Apa Saja Yang Wajib DIkenakan Saat Wisuda?

Apa Saja Yang Wajib DIkenakan Saat Wisuda?

Wisuda merupakan salah satu kegiatan yang menjadi salah satu acara yang paling ditunggu – tunggu oleh sebagian orang. Nah, untuk itu, setiap orang diharapkan tampil menawan dalam acara wisuda ini. tidak hanya wanita, pria pun juga melakukan penataan penampilan agar dapat berpenampilan dengan baik pada saat hari wisuda mereka.

Jubah Toga dan Topi Wisuda

Apa yang Anda pikirkan ketika Anda mendengar kata wisuda? Ya, tentunya Anda akan membayangkan para siswa – siswa mengenakan jubah wisuda yang kemudian mereka akan melemparkan toga mereka ke atas. Nah, tentunya gambaran itu tidaklah salah. Wisuda memang identic sekali dengan penggunaan jubah serta toga.

Nah, bagaimana Anda mendapatkan toga ini? untuk mendapatkan toga ini, biasanya pihak universitas akan menyewakannya kepada Anda untuk digunakan pada hari wisuda nanti. Namun, ada pula beberapa universitas yang menghendaki Anda untuk membeli jubah ini atau bahkan menjahitnya sendiri. Keuntungan jika Anda menjahitnya sendiri tentunya adalah akan sangat  sesuai dengan besar tubuh Anda.

Kerah Wisuda

Selain kalung wisuda dan jubah toga wisuda, aksesoris kedua yang wajib adalah kerah wisuda. Jika Anda sering menyaksikan prosesi wisuda, tentunya Anda akan mengenali wujud kerah ini. Wisudawan harus mengenakan aksesoris ini pada bagian dada, tepatnya di atas jubah toga wisuda. Kerah ini akan menutupi dada Anda di bagian depan serta bagian belakang dari pundak Anda.

Produsen biasanya membuat kerah wisuda dari bahan saten atau beludru, tergantung kebijakan masing-masing universitas. Umumnya, pihak universitas atau penyewa menjual atau menyewakan kerah ini dalam satu set dengan toga.

Itulah dua aksesoris wajib yang harus Anda gunakan selain kalung wisuda. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam prosesi wisuda Anda!

RumahJahit