Mengenal Lebih Jauh Mengenai Bisnis Konveksi Yang Populer


Mengenal Lebih Jauh Mengenai Bisnis Konveksi Yang Populer

Konveksi Seragam Kerja
Mengenal Lebih Jauh Mengenai Bisnis Konveksi Yang Populer

 

Untuk menemukan konveksi seragam kerja tentunya sangatlah mudah, mengingat penyedia jasa ini sudah banyak terutama di kota-kota besar. Apalagi seragam kerja merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi perusahaan, sebab seragam merupakan identitas perusahaan dan membuat kesetaraan antara semua karyawan. Berbeda kantor maka berbeda pula seragam kerjanya,  biasanya perusahaan akan menggunakan jasa konveksi ketika memesan seragam untuk para karyawannya. Dimana saat ini jasa konveksi sudah sangat mudah ditemukan, namun tidak semua konveksi dapat sesuai dengan keinginan Anda dalam memberikan hasil akhirnya. Jadi akan sangat dirugikan mengingat Anda memesan dalam jumlah yang banyak namun hasil seragamnya tidak sesuai dengan keinginan. Karena itu terdapat beberapa hal yang harus Anda pikirkan agar tidak salah pilih, sebab seragam merupakan pakaian yang digunakan setiap hari ketika bekerja, jadi apabila karyawan tidak menggunakan seragam yang berkualitas tinggi maka dalam waktu cepat seragam tersebut dapat robek. Serta apabila karyawan Anda menggunakan seragam yang berkualitas maka dapat membuat penampilan mereka menjadi lebih rapi, karena itu jangan sampai Anda salah pilih konveksi jika tidak ingin kecewa. Apalagi saat ini konveksi telah menawarkan berbagai macam harga sehingga dapat disesuaikan dengan budget yang ada, walaupun beberapa konveksi menawarkan harga yang mahal namun pastikan dulu kualitas kain yang digunakan. Apabila kain yang digunakan kualitas bagus maka harga yang dipatok telah sesuai dengan kualitasnya sehingga Anda tidak akan kecewa.

 

Apa itu konveksi?

Konveksi Seragam Kerja

Konveksi merupakan salah satu tempat memproduksi berbagai hal yang berhubungan dengan pakaian dengan minimal jumlahnya, konveksi biasanya membuka jasa untuk pembuatan baju sablon baik yang bersifat satuan, grup, hingga komunitas. Kuantitas produksi konveksi adalah sebesar 12 pcs hingga 10.000 pcs, hal inilah yang membedakan antara konveksi, tukang jahit biasa, hingga garmen.  Oleh sebab itu jangan sampai Anda tidak tau membedakan antara konveksi, tukang jahit, dan garmen. Sebab masih banyak orang yang tidak mengetahui apa konveksi dan apa perbedaannya dengan tukang jahit, karena sekilas konveksi mirip dengan tukang jahit biasa. Apalagi terdapat perbedaan antara kualitas baju yang diproduksi oleh konveksi, garmen, dan tukang jahit. Sebab hasil produksi baju tidak hanya dipengaruhi oleh kualitas kain, namun juga dipengaruhi oleh hal lain seperti benangnya dan tingkat kerapian jahitannya. Konveksi juga tidak hanya berhubungan dengan pembuatan baju, namun juga berupa jaket, celana training, polo t-shirt, dan tas kanvas. Hal ini dikarenakan konveksi berhubungan dengan jahit menjahit dan sablon baik sablon tersebut berbentuk digital dan manual.

 

Apa perbedaan konveksi dan garmen?

Konveksi Seragam Kerja

Terdapat beberapa perbedaan antara konveksi dan garmen walaupun secara sekilas jenis usaha ini sama-sama bergerak di bidang pakaian dan jahit menjahit. Dimana tidak hanya konveksi seragam kerja yang digunakan, namun garmen juga sering memproduksi seragam kerja. Tidak heran jika banyak orang yang tidak dapat membedakan bahkan sering tertukar antara garmen dan konveksi. Berikut adalah beberapa perbedaan antara konveksi dan garmen yang wajib Anda ketahui, apalagi jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam memesan seragam kerja. Sebab seragam kerja digunakan oleh orang banyak dan dalam waktu yang lama.

