Lebih Mengenal Seragam Perusahaan


Lebih Mengenal Seragam Perusahaan

 

Konveksi Seragam Perusahaan
Lebih Mengenal Seragam Perusahaan

 

Perusahaan selalu diidentikan dengan jumlah karyawan yang banyak. Namun tentunya setiap pabrik memiliki ciri khas tersendiri dan beda dari yang lainnya. Untuk lebih menonjolkan hal tersebut saat ini seragam perusahaan lebih banyak digunakan. Bisa dikatakan bahwa baju seragam perusahaan saat ini merupakan kebutuhan wajib untuk setiap perusahaan. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan seragam perusahaan. Maka tidak heran banyak konveksi seragam perusahaan yang berlomba – lomba menawarkan jasa mereka. Namun sebagai konsumen yang bijak tentu harus memilih yang benar – benar berkualitas dengan harga yang sepadan. Maka dari itu, ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui dalam memilih konveksi seragam perusahaan yang tepat.

 

Pengertian Seragam Perusahaan

Konveksi Seragam Perusahaan

Sebenarnya seragam sudah lama dikenal sejak jaman dahulu. Hal tersebut terbukti banyak dayang, prajurit hingga keluarga kerajaan yang menggunakan baju seragam. Jadi bisa disimpulkan bahwa seragam merupakan salah satu atribut atau pakaian yang dikenakan sama atau serupa dalam suatu anggota organisasi atau lembaga pemerintahan atau perusahan dalam waktu pertisipasi atau dalam melakukan sesuatu kegiatan organisasi tersebut.

 

Jadi seragam perusahan dari konveksi seragam perusahaan merupakan salah satu atribut atau pakaian yang memiliki model, warna dan bentuk yang sama atau serupa dan dikenakan oleh seluruh karyawan pada perusahaan tersebut saat bekerja atau melakukan kegiatan yang berhubungan dengan perusahan tersebut.

 

Keuntungan Menggunakan Seragam di Perusahaan

Konveksi Seragam Perusahaan

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa banyak karyawan perusahaan yang tidak suka menggunakan seragam perusahaan dari konveksi seragam perusahaan. Hal tersebut dikarenakan modelnya yang dianggap tidak menarik. Namun sebenarnya apakah perlu ada seragam perusahaan. Ada beberapa alasan mengapa perusahaan menetapkan untuk menggunakan seragam perusahaan itu sendiri. Pertama adalah kesetaraan, di mana seragam dari  akan memberikan efek kesetaraan yang baik untuk karyawan baru atau lama, atasan atau bawahan. Dengan begitu, karyawan tidak akan mudah untuk “judge a book by its cover”. Dengan begitu, semua karyawan akan terlihat sama. Terpenting lagi, tidak ada karyawan yang menggunakan baju kumal lagi atau baju yang mewah. Sehingga karyawan yang satu dengan lainnya akan lebih menghargai.

 

Kedua, seragam perusahaan dari konveksi seragam perusahaan bisa menjadi salah satu cara untuk mempersatukan karyawan. Pegawai yang mengenakan seragam perusahaan otomatis akan memiliki jiwa untuk menjadi satu dengan karyawan yang lainnya karena memiliki kesamaan. Hal inilah yang akan meningkatkan kerja sama dan kekompakan di dalam tim. Tidak hanya itu saja, pakaian seragam juga bisa menjadi salah satu penyemangat kerja dan rasa memiliki untuk perusahaan tersebut.

Ketiga, pakaian seragam perusahaan dari konveksi seragam perusahaan menjadi salah satu imej perusahaan itu sendiri. Hal tersebut akan semakin membuat brand dari perusahaan mereka menjadi lebih terkenal. Bahkan dengan menggunakan seragam perusahaan secara tidak langsung maka perusahaan akan promosi dengan gratis. Keempat, seragam perusahaan merupakan salah satu atribut untuk mengontrol kerja karyawan, baik saat bekerja di dalam atau di lapangan. Tentunya saat menggunakan seragam perusahaan, karyawan harus berusaha dengan sungguh – sungguh untuk menjaga nama baik dari perusahaan mereka. Tentunya mereka akan berhati – hati saat bertindak, terlebih lagi saat berada di luar kantor.

