Panduan Penting Menggunakan Jasa Konveksi Seragam Perusahaan


Panduan Penting Menggunakan Jasa Konveksi Seragam Perusahaan

Konveksi Seragam Perusahaan
Panduan Penting Menggunakan Jasa Konveksi Seragam Perusahaan

Anda sedang mencari konveksi seragam perusahaan? Pastikan sudah punya pengalaman panjang dalam memenuhi keperluan seragam kerja, seragam pabrik, seragam kantor, wearpack atau seragam tambang, dan lain sebagainya. Supaya hasilnya memuaskan sesuai harapan. Nah, apa saja yang perlu diperhatikan terkait dengan pembuatan seragam untuk staf dan karyawan di perusahaan Anda?

 

Faktor Penting dalam Pembuatan Seragam Perusahaan

Konveksi Seragam Perusahaan

Seragam perusahaan diciptakan agar bisa meningkatkan partisipasi dari aktivitas kerja. Pakaian ini pun merupakan identitas bagi para pemakainya. Sehingga peranan seragam kerja ini sangatlah penting. Wajar saja kalau termasuk dalam kebutuhan mendasar bagi seluruh perusahaan di berbagai bidang.

Kalau karyawan tidak mengenakan seragam khusus, maka bagian manajemen akan kesulitan dalam pengelolaan para karyawannya. Apalagi kalau karyawannya ribuan dan terdiri atas berbagai divisi. Belum lagi kalau karyawan tersebut bersinggungan langsung dengan klien atau pengunjung. Maka sangat sulit untuk membedakan satu per satu karyawannya.

Sangat jelas kalau perusahaan harus memberikan fasilitas baju seragam tersebut. Keuntungannya tidak hanya bagi perusahaan semata. Tetapi juga membantu masyarakat untuk mengenali atau mengetahui identitas karyawan. Apalagi dengan adanya brand atau logo perusahaan yang melekat, bisa sekaligus media pengenalan bisnis kepada khalayak.

Desain seragam kerja berkembang sangat pesat, seakan mengikuti perkembangan zaman. Sehingga pakaian ini tidak terlihat monoton, dan tetap mengikuti perkembangan fashion terkini. Sehingga para penggunanya merasa nyaman, dan semakin percaya diri ketika mengenakannya. Tidak hanya menjadi tuntutan perusahaan saja, tetapi mereka juga bangga menggunakannya.

Karena penggunaan dari seragam perusahaan ini tidak hanya sebagai pakaian semata, maka pihak perusahaan perlu untuk memilih konveksi seragam perusahaan yang tepat. Sehingga hasilnya sangat sesuai dengan kebutuhan, dan tidak mengeluarkan anggaran terlalu besar.

Seragam perusahaan yang dibuat harus senantiasa meliputi faktor citra perusahaan, kenyamanan, dan keselamatan. Sehingga secara langsung akan memberikan dampak positif terhadap produktivitas kerja para karyawan. Desain atau model seragam kerja biasanya dibuat berbeda untuk setiap bidangnya, jabatan, divisi dan sebagainya.

Baju kerja yang disenangi adalah yang modelnya sederhana, tetapi tetap menampilkan kesan wibawa. Selain itu, dirancang dengan konsep yang tepat. Sehingga tetap nyaman, awet dan juga tahan lama. Saat akan membuat pakaian kerja itu, sangat penting memerhatikan sejumlah faktor berikut ini.

  • Sebagai cerminan citra perusahaan
  • Tetap sesuai dengan standarisasi pekerjaan
  • Harus memberikan kenyamanan ketika dikenakan
  • Disesuaikan ukuran dengan pemakainya
  • Harga relatif rendah sehingga perusahaan tidak terbebani
  • Harus bermutu tinggi, sehingga tidak gampang pudar warnanya dan mudah sobek
  • Memberikan perlindungan memadai bagi penggunanya

 

Beda Seragam Kantoran dengan Seragam Safety

Konveksi Seragam Perusahaan

Jenis seragam kerja di sebuah perusahaan bermacam-macam, seperti topi, rompi, jaket, kaos, wearpack, poloshirt, celana, kemeja, dan sebagainya. Seragam kerja untuk karyawan kantoran dan karyawan yang bertugas di lapangan tentunya memiliki desain, dan bahan kain yang berbeda.

Seragam kerja outdoor atau seragam safety tentunya harus mengutamakan keselamatan penggunaannya. Biasanya karyawan yang bekerja di perusahaan pertambahan batu baru, minyak dan sebagainya, yang sangat memerlukan seragam tersebut. Faktor keamanan dan keselamatan menjadi prioritasnya.

