Makna Samir Atau Kalung Wisuda

Makna Samir Atau Kalung Wisuda

Kalung wisuda atau biasa disebut dengan samir merupakan salah satu perlengkapan wisuda yang tidak boleh terlupakan. Kalung ini akan dipakaikan sebagai kalung pada wisudawan dan wisudawati, kalung ini umumnya berbahan dasar kain. Warna kain tergantung dengan kebutuhan wisuda, ada yang menggunakan satu warna, ada juga yang menggunakan 2 warna.

Diujung kalung akan ada emblem sekolah atau universitas / medali wisuda yang dapat dibuat menggunakan bahan aluminium, akrilik, kuningan, stainless teel, logam maupun bahan lain sesuai permintaan pesanan.

Banyak nama atau sebutan untuk produk kalung wisuda ini, ada yang menyebutnya sebagai samir wisuda, medali wisuda, gordon wisuda dan beberapa sebutan lain. Namun intinya tetap sama yakni kalung wisuda, yang digunakan sebagai perlengkapan pakaian wisuda atau toga wisuda.

Makna Samir / Kalung Wisuda

Samir yang merupakan kalung berbahan kain dengan fungsi sebagai sarana menggantungkan medali atau gordon pada baju toga wisuda ternyata memiliki makna khusus. Samira tau kalung wisuda ini melambangkan keagungan, diibaratkan seperti tamu besar yang datang. Tamu besar ini pun akan diberikan kalung sebagai tanda penerimaan serta penghargaan atas kedatangannya.

Sedangkan gordon atau medali yang ada diujung kain samir adalah bentuk dari kemenangan seseorang petarung. Penghargaan atas keberhasilannya memenangkan suatu perlombaan, dimana wisudawan wisudawati akhirnya dapat berhasil menyelesaikan pendidikannya dengan baik.

Jenis Bahan Kain & Gordon Kalung Wisuda

Sebelum Anda memutuskan memesan kalung wisuda dalam jumlah besar, ada baiknya Anda mengetahui bahan apa saja yang digunakan dalam pembuatan kalung wisuda. Memilih bahan untuk keperluan acara besar seperti wisuda tentu harus diputuskan berdasarkan kebutuhan dan budget. Anda juga dapat langsung mendiskusikannya pada pihak konveksi.

Akan tetapi, Anda juga bisa memilihnya mulai dari sekarang sesuai kebutuhan yang diperlukan. Berikut beberapa bahan yang umum digunakan dalam pembuatan kalung wisuda.

·        Kain Satin

Jenis kain kalung wisuda salah satunya adalah kain satin. Ciri khas dari kain satin ini adalah permukaan kain yang licin dan mengkilap. Bahan satin ini memiliki ciri khas yang hampir sama dengan sutra, tetapi keduanya menggunakan serat yang berbeda.

Meskipun sutra dan satin sama-sama terasa lembut di kulit, namun satin memiliki permukaan kain yang lebih licin jika dibandingkan dengan bahan kain sutra. Licin dan mengkilap yang diciptakan oleh kain satin ini menimbulkan efek elegan dan mewah jika dikenakan.

·        Kain Beludru

Kain beludru merupakan jenis kain tenun yang memiliki tekstur berumbai. Kain dengan tekstur rata, halus dengan permukaan kain yang lembut dan berkilau. Kain ini seperti perpaduan antara wol dan sutra. Menggunakan bahan kain ini akan memunculkan kesan mewah pada saat prosesi wisuda.

·        Kombinasi Satin & Beludru

Umumnya beberapa institusi pendidikan menggunakan dua bahan yang dikombinasikan. Kombinasi antara satin dan beludru akan menambahkan kesan eksklusif bagi pemakai kalung wisuda.

Tinggalkan Komentar