Berbagai Jenis Produsen Kemeja

Berbagai Jenis Produsen Kemeja

Kamu pasti tahu bahwa ada banyak jenis pakaian. Mulai dari pakaian untuk anak, pakaian wanita sampai dengan pakaian pria semua memiliki model yang berbeda-beda. Biasanya model pakaian yang paling banyak variasinya merupakan pakaian wanita dan anak-anak. Sedangkan pria memiliki pilihan model baju yang terkesan monoton. Namun tahukah kamu? Walaupun terkesan itu-itu saja, sebenarnya pakaian pria memiliki banyak jenis. Seperti halnya kemeja. Kemeja merupakan salah satu pakaian yang biasa dikenakan oleh kaum pria dan memiliki banyak variasi. Kita juga dapat dengan mudah menjumpainya di toko-toko baju. Akan tetapi dimana sih kemeja diproduksi? Ingin tahu lebih tentang jenis-jenis kemeja dan berbagai macam produsen kemeja? Mari simak beberapa uraian berikut ini.  

Jenis-jenis Kemeja

Walaupun cenderung banyak digunakan oleh pria, tapi ada juga jenis kemeja yang dibuat khusus untuk wanita. Kemeja ini sering disebut dengan blus. Selain itu, kemeja pria juga memiliki beragam variasi. Berikut ini adalah beberapa jenis kemeja pria.

  1. Kemeja Formal Lengan Panjang
  2. Kemeja Lengan Pendek
  3. Kemeja Denim
  4. Kemeja Flanel

 

Tempat Produksi Kemeja

Ada banyak tempat untuk memproduksi kemeja. Namun seperti tempat produksi pakaian pada umumnya, tempat produksi untuk kemeja dibedakan ke dalam 3 jenis. Ketiga jenis tempat produksi ini, meliputi :

1. Rumah Jahit

Rumah jahit ini biasanya merupakan para penjahit yang membuka jasa layanan menjahit di rumahnya masing-masing. Sehingga bisa dikatakan rumah jahit adalah produsen kemeja dalam skala kecil. Ini dikarenakan kebanyakan rumah jahit dikelola secara perorangan. Walaupun merupakan usaha dalam skala kecil namun biasanya rumah jahit lebih mementingkan kualitas daripada kuantitas. Sehingga bukan hal yang aneh jika biaya di rumah jahit lebih mahal dibandingkan dengan tempat produksi kemeja dalam skala besar. Selain itu rumah jahit juga memberikan penawaran yang cukup menarik. Seperti memberikan kesempatan untuk pemesanan mencoba hasil pakaian yang telah jadi dan akan memperbaiki pakaian tersebut jika belum sesuai dengan keinginan pemesan. Biasanya untuk skala rumah jahit, semua dikerjakan secara individu. Jarang ada rumah jahit yang memiliki asisten. Selain itu, pekerjaannya hanya dilakukan dengan menggunakan mesin jahit standard. Sehingga rumah jahit biasanya hanya menerima pesanan antara 1 sampai 12 pcs pesanan. Walaupun kadang rumah jahit juga menerima pesanan dalam skala besar, namun tetap membutuhkan waktu yang cukup lama.

2. Konveksi

Produsen kemeja dengan skala menengah biasanya menggunakan konveksi sebagai awal usahanya. Konveksi biasanya diawali dengan usaha kecil, menggunakan 5 mesin jahit. Namun bisa juga lebih. Biasanya konveksi adalah sebuah awal dari terbentuknya pabrik garmen. Ini dikarenakan skala konveksi yang biasanya menengah. Untuk disebut sebagai konveksi kamu harus melakukan produksi sebanyak 12 sampai 10000 pcs. Namun produksi dari konveksi juga sebatas kaos, kemeja serta seragam. Sedangkan ukuran mengikuti ukuran baku. Seperti halnya ukuran S, M, L, XL dan lain sebagainya, sesuai dengan jumlah minimum pemesanan yang sudah disepakati sebelumnya. Konveksi juga menerapkan sistem CMT ( Cut, Make, dan Trim ) dimana CMT ini dikerjakan oleh satu orang. Sehingga belum ada segmentasi ( pembagian kerja ). Dengan ini produk akhir dapat dipastikan secara real time dan selalu terpantau kualitasnya.

3. Garmen

Ketika membicarakan tentang garmen, tentu hal akan muncul di benak kita adalah sebuah pabrik pakaian yang sangat besar dengan berton-ton kain, serta pekerja dengan mesin jahitnya masing-masing. Sehingga setiap orang memiliki sebuah model pakaian yang harus dijahit. Namun itu adalah sebuah pemikiran yang tidak salah, tapi agak sedikit kurang tepat. Hal ini disebabkan garmen juga menerapkan sistem CMT ( Cut, Make dan Trim ), seperti halnya konveksi. Sehingga setiap pekerjaan memiliki pekerjaannya masing-masing. Garmen memang dapat menerima pesanan dalam jumlah banyak. Ini disebabkan biasanya sebuah pabrik dikategorikan sebagai garmen jika mampu membuat pesanan dalam jumlah di atas 10000 pcs. Kendati demikian, umumnya garmen hanya menerima satu jenis pesanan saja. Misalnya jika memesan kemeja, mereka hanya akan membuat kemeja saja. Sehingga rumah produksi garmen biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk membuat seragam.  