Untuk itu seragamnya ditambahi sejumlah bahan yang bisa menyala di kondisi gelap atau minim cahaya. Selain itu, dilengkapi juga dengan berbagai kantong yang kuat guna membawa sejumlah peralatan. Kenyamanan pemakai juga harus diperhatikan. Supaya tetap fungsional dan nyaman.

Warna seragam ini dirancang dengan warna mencolok. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Karena medan bekerjanya bisa saja sangat ekstrem, sehingga memerlukan pakaian khusus. Selain pemilihan warna yang mendukung keamanan, masih bisa mencantumkan logo perusahaan. Agar sekaligus memberikan identitas kepada pemakainya.

 

Ketahui Jenis Bahan Seragam Perusahaan

Konveksi Seragam Perusahaan

Bila pakaian yang dikenakan karyawan sangat nyaman, maka berimbas pada performa perusahaan yang semakin bagus. Sebab mereka bisa meningkat kinerja dan produktifitasnya. Untuk itu, Anda perlu memahami jenis kain yang memberikan kenyamanan saat dikenakan. Selain itu, tetap menunjang penampilan para pemakainya. Inilah beberapa jenis kain yang cocok digunakan untuk seragam kerja.

  

Kain Katun

Karakteristik dari bahan ini adalah mudah saat disablon, tidak luntur, tidak berbulu, tidak gampang kusut, mudah menyerap keringat, dan dingin. Karena bahan dasarnya berasal dari serat kapas. Sayangnya, jenis kain ini gampang robek karena tipis.

 

Kain Drill

Semakin tinggi komposisi katun di dalam kain drill, maka harganya semakin mahal. Jadi kualitas dan harganya sangat tergantung dari kadar bahan dasarnya. Jenis kain ini relatif tebak, sehingga pernah diandalkan untuk seragam militer. Ada banyak varian kain drill dilihat dari seratnya, apa saja?

  1. Kain dril serat kecil atau twist drill. Karakteristik jenis kain ini adalah water repellent atau tahan air. Karena keunggulannya itu, bahan ini kerap dimanfaatkan untuk pembuatan jaket almamater yang dilengkapi dengan resleting. Jadi, pakaian ini bisa sekaligus untuk aktivitas outdoor. Nah, pekerja lapangan juga sangat cocok mengenakan pakaian dengan jenis bahan ini.

 

  1. Kain drill serat sedang atau american drill. Permukaan kain ini memiliki tekstur lembut. Biasanya para karyawan di perusahaan otomotif mengenaan pakaian dengan bahan dasar american drill.

 

  1. Kain drill dengan serat besar atau japan drill. Karakteristik dari jenis kain ini adalah lebih tebal dan lebih kuat, daripada kedua jenis kain di atas. Japan drill yang disenangi adalah yang kadar katunnya lebih tinggi. Keunggulan lain dari kain ini adalah seratnya bagus, sehingga warnanya cerah dan tidak gampang pudar saat terpapar sinar matahari. Karyawan di bidang media dan resto biasanya menggunakan jenis bahan ini untuk seragam kerjanya.

 

Kain tropical

Pekerja kantoran senang mengenakan pakaian dengan bahan kain ini. Di pasaran tersedia beragam merek dengan kualitas tersendiri. Seperti Pasuka Trop, Verlando Trop, Cadillac Trop, Taipan Trop, dan lain sebagainya. Merek yang terbilang paling bagus dan mahal harganya adalah Taipan Tropical.

Kelebihan dari merek kain tropical itu adalah teksturnya lebih lembut, dan tersedia minimal 150 varian warna. Perusahaan besar sangat menyukai pengunaan kain ini untu seragam para karyawannnya. Meskipun harganya tinggi tapi sebanding dengan mutunya.

Kain Kanvas

Kain ini mempunyai tekstur relatif berat dan tebal. Namun tetap memberikan kenyamanan saat dikenakan sebagai seragam kerja. Tetapi lebih banyak digunakan untuk seragam kerja di lapangan. Karena itu, kain kanvas juga dimanfaatkan untuk pembuatan jaket pendaki gunung. Karena mampu memberikan perlindungan tubuh dari ancaman goresan benda tajam. Kanvas masih termasuk dalam kategori cotton, tepatnya linen dan katun.

Castilo

Kualitas jenis kain ini relatif bagus, padahal dibanderol dengan harga terbilang ekonomis. Karakteristik dari kain castilo adalah tidak mudah kusut dan lembut. Sedangkan tekstur permukaan belakan dan depannya berbeda. Hasil tenunan kainnya terlihat lebih rapat dan kuat. Karena itu, seragam perusahaan yang dibuat dari bahan ini akan lebih kuat dan lebih awet.