 

  1. Bentuk pengelolaan usaha

Jika konveksi biasanya dikelola oleh perorangan, tidak heran jika setiap orang bisa membuka usaha konveksi. Namun berbeda dengan garmen yang bentuknya jauh lebih besar lagi karena berbentuk pabrik. Hal ini tentunya membedakan antara jumlah karyawan dan jumlah barang yang bisa diproduksi, jadi walaupun tempat konveksi juga seluas dengan pabrik maka perhatikan bentuk kepemilikannya apakah miliki perorangan atau dikelola secara bersama. Sebab apabila berbentuk pabrik maka tidak hanya satu orang saja yang mengelolanya.

 

  1. Jumlah pegawai

Jumlah pegawai tentunya merupakan salah satu hal yang sangat mudah Anda perhatikan ketika melihat apakah usaha tersebut berbentuk konveksi atau garmen. Karena garmen telah berbentuk pabrik tentunya karyawan yang bekerja di tempat tersebut jauh lebih banyak dibandingkan dengan konveksi. Serta karyawan dikonveksi akan bekerja dari awal proses hingga kain tersebut dapat menjadi seragam, sehingga satu karyawan akan mengerjakan seluruh proses dari pemotongan kain hingga menjahit. Namun jika karyawan garmen tidak melakukan hal demikian, walaupun memiliki karyawan yang banyak garmen biasanya memberlakukan sistem pembagian kerja sehingga proses pembuata seragam jauh lebih cepat karena tidak memakan waktu yang lama. Jadi terdapat beberapa karyawan yang memotong kain dan terdapat beberapa karyawan yang menjahit sehingga tidak akan memakan tenaga dan waktu yang banyak. Namun waktu pengerjaan di konveksi juga akan lebih lama, sebab setiap karyawan berbeda dapat menghasilkan seragam dalam satu hari, contohnya jika karyawan A  bisa menghasilkan seragam 5 potong dalam sehari maka karyawan B bisa saja menghasilkan seragam 3 potong dalam sehari. Hal ini tentunya memberikan pengaruh terhadap banyaknya waktu dalam membuat seragam.

 

  1. Jumlah produksi

Karena jumlah karyawan yang sedikit, tidak heran jika konveksi dapat memproduksi seragam dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan dengan garmen, biasanya konveksi maksimal mengerjakan 500 potong pakaian. Namun saat ini tidak sedikit konveksi yang menerima pekerjaan dalam jumlah yang banyak, hal ini bergantung pada jumlah karyawannya.  Namun karena telah berbentuk pabrik dan memperkerjakan karyawan dalam jumlah yang banyak maka garmen dapat menerima pemesanan dalam jumlah yang banyak dan diselesaikan dalam waktu yang cepat. Oleh sebab itu apabila pegawai kantor Anda banyak dan kantor tersebut telah besar maka ada baiknya menggunakan garment sehingga karyawan Anda bisa menggunakan baju seragam dalam waktu yang cepat.

 

  1. Kualitas produk

Terdapat perbedaan yang mencolok antara kualitas barang yang dihasilkan oleh konveksi dan garmen, dimana kualitas produk yang dihasilkan konveksi tidak terlalu memenuhi standar SNI maupun standar lainnya. Jadi tidak heran jika dari segi bahan, benang, dan tingkat kerapian tidak terlalu diperhatikan, sebab hal ini juga bertujuan untuk menghemat biaya produksi mengingat bentuk konveksi tidak terlalu besar karena berbentuk perorangan. Tidak heran jika kualitas produk yang dihasilkan biasa-biasa saja, walaupun tidak menutup kemungkinan jika kualitas dari konveksi juga dapat bagus. Namun untuk kualitas yang dihasilkan oleh garmen jauh lebih bagus, karena selain memenuhi standar juga dilakukan pengukuan sehingga produk yang dihasilkan dapat memenuhi keinginan dari pemesan. Tidak heran jika penggunaan benang dan kain dipilih bahan yang berkualitas, ditambah lagi dikerjakan dengan baik termasuk dalam jahitannya sehingga produk yang dihasilkan jauh lebih rapi. Bahkan tidak jarang jika pemesan menetapkan standar, sehingga pihak garmen harus membuat produk yang sesuai dengan standar yang dibuat.

 

Cara memilih konveksi yang tepat dan berkualitas

Konveksi Seragam Kerja

Terdapat beberapa tips dalam memilih konveksi sehingga Anda bisa mendapatkan yang tepat serta bisa menghasilkan produk yang berkualitas. Hal ini tentunya tidak akan membuat Anda kecewa maupun rugi ketika menggunakan jasa konveksi seragam kerja.

