model baju dinas kesehatan

Tips Memilih Bahan Baju Dinas Kesehatan

Baju perawat rumah sakit merupakan suatu lambang profesi bagi pemakainya. Kebanggaan dan kesan mulia dan tulus tersirat dari baju seragam perawat. Apapun model baju seragam perawat yang dipilih oleh sebuah Rumah Sakit kita akan dengan mudah menentukan bahwa orang tersebut adalah perawat bidan atau dokter.

Ini karena, dalam hal pemilihan model dan warna, baju perawat atau petugas medis harus disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku. Namun, tahukah Anda bahwa selain warna dan model, baju perawat juga harus dipilih sesuai dengan bahan yang sudah ditentukan.

Meskipun model baju dinas kesehatan berbeda setiap Rumah Sakitnya, namun untuk kualitas bahan, sudah ada ketentuannya. Kain yang dipilih haruslah yang berkualitas baik dan aman tentunya. Bahkan kini tengah dikembangkan, kain untuk seragam petugas medis yang bersifat anti air dan anti bakteri. Gunanya untuk melindungi petugas medis dari bahaya virus.

 

Pilih Kain Berkualitas dan Aman

Terlepas dari apapunmodel baju dinas kesehatan yang dipilih, pastikan Anda memilih bahan yang baik untuk seragam petugas kesehatan. Pilihlah kain yang lembut dan aman bagi kulit. Pilih kain dengan kandungan fluorocarbonfree yang aman untuk kulit dan mampu mencegah kanker kulit.

Fluorocarbon merupakan bahan yang digunakan dalam pembuatan zat anti air sehingga dapat memicu terjadinya kanker. Kandungan PFOA dan PFOS pada fluorocarbon inilah yang menyebabkan kanker kulit. Untuk itu pastikan kain yang Anda pilih bebas dari fluorocarbon.

Kenali jenis Kain dan Kelebihannya

Untuk mempermudah Anda dalam menentukan kain yang sesuai dengan model baju dinas kesehatan Anda, maka pelajari terlebih dulu jenis – jenis kain yang aman untuk seragam Anda. Berikut ini beberapa daftar kain yang kini diakui aman dan layak dijadikan kain seragam petugas medis.

  1. Katun Waterproof

Katun waterproof merupakan kain yang umumnya digunakan untuk membuat masker dan seragam petugas medis. Kain ini memiliki anti air yang cukup kuat. Kelebihan dari kain ini adalah tidak akan menimbulkan alergi bahkan bagi mereka yang sensitif. Iritasi kulit juga dapat diminimalkan. Selain itu juga nyaman dan dapat menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Kain katun juga memiliki sifat anti lembab sehingga mampu mengurangi tumbuhnya bakteri dipermukaan kulit.

  1. TRwaterproof

TRWaterproof merupakan salah satu jenis kain rayon. Tetoron rayon merupakan jenis kain yang aman dan nyaman digunakan sehari – hari.

  1. Rayon Water Resistant

Kain rayon waterproof merupakan jenis kain yang biasa juga digunakan untuk keperluan medis. Bahan ini juga sering digunakan pada masker dan penutup kepala.

  1. LaminatedWaterproof

Laminatedwaterproof merupakan jenis kain anti air berbahan poliester. Kain ini dilapisi dengan bahan anti air pada bagian bawah sehingga anti air. Kain ini kebanyakan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan seprei anti air.