Ketahui Apa Saja Atribut Toga Wisuda

Ketahui Apa Saja Atribut Toga Wisuda

Wisuda merupakan satu momentum yang penting bagi mahasiswa calon sarjana. Mereka akan mengenakan toga dan bergembira ria karena telah berhasil mendapatkan gelar sarjana setelah empat tahun menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Tahukah Anda apa saja atribut toga wisuda yang wajib dikenakan? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

  1. Baju Toga Wisuda

Anda pasti tidak asing lagi dengan baju toga yang sering dikenakan saat hari wisuda. Ini merupakan perlengkapan wisuda yang wajib dikenakan sebagai pakaian khas wisuda. Baju toga biasanya berbentuk seperti jubah yang memiliki panjang hingga batas atas lutut. Baju toga dikenakan di atas setelan tunik atau baju dalaman yang menutupi bagian bahu, dada dan punggung. Mahasiswa Indonesia saat ini sering mengenakan kebaya atau baju lainnya untuk kemudian ditimpa dengan toga di atasnya. Bahan baju toga biasanya dibuat dari kain beludru maupun saten.

  • Kerah Wisuda

Bulatan yang memiliki lubang di bagian tengah sebagai lubang kepala yang terbuat dari bahan beludru maupun satin sesuai jenis bahan baju toga. Kerah wisuda ini biasanya dikenakan melingkar pada bagian dada di atas baju toga yang menutupi bagian bahu dan dada sekaligus.

  • Kalung Wisuda

Kalung wisuda hampir sama dengan kerah wisuda yang terbuat dari bahan beludru atau satin. Kalung ini berguna untuk menggantungkan medali wisuda yang akan dilingkarkan pada bagian leher seperti dasi dengan bentuk memanjang. Atribut toga wisuda yang satu ini memiliki tampilan serupa dengan medali yang dipasangkan pada para atlet atau pemenang olimpiade.

  • Medali Wisuda

Medali wisuda bisa dikatakan tidak boleh dilupakan karena merupakan salah satu atribut yang memang wajib ada ketiak wisuda berlangsung. Medali terbuat dari bahan alumunium atau kuningan dengan logam kecil dan pipih. Bentuk medali bisa beragam sesuai masing-masing universitas sera dilengkapi dengan lambang universitas pada dua sisinya. Medali inilah yang nantinya direkatkan pada kalung wisuda.  

  • Topi Wisuda

Topi wisuda merupakan sejenis penutup kepala yang memiliki bentuk segi lima. Penutup kepala ini dilengkapi dengan lobang kepala yang berbetuk bundar. Kemudian juga terdapat seutas tali di bagian tengah yang nantinya akan digeserkan dari sisi kiri ke kanan untuk menandakan bahwa Anda telah wisuda dan sah menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi. Topi wisuda hanya dikenakan ketika acara wisuda berlangsung. Jenis bahan topi biasanya terbuat dari beludru atau matador.

  • Map Wisuda

Map digunakan sebagai penyimpan ijazah atau dokumen penting lainnya. Terbuat dari bahan kertas yang dibalut dengan kain beludru disertai lambang universitas pada bagian depannya.

  • Tabung Wisuda

Tabung wisuda berupa wadah yang memiliki bentuk bulat persis seperti tabung yang dilengkapi dengan penutup. Fungsi tabung ini adalah sebagai wadah penyimpan ijazah atau dokumen penting. Biasanya jika telah menggunakan atribut toga wisuda berupa map wisuda maka tidak perlu lagi menggunakan tabung wisuda karena keduanya memiliki fungsi yang sama.

Tinggalkan Komentar