Perbedaan Tempat Produksi Kemeja

Walaupun sama-sama merupakan tempat produksi kemeja. Namun baik rumah jahit, konveksi dan garmen memiliki cukup banyak perbedaan. Perbedaan-perbedaan tersebut telah dirangkum dalam uraian berikut ini.

  1. Jumlah Mesin Jahit
  2. Jumlah Pekerja
  3. Skala Produksi
  4. Sistem Kerja

 

Keunggulan Rumah Jahit

Rumah jahit memang terkesan sebagai produsen kemeja yang memiliki skala pasar kecil dan kurang dapat diandalkan untuk produksi skala besar. Meskipun demikian, jangan ragu untuk menggunakan jasa dari rumah jahit. Ini dikarenakan rumah jahit memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh tempat produksi kemeja lainnya. Seperti beberapa hal berikut ini.

1. Sistem Pengerjaan Rapi

Biasanya sistem pengerjaan di rumah jahit lebih rapi. Ini bukan berarti pengerjaan di konveksi maupun garmen tidak rapi, ya. Namun pengerjaan di rumah jahit lebih rapi. Ini disebabkan penanganannya dilakukan oleh satu orang yang sama. Selain itu, ukurannya pun disesuaikan dengan tubuh kita.

2. Lebih Mementingkan Kualitas daripada Kuantitas

Rumah jahit lebih mementingkan kualitas dari produk yang dibuat, dibandingkan dengan kuantitas. Oleh karenanya rumah jahit hanya memiliki skala kecil dalam produksi. Ini dikarenakan rumah jahit selalu memperhatikan kepuasan pemesan. Apalagi di rumah jahit pemesan bisa menentukan model seperti apa yang diinginkan, kain jenis apa yang disukai. Sehingga untuk kamu yang suka baju dengan model yang cukup berbeda serta lain daripada yang lain, rumah jahit adalah solusinya. Kamu bisa meminta baju yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu.

3. Kesesuaian Produk dengan Permintaan Lebih Tinggi

Dikarenakan mulai dari kain dan model kamu bisa meminta yang sesuai keinginan kamu, maka kemungkinan untuk terjadinya kesalahan dalam proses pembuatan pakaian tentu sangat tipis. Terlebih ketika pakaian ataupun kemeja yang dibuat sudah jadi, pemesan bisa mencoba terlebih dahulu. Sehingga jika ada ketidakpuasan, pakaian bisa diperbaiki.

4. Produk Lebih Bervariasi

Dikarenakan lebih mementingkan kualitas serta kepuasan pelanggan, maka tak heran jika produk yang dihasilkan oleh rumah jahit lebih bervariasi. Terlebih jika dibandingkan dengan produk dari garmen atau konveksi yang hanya terpaku oleh produksi kaos, kemeja dan seragam. Sedangkan di rumah jahit, kamu bisa memesan kemeja, seragam, kebaya, ataupun pakaian model lainnya.

5. Tidak Perlu Order dalam Skala Besar

Karena hanya merupakan rumah produksi kemeja dalam skala kecil, maka kamu tidak perlu untuk order banyak. Kamu memesan satu kemeja saja, rumah jahit siap untuk membuatkannya. Cukup worth it, untuk kamu yang lebih suka dengan fashion dan penampilan yang anti mainstream bukan? Itulah beberapa ulasan mengenai jenis kemeja dan segala hal yang berkaitan dengan tempat produksi kemeja. Semoga ini dapat memberikan kamu sedikit informasi yang berguna. Terlebih tentang kemeja dan produsen kemeja.

Jika anda sedang membutuhkan seragam bisa langsung hubungi kontak CS kami di bawah ini :

No Telepon: 021 – 7356891
Fax: 021 – 7355533
Whatsapp0878-7570-95110877-8288-8730 / 0813-1545-6872
Facebookhttps://www.facebook.com/Rumahjahit.page
Email: [email protected]
Websitewww.rumahjahit.com
Instagramhttps://www.instagram.com/rumahjahit.id/

Atau bisa datang ke tempat kami : Jalan Ceger Raya No. 120 samping SDIP Baitul Maal, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Terimakasih telah berkunjung ke website kami, semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda guna untuk pemahaman serta tambahan wawasan, pengetahuan dan referensi anda yang berminat dalam melakukan pembuatan.