 

Keuntungan menggunakan seragam perusahaan dari konveksi seragam perusahaan juga bisa dirasakan oleh karyawan itu sendiri. Di mana dengan seragam perusahaan tentu karyawan akan lebih hemat. Jadinya, mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli baju kantor dan uangnya bisa digunakan untuk kebutuhan yang lainnya. Di samping itu, siapa bilang seragam kantor tidak bisa menjadi trend? Walaupun memiliki model yang monoton, tidak jarang para karyawan menggunakannya dengan aksesoris tambahan, seperti shawl, scarf dan lain sebagainya.

 

Nyatanya menggunakan seragam perusahaan dari konveksi seragam perusahaan bisa menjadi salah satu kebanggan tersendiri untuk Anda. Terlebih lagi jika Anda bekerja di perusahaan yang cukup terkenal dan sulit untuk masuk ke dalam perusahaan tersebut. Sama halnya dengan sekolah terkenal, mengenakannya akan membuat Anda berlenggang dengan bangga.

 

Model Seragam Untuk Perusahaan

Konveksi Seragam Perusahaan

Konveksi seragam perusahaan akan mengerjakan berbagai pesanan seragam untuk perusahaan dengan bahan dan material seragam. Seragam yang diproduksi merupakan seragam untuk pria dan juga wanita. Adapun model seragam perusahaan yang bisa dipilih.

 

  1. Kemeja perusahaan

Konveksi seragam perusahaan dalam bentuk kemeja merupakan salah satu perlengkapan wajib perusahaan untuk digunakan saat bekerja. Bahan yang banyak digunakan untuk jenis seragam kemeja perusahaan adalah drill, baik american drill, tropikal drill, japan drill atau katun. Selain itu ada juga bahan seragam yang lainnya dengan macam merk yang berbeda – beda.

Untuk model dari kemeja perusahaan biasanya konveksi seragam perusahaan memiliki beberapa varian. Salah satunya adalah model polos tanpa memiliki potongan. Ada juga model dengan potongan dada yang memanjang hingga lengan. Selain itu, ada juga model dengan potongan dada saja. Model yang lainnya merupakan variasi dari model standard tersebut. Namun tetap jangan pernah lupakan masalah kenyamanan bahan dan juga kerapihan jahitan.

 

  1. Jaket perusahaan

Jaket perusahaan juga merupakan salah satu seragam perusahaan dari konveksi seragam perusahaan. Jaket perusahaan sendiri terdiri adari dua jenis. Pertama adalah jaket formal atau semi formal yang digunakan untuk pertemuan bisnis. Kedua yakni jaket yang biasanya digunakan untuk berbagai acara atau event tertentu.

 

  1. Celana perusahaan

Pada umumnya, konveksi seragam perusahaan akan menggunakan bahan denim, katun, twill, atau high twist untuk membuat celana perusahaan. Celana perusahaan juga bisa menjadi salah satu seragam perusahaan yang wajib digunakan. Seperti celana pada umumnya, celana perusahaan memiliki potongan celana standard dengan saku samping, saku belakang mulut, dan saku belakang dengan tutup saku.

 

Bahan Untuk Seragam Pada Perusahaan

Konveksi Seragam Perusahaan

Untuk lebih memudahkan dalam pemilihan konveksi seragam perusahaan ada beberapa bahan baku yang digunakan untuk seragam perusahaan itu sendiri. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan baha baku yang berkualitas dan nyaman saat dikenakan. Berikut ini beberapa di antaranya :

 

  1. Drill

Bahan baku pertama yang paling banyak digunakan oleh konveksi seragam perusahaan adalah drill. Bahan baku yang satu ini memiliki permukaan berupa garis – garis diagonal. Selain itu, permukaan antara depan dan belakang juga berbeda. Kain yang satu ini memiliki tenunan yang lebih uat dan rapat. Kain drill sendiri memang kain yang sering digunakan karena merupakan kain yang lembut, kuat, tidak mudah pudar dan tidak mudah kusut. Untuk seragam perusahaan sendiri, kain drill ini bisa digunakan untuk berbagai model, baik kemeja kantor atau di lapanga. Dan juga beberapa jenis celana dan jaket lainnya

Kain drill sendiri memiliki berbagai varian jenisnya, seperti taipan tropical yang merupakan jenis kain dengan komposisi cotton dan polyster yang digabungkan. Di mana bahan cotton akan lebih banyak kandungannya. Dengan begitu akan membuat penggunanya akan tetap nyaman dan dingin. Kemudian ada america drill yang digunakan oleh konveksi seragam perusahaan. Bahan yang satu ini merupakan campuran dari katun dan polyster. Kain drill yang satu ini sangat cocok untuk seragam indoor maupun outdoor.

