Pembuatan Toga Wisuda Untuk Kelulusan


Pembuatan Toga wisuda Untuk Kelulusan

Toga wisuda adalah salah satu pelengkap dalam acara wisuda yang dikenakan, karena toga wisuda mengandung lambang sebagai penyerahan dari sekolah kepada anak didiknya bahwa mereka telah berhasil menyelesaikan pelajaran mereka di sekolah tersebut.
toga-wisuda

Toga Wisuda

Saat ini sekolah yang mengadakan kelulusan tidak hanya dari perguruan tinggi saja, bahkan mulai dari sekolah taman kanak – kanak, SD, SMP dan SMU pun saat ini akan mengenakan toga pada saat kelulusan mereka sebagai lambang bahwa mereka telah menyelesaikan masa sekolah tersebut dan berhasil ke tingkat yang lebih tinggi.
Arti dari toga wisuda dapat kita lihat bahwa toga dapat diartikan sebagai penutup dikarenakan pemakaian toga akan dilakukan saat seseorang bisa menyelesaikan masa pendidikan mereka, dan kenapa toga berwarna hitam, karena warna hitam melambangkan kegelapan dari dunia pendidikan yang berhasil diselesaikan oleh pelajar atau mahasiswa tersebut dengan melewati proses yang panjang, sehingga untuk toga akan memiliki bentuk dan warna yang sama di semua Negara, sehingga Toga akan menjadi lebih sakral ataupun lebih suci untuk dipakai di acara kelulusan tersebut.
Cara merawat toga wisuda memiliki cara sedikit berbeda daripada pakaian yang biasa, karena pemakaiannya pun jarang digunakan, maka akan kami informasikan cara merawat toga wisuda sebagai berikut :
  1. Pisahkan jubah dan topi wisudanya karena topi wisuda tidak dapat dicuci didalam topi tersebut ada bahan karton yang tidak boleh kena air.
  2. Gunakan softener yang lembut, karena bahan toga tersebut memiliki bentuk yang mudah rusak atau sensitive.
  3. Cara menjemur toga wisuda tidak perlu langsung dibawah sinar matahari cukup di beri angin saja agar bahan tidak mudah rusak.
  4. Hindari melipat toga wisuda karena untuk menyimpan toga tersebut dalam kondisi yang baik harus digantung dan ditutup dengan penutup plastic untuk menghindari debu pada toga tersebut.
Bahan yang dipergunakan untuk toga wisuda biasanya bahan yang tebal atau dapat juga dibuat dari bahan satin yang lebih mahal, cara perawatan kedua bahan tadi pastinya juga berbeda, sehingga kita harus menyesuaikan dengan jenis bahan tersebut.

dan jangan lupa walaupun toga tersebut jarang sekali kita gunakan tetapi toga tersebut memiliki makna yang mendalam hasil kerja keras kita belajar dan ditutup dengan toga wisuda.




Tinggalkan Balasan