyai pemikiran yang luas dan masuk akal cocok dengan ilmu yang sudah diembannya. Meskipun ketika ini masih saja terdapat orang mempunyai pemikiran sempit seolah tidak pernah mengenyam pendidikan.  

3. Pemindahan Tali Toga

Banyak yang menuliskan bahwa wisuda itu mudah dan hanya dilangsungkan sebentar, kenapa? Karena melulu perlu mengalihkan tali toga dari segi kiri ke sisi kanan. Benar saja, namun meskipun dilangsungkan sebentar proses saat menuju hari wisuda itu lumayan memakan waktu. Ternyata pekerjaan pemindahan tali toga itu mempunyai filosofi yang bagus. Jadi, tali yang terdapat pada topi toga diibaratkan sebagai benak yang mengenakannya. Pertama kali terletak di sebelah kiri topi sebab ketika masa perkuliahan berlangsung, mahasiswa lebih sering memakai otak kiri dalam berpikir. Otak kiri dipakai untuk bahasa dan hafalan yang sudah menjadi makanan sehari-hari semua mahasiswa. Ketika wisuda yang berarti mahasiswa telah menjangkau tujuan dalam proses perkuliahan, maka tali dipindah ke sisi kanan topi supaya nantinya benak kanan lebih digunakan. Penggunaan benak kanan seringkali erat kaitannya dengan daya imajinasi, inovasi serta kreativitas.  

Jadi, setelah memahami filosofi yang terkandung ketika mengenakan toga wisuda, Anda hendak memilih toga wisuda murah atau mahal?

Jika anda sedang membutuhkan seragam bisa langsung hubungi kontak CS kami di bawah ini :

No Telepon: 021 – 7356891
Fax: 021 – 7355533
Whatsapp0878-7570-95110877-8288-8730 / 0813-1545-6872
Facebook: https://facebook.com/Rumahjahit.page/
Email: [email protected]
Websitewww.rumahjahit.com
Instagramhttps://www.instagram.com/rumahjahit.id/

Atau bisa datang ke tempat kami : Jalan Ceger Raya No. 120 samping SDIP Baitul Maal, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Terimakasih telah berkunjung ke website kami, semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda guna untuk pemahaman serta tambahan wawasan, pengetahuan dan referensi anda yang berminat dalam melakukan pembuatan.