 

  1. Cashmere

Cashmere menjadi salah satu bahan yang digunakan oleh konveksi seragam perusahaan. Nama kain yang satu ini diambil dari dataran tinggi kashmir. Berbeda dengan kain wol, kain yang satu ini terbuat dari kambing – kambing kashmir dengan bulunya yang indah. Warna dasar dari kain ini adalah putih, coklat dan hitam dengan beberapa proses tenun. Bahkan saat ini memiliki warna yang beragam.

Di samping itu ada kain cashmere yang terkenal berasal dari mongolia dan china. Di mana kain tersebut lebih banyak digunakan untuk rajutan yang sangat cantik dan akan memberikan kehangatan. Namun bahan yang satu ini tergolong sedikit mewah digunakan untuk konveksi seragam perusahaan dengan kualitasnya yang tidak main – main.

 

Namun jangan salah ada kualitas ada harga yang sepadan dengannya. Bahkan perpaduan dengan bawahan, baik jeans akan lebih elegan lagi. Bahkan semakin sering dicuci bahan yang satu ini akan semakin halus. Namun sangat penting untuk memperhatikannya dan tidak sembarang mencuci.

Cashmere sendiri lebih banyak digunakan konveksi seragam perusahaan untuk jaket perusahaan atau jas.

 

  1. Acrylic

Satu lagi bahan yang digunakan oleh konveksi seragam perusahaan yakni acrylic. Bahan yang satu ini merupakan kain dari serat sintetis. Banyak yang mengenalnya sebagai acrillian, orlon, chamilon, vonnel, wotacryl dan masih banyak lagi. Pada dasarnya kain yang satu ini memiliki sifat yang hampir sama dengan wol.

Konveksi seragam perusahaan yang menggunakan kain acrylic akan menghasilkan seragam perusahaan yang lembut, ringan dan juga menjadi isolator panas yang bisa menahan panas tubuh. Selain itu, juga tidak bisa menimbulkan gatal pada kulit.

Namun begitu, tentunya kain ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Di mana kelebihan dari kain ini adalah kain acrylic lebih mudah kering dibandingkan dengan kain sintetik yang lainnya. Namun, kain yang satu ini kurang nyaman untuk dikenakan sebab tidak bisa menyerap air dan akan berasa lembab saat digunakan.

 

  1. Polyster

Bahan yang selanjutnya adalah polyster yang terbuat dari serat sintetis. Di mana kain untuk konveksi seragam perusahaan ini memiliki tingkatan di bawah katun. Memiliki bentuk dan tekstur yang hampir sama dengan kain kaos yang berbahan dasar katun. Keunggulan dari kain yang satu ini adalah harganya yang terjangkau. Namun kain jenis polyster mudah untuk kusut dan akan mudah luntur saat dicuci .

Untuk seragam perusahaan sendiri, konveksi seragam perusahaan akan menggunakan jenis polyster yang low twist atau high twist. Di mana jenis polyster yang satu ini memiliki sifat yang halus, beratnya sedang dan memberikan ketahan tinggi saat digunakan untuk pakaian kerja sehari – hari, baik indoor maupun outdoor.

 

Standard Seragam Untuk Perusahaan

Konveksi Seragam Perusahaan

Seperti yang kita ketahui bahwa seragam perusahaan atau seragam kantor merupakan salah satu pakaian yang sebagian besar digunakan sehari – hari dalam waktu yang cukup besar. Jika dihitung maka seragam perusahaan digunakan sekitar 8 hingga 10 jam. Seorang karyawan perusahaan memang diharuskan untuk menggunakan seragam. Maka dari itu, sangat penting untuk konveksi seragam perusahaan benar – benar memperhatikan kualitas dari seragam perusahaan yang dikerjakannya.

