Cara Merawat Jubah Wisuda 

Cara Merawat Jubah Wisuda

Mendapatkan sesuatu memang mudah tetapi akan lebih sulit ketika Anda menjaganya, hal inilah yang sering terjadi ketika jubah wisuda ingin dipakai rusak oleh beberapa faktor. Misalnya saja, lembab dan berjamur, sobek karena digigit hewan pengerat, terkena noda sulit hilang, pencucian yang tidak sesuai aturan. Cara merawat jubah wisuda agar tahan hingga 5 tahun lebih adalah sebagai berikut:

  1. Cuci dengan Dry Cleaning

Seusai dikenakan, jubah wisuda hendaknya dicuci karena bekas keringat dan noda lainnya seperti make up tak mungkin terlepas. Cara mencucinya biasanya dengan metode dry cleaning dan tidak dikucek. Kemudian keringkan di panas terik tetapi tidak langsung mengenai baju karena bisa membuat warnanya pudar. Sedikit saja baju tidak kering maksimal akan menimbulkan jamur baju yang warnanya hitam titik-titik.

  • Setrika dengan Baik

Cara menyeterika jubah toga yang baik adalah dari dalam dengan panas sedang, setelah jubah wisuda bagian dalam rapi baliklah bagian depan dan setrika dengan pelan-pelan. Bagian depan yang pertama kali disetrika adalah lengan, baju depan dan belakang. Saat proses pelipatan, agak ditekan bagian yang keras agar lebih rapi.

  • Bungkus dengan Plastik Tebal

Masukkan jubah yang telah disetrika ke dalam plastik kering bening dan tebal untuk menghindari noda. Gunakan plastik ukuran besar sesuai ukuran jubah, apabila ukuran jubah S gunakan plastik bertanda S dan seterusnya. Hal ini bertujuan agar Anda tidak kesulitan untuk mencarinya kembali.

  • Taruh di Lemari Anti Rayap dan Anti Lembab

Penyimpanan menjadi bagian terpenting agar sebuah benda awet. Anda gunakan lemari berbahan non kayu, bisa dari lemari stainless steel, kaca, atau bahan plastik. Lemari dengan bahan kayu biasanya akan mudah menyerap molekul air dan lembab saat musim hujan. Hal inilah yang mengakibatkan rayap menjamur dengan cepat. Selain itu, pasang lampu di dalam lemari dan di luar lemari agar udara tetap hangat sehingga baju tetap kering selalu. Jenis bahan berkualitas tinggi tentunya akan lama berjamur namun bukan berarti tidak bisa terjangkit jamur baju.

  • Bersihkan Area Lingkungan Penyimpanan

Area penyimpanan jubah wisuda pastinya dikhususkan artinya ada satu ruangan khusus untuk menyimpan semua baju toga. Bersihkan lantai, jendela, lipatan-lipatan mebel dengan cairan antiseptik agar kuman tidak membandel menempel pada perabotan. Sesekali lemari dibersihkan juga dan tata kembali jubah wisuda dengan rapi. Jangan Anda beri ruangan khusus penyimpanan baju dengan toilet karena mengundang kelembaban.

Sangat sayang sekali apabila jubah wisuda yang baru saja Anda beli rusak dalam jangka waktu relatif pendek, cobalah praktekan lima cara merawat jubah wisuda di atas. Dengan perawatan yang baik jubah akan awet hingga 10 tahun.  

Tinggalkan Komentar