 

Jangan Abaikan Ini Saat Membuat Seragam Perusahaan

Konveksi Seragam Perusahaan

Mengenakan seragam perusahaan adalah sebuah kebanggaan bagi setiap karyawan. Sehingga tidak boleh sembarangan kala akan membuatnya. Ada sejumlah hal yang harus selalu diperhatikan. Agar tujuan pembuatan seragam kerja tidak hanya sebatas pakaian semata. Tetapi juga bisa memberikan konstribusi positif bagi perusahaan. Berikut ini yang harus dicermati:

 Ciptakan desain seragam profesional.

Cara mendesain seragam perusahaan tidaklah mudah. Perlu pemahaman mendalam, sehingga untuk kebutuhan ini harus diserahkan kepada pihak yang benar-benar profesional dan berpengalaman. Sehingga hasilnya bisa memberikan proyeksi positif bagi perusahaan, dan sekaligus menunjang penampilan para karyawannya.

 

Kenyamanan karyawan.

Seragam kerja harus dirancang sesuai dengan kebutuhan atau aktivitas kerjanya. Karyawan di pabrik garmen yang tugasnya menjahit, tentunya tidak nyaman saat harus mengenakan rok mini yang ketat. Kinerja dan produktifitasnya jelas sangat terganggu. Jadi, seragam kerja yang tepat bisa menunjang performa karyawan bukan membatasi geraknya.

 

Kualitas bahan seragam.

Jangan abaikan kebutuhan ini, karena karyawan yang tidak nyaman dengan pakaian yang dikenakan pasti menurun kinerjanya. Beberapa faktor yang membedakan ketentuan seragam kerja adalah tempat bekerja apakah outdoor atau indoor, tipe pekerjaannya ringan atau berat, suhu ruangan, banyaknya aktivitas fisiknya, dan sebagainya. Jadi dengan melihat ketentuan itu, bisa menentukan jenis kain yang mau diaplikasikan, apakah bahan nilon, polyester, katun, dan sebagainya.

 

Warna adalah identitas perusahaan.

Setiap perusahaan biasanya mempunyai ikon warna tertentu. Sehingga bisa disesuaikan dengan branding atau logo perusahaan. Sangat banyak warna yang bisa diaplikasikan, Anda bisa berkonsultasi dengan pihak konveksi seragam perusahaan untuk hasil yang lebih memuaskan.

 

Cara menampilkan logo perusahaan.

Setiap seragam perusahaan biasanya pasti menampilkan brand atau logo perusahaan. Agar logo tersebut tetap terlihat dengan jelas dan menarik, maka sebaiknya gunakan warna dominasi seragam yang kontras dengan logo tersebut. Simbol atau lambang itu bisa ditempatkan di bagian depan atau belakang atau keduanya.

 

Bikin ukuran seragam yang sesuai.

Ukuran atau postur tubuh para karyawan di perusahaan Anda tentunya berbeda-beda. Untuk itu Anda harus menyesuaikan ukurannya dengan kebutuhan para karyawan. Bila memungkinkan seragam perusahaan dibuat berdasarkan ukuran tubuhnya. Sehingga mereka harus mengikuti proses fitting seragam. Tetapi kalau tidak memungkinkan, buatlah seragam dengan mengikuti ukuran standar dari pihak konveksinya. Seperti ukuran baju mulai S hingga XL.

 

Ketahui estimasi pengerjaan seragam kerja.

Sebelum menyerahkan proyek pembuatan seragam kerja kepada konveksi, Anda harus bertanya terlebih dahulu terkait dengan kebutuhan waktu pembuatannya. Sehingga bisa memastikan kapan seragam selesai dibuat dan bisa dikenakan untuk seluruh karyawan.

 

Harga bersahabat.

Sudah pasti semakin berkualitas produknya, maka semakin tinggi pula anggaran yang harus dikeluarkan. Tetapi dengan pemilihan konveksi yang tepat, harga yang relatif bagus dengan kualitas tinggi bisa didapatkan.

 

Tentukan konveksi seragam terbaik.

Banyaknya vendor atau konveksi pembuatan seragam kerja sangat menguntungkan konsumen. Karena bebas untuk memilih sesuai keinginan. Tetapi tetap harus selektif dalam pemilihannya. Jangan sampai hanya terpikat dengan harga murah tapi kualitasnya murahan.

 

Ciri-Ciri Konveksi Seragam Perusahaan Terpercaya

Konveksi Seragam Perusahaan

Pastinya Anda lebih senang bekerja sama dengan pihak yang profesional dan dapat diandalkan, bukan? Oleh sebab itu, pemilihan konveksi seragam perusahaan sangatlah penting. Guna menunjang hasil yang sesuai ekspetasi Anda. Pahami ciri-cirinya berikut ini, biar Anda tidak sampai salah memilih.