 

  1. Tidak terpengaruh dengan harga yang murah

Saat ini dengan banyaknya konveksi yang muncul, tidak jarang jika beberapa konveksi menawarkan harga yang murah untuk menarik minat konsumen. Namun jangan sampai Anda mudah tertipu, sebab bisa saja melalui harga murah tersebut Anda akan menderita kerugiaan yang besar. Sebab bisa saja kualitas barang yang diberikan buruk sehingga seragam yang dibuat  mudah robek sehingga diperlukan beberapa penanganan yang membutuhkan dana yang besar. Tentunya bukannya berhemat namun Anda akan mengeluarkan uang yang banyak.

 

  1. Meminta pendapat

Apabila Anda tidak terlalu paham soal memilih konveksi maka tanyalah pendapat teman yang telah menggunakan jasa konveksi, biasanya teman akan merekomendasikan konveksi mana yang bagus sehingga Anda akan menemukan konveksi yang tepat. Tentunya Anda akan bingung harus mencari konveksi yang mana mengingat sudah banyak sekali munculnya konveksi saat ini. Dimana setiap konveksi memiliki kekurangan maupun kelebihan tersendiri.

 

  1. Melihat jumlah pelanggan

Untuk melihat sebuah konveksi bagus atau tidak maka perhatikan jumlah pelanggan yang dimiliki oleh konveksi tersebut, sebab semakin banyak pelanggan maka semakin bagus pula konveksi tersebut. Sebab hasil yang diberikan bagus dan berkualitas sehingga tidak akan membuat kecewa, tidak heran mereka akan menggunakan jasa konveksi tersebut lagi ketika akan memesan baju lagi. Namun tidak menutup kemungkinan jika konveksi yang baru buka kualitasnya bagus, karena itu minatlah lihat contoh produk yang pernah dibuat konveksi tersebut. Dengan begitu Anda dapat melihat apakah hasilnya bagus maupun berkualitas.

 

Kesalahan yang biasanya terjadi dalam memilih sebuah konveksi

Konveksi Seragam Kerja

Tidak sedikit orang salah pilih konveksi seragam kerja, hal ini tentunya berbahaya karena dapat memberikan pengaruh terhadap hasil akhir dari seragam yang dibuat. Hal ini tentu saja merugikan Anda, karena itu hindarilah membuat kesalahan yang biasa terjadi ketika memilih sebuah konveksi sebab saat ini banyak sekali konveksi yang bermunculan.

 

  1. Tidak melakukan riset
  2. Beberapa orang malas melakukan riset terhadap sebuah konveksi, sehingga tidak menutup kemungkinan jika hasil akhirnya akan mengecewakan. Padahal riset ini memberikan pengaruh terhadap hasil akhirnya, karena melalui hal ini Anda dapat melihat berkualitas dan rapikah hasil kerja konveksi tersebut. Jadi Anda tidak akan kecewa, sebab apabila baju tersebut telah selesai dikerjakan dan hasilnya tidak sesuai dengan keinginan maka akan susah untuk Anda komplain kecuali ketika akan memesan telah menjelaskan dengan detail seperti apa seragam yang diinginkan.
  3. Tidak melihat hasil jahitan

Dengan melakukan riset Anda dapat meminta melihat hasil seragam yang telah dikerjakan, hal ini merupakan salah satu langkah ketika Anda memilih untuk menggunakan jasa konveksi tersebut atau tidak. Sebab dengan melihat hasil produk yang dibuat maka Anda dapat melihat kerapian jahitan, benang yang digunakan hingga bahannya. Jadi Anda dapat melihat bagus atau tidak produk yang dihasilkan, sebab jika Anda hanya melihat sekilas saja maka tidak menutup kemungkinan jika seragam yang dibuat nanti dapat mengecewakan.

  1. Tidak membuat daftar konveksi

Tidak semua konveksi dapat menghasilkan barang yang sesuai dengan keinginan Anda, mengingat banyak sekali konveksi yang muncul pada saat ini sehingga akan membuat Anda bingung dalam memilihnya. Karena itu buatlah daftar konveksi yang dapat memenuhi keinginan Anda, oleh sebab itu wajib bagi Anda melakukan riset sehingga apabila konveksi yang Anda pilih tidak bisa membuat seragam yang Anda pesan maka dapat memilih konveksi lainnya yang Anda anggap dapat memenuhi kebutuhan Anda. Dengan begini Anda tidak akan bingung jika konveksi membatalkan kontrak kerja.