Pada dasarnya ada tiga aspek yang harus dimiliki oleh konveksi seragam perusahaan untuk bisa mendapatkan seragam perusahaan yang berkualitas dan juga sesuai dengan standard yang diinginkan oleh konsumen. Berikut ini di antaranya :

 

  1. Pemilihan bahan baku yang tepat

Proses paling awal yang harus dikerjakan oleh konveksi seragam perusahaan adalah menetukan bahan baku yang sesuai. Hal tersebut akan mendapatkan seragam perusahaan yang baik. Ada banyak bahan baku untuk seragam perusahaan yang telah disebutkan sebelumnya. Di mana setiap bahan kain tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Salah satu bahan yang sering digunakan oleh konveksi seragam perusahaan adalah American Drill. Pastinya bahan baku yang bagus akan mementukan harga dari seragam perusahaan tersebut. Maka dari itu, menentukan pilihan akan bahan baku untuk seragam perusahaan sangat penting untuk dilakukan. Ada beberapa hal yang bisa dinilai untuk bahan baku tersebut, seperti kelembutan bahan, ketebalan bahan, serta kehalusan bahan.

 

  1. Jahitan yang rapi

Setiap konveksi seragam perusahaan tentunya memiliki standard sendiri dalam pengerjaan seragam perusahaan pesanan. Namun perlu diingat bahwa konsumen selalu memperhatikan kualitas. Tentunya, barang yang berkualitas memiliki harga yang sepadan. Salah satu hal yang menjadi kualitas pengerjaan adalah kerapian jahitan dan finishing. Tentunya jahitan dan finishing membutuhkan usaha dan skill yang cukup mumpuni.

Ada beberapa dasar penilaian untuk bisa mendapatkan seragam perusahaan yang berkualitas. Salah satunya adalah kebersihan. Kebersihan di sini dimaksudkan untuk hasil yang diterima. Apakah seragam perusahaan yang diterima dalam keadaan bersih? Atau masih adakah benang – benang dari bekas jahitan?

Selain itu ada kerapihan menjadi salah satu yang penting dan harus diperhatikan oleh konveksi seragam perusahaan. Tentu saja, kerapihan yang dimaksud adalah keseimbangan jahitan. Terlebih lagi, apakah jahitan mengikuti pola dan tidak ada belokan atau jahitan yang terputus. Hal terakhir adalah kekuatan dari jahitan tersebut, terutama benang yang digunakan harus bagus. Apakah jahitannya rapat, jarang atau kecil.

 

  1. Ketepatan waktu

Hal selanjutnya yang sangat perlu diperhatikan dan juga merupakan salah satu tantangan tersendiri untuk konveksi seragam perusahaan adalah memenuhi pesanan dengan tepat waktu. Sebenarnya untuk ketepatan waktu sendiri adalah kesepakatan antara konsumen dan jasa konveksi tentang waktu selesai produksi baju seragam perusahaan tersebut. Namun ada hal penting yang harus menjadi dalah satu penentuan waktu produksi, yakni jumlah pesanan baju seragam perusahaan dan antrian dalam produksi yang sedang dikerjakan.

 

Memilih Konveksi Seragam Perusahaan Berkualitas

Konveksi Seragam Perusahaan

  1. Informasi

Informasi sangat diperlukan untuk bisa mendapatkan konveksi seragam perusahaan yang benar – benar mengerti kebutuhan Anda. Selain itu, tentunya informasi juga akan membantu menghitung pengeluaran perusahaan dalam membuat seragam perusahaan. Sangat penting untuk mencari informasi sebanyak mungkin.

 

  1. Mendatangi langsung

Bukan hanya dari mulut saja, bahkan Anda sangat perlu untuk mendatangi langsung konveksi seragam perusahaan tersebut. Hal tersebut akan lebih meyakinkan Anda apakah konveksi tersebut akan sesuai dengan permintaaan Anda.

 

  1. Rating yang memuaskan

Rating menjadi salah satu patokan untuk Anda dalam memilih konveksi seragam perusahaan. Tentu saja rating yang bagus dilihar dari kualitas, bahan dan prosesnya. Bahan yang perlukan merupakan bahan yang berkualitas dan cocok untuk seragam perusahaan. Selain itu, waktu pengerjaan yang tepat waktu menjadi pertimbangan. Namun harus sepadan dengan kualitas yang diberikan.

 

 

Terimakasih sudah berkunjung ke website kami, semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda guna untuk pemahaman serta tambahan wawasan, pengetahuan dan referensi anda yang berminat dalam melakukan pembuatan.




Tinggalkan Balasan