 

Customer service handal. Saat Anda datang langsung ke pabrik konveksi seragam karja atau menghubunginya secara online, maka Anda akan dilayani oleh tenaga customer service atau admin. Tenaga pelayanan pelanggan ini haruslah fast respon, sabar dan ramah dalam menjelaskan pertanyaan kliennya. Sehingga sangat membantu setiap orang yang akan menggunakan jasa konveksinya.

 

Penjahit berpengalaman. Hasil pengejaan seragam kerja sangat ditentukan oleh kepiawaian para penjahitnya. Semakin berpengalaman maka hasil kerjanya pun semakin bagus. Sehingga jahitannya rapih dan kuat, sesuai dengan standarisasi produk yang sudah ditentukan. Perusahaan konveksi harus selektif dalam pemilihan karyawan tersebut, termasuk terus memantau kinerjanya.

 

Tim quality control memadai. Penjahit yang bagus saja tidaklah cukup. Masih ada divisi lain yang harus memastikan pekerjaan para penjahit sudah sesuai standarisasi kualitasnya. Staf quality control sangat diperlukan untuk kebutuhan tersebut. Dengan begitu, bisa memberikan jaminan kepada para klien atas model, ukuran, dan tingkat kerapihan jahitannya.

 

Selalu tepat waktu. Pihak konveksi sudah bisa menghitung estimasi pengerjaan atas orderan yang diterimanya. Karena hal itu ditunjang dengan jumlah karyawan, kapasitas mesin, dan kuantitas orderan. Dengan adanya ketepatan waktu pengerjaan, maka memberikan kepastian kepada klien. Semakin besar kapasitas produksinya, maka sebuah konveksi bisa menerima pekerjaan pembuatan seragam kerja bahkan dalam waktu bersamaan dengan pelanggan lainnya.

 

Jaminan kualitas. Pihak konveksi harus bisa menjamin kalau semua orderan kliennya sudah sesuai kesepakatan. Jadi tidak ada perubahan sama sekali terkait model, pemilihan jenis bahan, warna dan sebagainya. Sehingga hasil pengerjaan benar-benar sesuai dengan keinginan klien.

 

Cara Order Seragam Perusahaan

Konveksi Seragam Perusahaan

Kalau sudah ketemu konveksi yang tepat, langkah selanjutnya adalah melakukan pemesanan. Nah, beberapa tahapan ini akan dilalui saat Anda melakukan order. Apa sajakah itu?

 

Ketentuan orderan. Sebelum diproduksi secara massal, maka Anda bisa menyampaikan keinginan atas seragam perusahaan yang akan dibuat. Hal itu terkait dengan model, warna, bahan, ukuran, jumlah orderan, dan sebagainya. Pastikan pihak konveksi sudah memahaminya, dan mampu mengerjakan sesuai dengan keinginan. Pastikan Anda sudah mendapatkan penawaran harga terbaik, dan tenggat waktu penyelesaian orderannya.

 

Proses pengerjaan. Pihak konveksi akan memulai pengerjaan baju seragamnya. Dimulai dari proses pemilihan bahan sesuai standarisasinya, pemotongan pola, penjahitan, dan finishing.

 

Pengontrolan produk. Setelah proses dinyatakan selesai, sehingga sudah ada produk jadinya tetap masih harus melalui proses pengawasan. Para tenaga quality control akan memastikan kalau barang sudah sesuai dengan standarisasinya.

 

Pengemasan. Setelah sudah dianggap lolos oleh pihak quality control, maka pengemasan akan dilakukan. Supaya menjaga produknya tetap bagus sampai ke tangan karyawan.

 

Pengiriman orderan. Sesudah proses di atas, pihak konveksi akan mengirimkan orderan sesuai dengan alamat tujuan atau perusahaan klien. Bisa saja pihak vendor akan memberikan fasilitas gratis ongkos kirim. Biasanya terkait dengan jumlah orderan atau lokasi pengiriman yang relatif dekat. Untuk itu tanyakan hal ini kepada pihak konveksinya.

Nah, itulah beberapa pemahaman yang harus dimiliki saat akan menggunakan jasa konveksi seragam perusahaan. Sebagai rekomendasinya Anda bisa mengakses di www.rumahjahit.com. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu agar hasilnya sesuai keinginan. Para staf profesional, mesin teknologi terkini, kapasitas produksi besar, dan jaminan mutu memastikan hasilnya sangat memuaskan.

 

 

Terimakasih sudah berkunjung ke website kami, semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda guna untuk pemahaman serta tambahan wawasan, pengetahuan dan referensi anda yang berminat dalam melakukan pembuatan.




Tinggalkan Balasan