 

Keuntungan menggunakan jasa konveksi

Konveksi Seragam Kerja

Terdapat beberapa keuntungan apabila Anda menggunakan jasa konveksi seragam kerja dibandingkan jasa garmen dan tukang jahit, karena itu sangat disayangkan apabila Anda tidak mencoba menggunakan jasanya mengingat saat ini banyak sekali konveksi yang tersedia.

 

  1. Terdapatnya layanan konsultasi

Tentunya akan sangat membingungkan dalam memilih desain dan warna yang pas dan cocok untuk seragam kerja karyawan, apalagi hal ini sangatlah penting mengingat seragam merupakan identitas perusahaan. Karena itu apabila Anda menggunakan jasa konveksi maka tidak perlu membingungkan hal ini, dimana Anda dapat melakukan konsultasi dengan pihak konveksi. Apalagi pihak konveksi memiliki pengalaman di bidang ini sehingga bisa memberikan saran tentang desain dan warna yang tepat untuk seragam yang akan digunakan.

 

  1. Mengetahui jenis bahan yang digunakan

Apabila Anda menggunakan jasa konveksi maka Anda akan jelas mengetahui jenis bahan yang digunakan, hal ini dikarenakan Anda akan diberikan pilihan mengenai jenis bahan apa yang digunakan. Jadi Anda dapat memilih bahan bagus dan disesuaikan dengan kebutuhan sehingga Anda tidak akan kecewa, apalagi saat ini banyak sekali bahan kain yang berkualitas serta menyerap keringat. Ada baiknya jika Anda memilih bahan yang bagus menyerap keringat, mengingat Indonesia merupakan negara tropis sehingga sangat mudah untuk mengeluarkan keringat.

 

Alasan mengapa harus menggunakan jasa konveksi

Terdapat beberapa alasan mengapa Anda harus menggunaka jasa konveksi seragam kerja, apalagi jika Anda masih bingung atau ragu untuk memakai jasa konveksi. Sebab banyak sekali kelebihan dan keuntungan menggunakan jasa konveksi, oleh sebab itu sangat disayangkan jika Anda tidak mencoba menggunakannya.

 

  1. Memiliki garansi

Umumnya konveksi memberikan garansi apabila terjadi cacat akibat produksi seperti beberapa bagian baju yang tidak terjahit, sebab tidak ada yang sempurna dalam proses produksi. Hal ini tentunya sangat menguntungkan konsumen karena baju yang dimiliki dapat diperbaiki apalagi jika terjadi cacat dalam jumlah yang banyak. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk memperbaiki seragam tersebut mengingat garansi tidak membuat Anda mengeluarkan uang banyak.

 

  1. Harga yang murah

Untuk memesan seragam dikonveksi tidak akan memakan dana yang begitu banyak, sehingga Anda dapat melakukan penghematan. Semakin banyak jumlah seragam yang dipesan maka semakin murah harganya, hal ini tentunya akan sangat menguntungkan mengingat seragam untuk karyawan pasti jumlahnya banyak. Tentunya dana tersebut dapat digunakan untuk keperluan lain demi memajukan kantor.

 

  1. Mudah dalam memesan

Tidak memerlukan proses yang lama untuk memesan baju di konveksi, sehingga akan sangat mempermudah dan mempersingkat waktu untuk mendapatkan seragam karyawan. Mengingat seragam merupakan hal terpenting pada sebuah perusahaan. Bahkan tidak jarang beberapa konveksi memberikan pelayanan yaitu berupa pemesanan baju via telepon sehingga para pelanggan tidak perlu mengunjungi kantor konveksi untuk memesan.

Apabila Anda bingung ketika memilih konveksi seragam kantor, maka tidak ada salahnya menggunakan jasa www.rumahjahit.com. Dimana selain menggunakan bahan yang berkualitas, pesanan Anda dapat siap dalam waktu yang dijanjikan sehingga tidak akan membuat kecewa.

 

 

Terimakasih sudah berkunjung ke website kami, semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda guna untuk pemahaman serta tambahan wawasan, pengetahuan dan referensi anda yang berminat dalam melakukan pembuatan.




Tinggalkan Balasan