Contoh Seragam Perawat Rumah Sakit

Pengertian dan Contoh Seragam Perawat Rumah Sakit

Di bidang pelayanan kesehatan masyarakat, kebutuhan tenaga medis seperti dokter, perawat dan staf medis lainnya tentu sangat penting untuk dibutuhkan. Terlebih lagi, dengan adanya pandemi Covid-19 seperti sekarang ini tenaga medis sangat dibutuhkan untuk menyembuhkan banyaknya pasien yang tertular virus Covid-19.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga medis, baju perawat rumah sakit tentu sangat penting untuk digunakan setiap harinya. Anda tentu masih bingung, sebenarnya apa sih tujuan menggunakan baju dinas yang kini hadir dengan berbagai model baju seragam perawat yang terus berkembang setiap waktunya. Mari simak penjelasan lengkap dan contoh seragam perawat rumah sakit berikut ini.

Pengertian seragam perawat

Seragam perawat merupakan suatu pakaian yang kerap kali dipakai oleh seorang yang dalam kesehariannya bertugas merawat dan memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien. Secara umum, seragam perawat yang sering ditemui di banyak rumah sakit pasti berwarna putih.

Adapun seragam perawat ini fungsinya hampir mirip seperti kartu nama. Ya, karena seragam perawat tersebut dipakai sebagai tanda pengenal saat seorang yang bertugas sebagai perawat bekerja di rumah sakit, puskesmas, klinik maupun pusat layanan kesehatan lainnya. Bahkan, tak sedikit orang yang menyebut baju tersebut sebagai ikon khusus tanda pengenal diri seorang perawat. Dengan demikian, maka masyarakat tidak akan merasa bingung dalam mengenali orang – orang yang bertugas di rumah sakit. Baik itu dokter maupun perawat.

 

Contoh seragam perawat

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju seperti sekarang ini, banyak dihadirkan contoh seragam perawat rumah sakit dengan berbagai model dan warna yang tentunya lebih modern. Selain itu, bentuk dari seragam perawat juga biasanya menggunakan setelan blazer dengan celana panjang.

Dengan bahan yang terbuat dari kain katun dan desain yang dirancang sedemikian rupa, membuat gerak seorang perawat lebih bebas dan nyaman dalam menjalankan aktivitasnya. Berikut ini merupakan beberapa contoh seragam perawat rumah sakit yang sering Anda lihat di sejumlah rumah sakit di Indonesia :

  • Seragam perawat Standard

Seragam ini paling umum Anda temui di sejumlah rumah sakit karena baik baju dan celananya berwarna putih. Untuk model bagian kerahnya, berbentuk huruf V.

  • Seragam perawat Shanghai

Seragam perawat Shanghai ini berwarna putih dengan model kerah berbentuk miring dan ditambah motif bercorak.

  • Seragam perawat Dress

Khusus untuk seragam perawat ini dipakai untuk kaum perempuan. Panjang dress seragam perawat ini hanya sebatas sampai di bawah lutuh saja. Untuk seragam ini, biasanya akan ditambah aksesoris berupa penutup kepala yang sering dipakai perawat.

  • Seragam perawat Batik

Seragam ini biasanya akan dipakai oleh perawat pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu tergantung dari kebijakan setiap rumah sakit.

  • Seragam perawat Berhijab

Secara umum, seragam ini hampir sama seperti yang lainnya. Hanya saja ditambah dengan hijab.

  • Seragam perawat untuk Operasi

Untuk seragam khusus operasi, biasanya berwarna hijau maupun biru dengan kerah berbentuk huruf V.