Jual Beragam Jenis Seragam Kampus Lengkap No 1 Di Indonesia

 

Beragam Jenis Seragam Kampus

Tak hanya sewaktu bersekolah di tingkat SD dan SMP serta SMA saja yang ada baju seragamnya. Saat telah berkuliah pun ada beberapa koleksi baju seragamnya, dan sering disebut sebagai seragam kampus. Di tingkat TK dan play group pun ada juga seragamnya. Semua itu tergantung kebijakan tiap kampus masing-masing dan komunitasnya.

1. Fungsi Seragam

Seragam memiliki beberapa fungsi yang cukup penting sehingga sebaiknya tiap komunitas memilikinya, yakni antara lain sebagai berikut.

a. Sebagai Identitas dan Penanda Ciri Khas suatu Kelompok

Seragam bisa menjadi pemberi tanda identitas pengenal suatu kelompok atau komunitas orang.

b. Sebagai Sarana Pemersatu antar Tiap Anggota Kelompok

Seragam juga bisa mempererat hubungan dan menyatukan kelompok dari yang semula berbeda- beda hingga bisa menjadi satu identitas. Menunjukkan kekompakan dan kebersamaan.

c. Sebagai Kebanggaan

Seragam juga bisa menjadi suatu wujud kebanggaan anggota suatu kelompok serta kenang- kenangan setelah lulus.

2. Aneka Jenis Seragam Kampus

a. Seragam Almamater atau Jas Kampus atau Jas Almamater

Seragam almamater menjadi identitas mahasiswa suatu universitas tertentu, dan hanya berhak digunakan oleh mahasiswa yang berkuliah di suatu perguruan tinggi tertentu tersebut. Tiap kampus memiliki standar dan ciri-ciri warna maupun aksesoris pelengkapnya masing-masing yang unik dan khas. Bentuknya biasanya berupa jas. Seperti contohnya ada baju almamater UI yang terkenal dengan warna kuningnya, lalu ada jas almamater Untar yang berwarna merah, dan ada warna almamater UIN yang semula biru dongker menjadi biru muda dan lain sebagainya. Ada juga jas almamater rohis. Bisa pesan custom jaket almamater. Seragam berupa jas memang sangat fleksibel, dapat dipadupadankan dengan berbagai jenis dan warna baju dalamannya dengan mudah. Bisa pesan jas almamater murah lewat koperasi kampus, yang biasanya juga menjual berbagai seragam almamater murah lainnya. Jas almamater biasanya dikenakan ketika mahasiswa menghadiri dan mewakili kampusnya untuk berbagai acara baik di dalam kampus maupun event di luar kampus.

b. Seragam Korsa atau Seragam PDH (Pakaian Dinas Harian) Kampus

Selain jas almamater maka ada juga seragam korsa yang berupa kemeja lapangan mahasiswa. Baju ini juga memiliki desain yang khas dan model standar juga, dengan warna tertentu. Seragam baju korsa atau seragam PDH kampus bisa berbentuk kemeja lengan panjang, dengan kantong pada bagian depannya. Apapun penggunaannya bisa untuk berbagai kegiatan, bisa menjadi seragam angkatan, atau seragam kelas, atau seragam jurusan tiap fakultas, juga seragam organisasi seperti himpunan, atau BEM, atau DPM, atau DEMA, atau HMJ, atau HIMA, atau UKM, atau HMI, atau IMM, atau PMII, atau KAMMI, dan berbagai organisasi kampus lainnya.

c. Seragam Hoodie

Bisa juga membuat seragam kampus untuk acara yang lebih santai dengan bahan dari kaos atau seragam hoodie perpaduan jaket dan kaos misalnya. Biasanya organisasi Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam) di tiap kampus memiliki seragam hoodie nya masing-masing. Sehingga saat melakukan pendakian gunung misalnya akan bisa mengenakan seragam hoodienya tersebut.

d. Seragam Jaket

Jaket kampus atau jaket organisasi kampus atau jaket seragam angkatan juga bisa dibuat untuk para mahasiswa. Seragam jaket ini bisa fleksibel penggunaannya. Bisa juga dibuat desain khusus untuk tiap acara yang berbeda. Bisa menjadi seragam kepanitiaan suatu acara atau grup studi banding dan lain sebagainya serta bisa ditempeli sponsor. Berbeda dengan seragam jas almamater kampus yang baku dan tidak bisa di tambah aksesoris lain diluar aksesoris standarnya.

e. Jas Praktikum

Kemudian ada juga seragam jas praktikum terutama bagi para mahasiswa  fakultas kedokteran saat akan melakukan kegiatan di laboratorium.

f. Seragam Toga Kampus

Selanjutnya ada seragam toga wisuda sarjana. Modelnya bisa mirip antara satu universitas dengan universitas lainnya bahkan juga telah dicontoh dengan model yang sama untuk pakaian wisuda tk  yang bisa dipesan di jasa konveksi berikut dengan perlengkapan wisuda TK lainnya. Namun tetap ada ciri khas tertentu yang akan berbeda untuk tiap kampus yang berbeda, yakni seperti warna list di bagian pundak dan leher yang akan berbeda-beda sesuai ciri khas tiap perguruan tinggi. Sedangkan seragam baju wisudanya beserta toga nya adalah sama, dalam warna hitam. Namun warna tali topi toganya juga bisa berbeda-beda warnanya, ada yang berwarna merah atau kuning atau biru.

1. Ukuran Standar Seragam Kampus Pria

a. Extra Small (XS)

Satuan ukuran baju paling kecil ini biasanya memiliki ukuran tinggi baju 70 cm, dengan panjang tangan 60 cm, dan lingkar dada 100 cm serta lebar bahunya 42 cm. Muat untuk laki-laki dewasa dengan tinggi badan minimal 160 cm hingga 185 cm serta berat mulai dari 45 kg sampai 50 kg.

b. Small (S)

Ukurannya adalah tinggi baju 70 cm panjang tangan 60 cm, lingkar dada 102 cm dan lebar bahu 43 cm, dapat dipakai oleh laki-laki dewasa dengan tinggi badan 160 cm hingga 185 cm, dan berat minimal 40 kg maksimal 65 kg.

c. Medium (M)

Ukuran sedang ini adalah tinggi baju 72 cm, lingkar dada 106 cm, dan panjang tangan 62 cm serta lebar bahu 44 cm, dan bisa dipakai oleh laki-laki dengan tinggi badan 160 cm hingga 185 cm serta berat minimal 55 kg maksimal 70 kg.

d. Large (L)

Ukuran besar dengan tinggi baju 72 cm lingkar dada 110 cm, panjang tangan 62 cm serta lebar bahu 46 cm dapat dikenakan pria dengan tinggi minimal 160 cm maksimal 185 cm, dan berat mulai 65 kg hingga 75 kg.

e. Extra Large (XL)

Ukuran tinggi bajunya 74 cm, lingkar dada 114 cm, lebar bahu 46 cm serta panjang tangan 63 cm. Bisa dikenakan pria dengan tinggi badan mulai 160 cm hingga 185 cm serta berat minimal 70 kg sampai maksimal 80 kg.

2. Ukuran Standar Seragam Kampus Wanita

Ukurannya bisa mulai berikut

  1. XS atau 34 sebagai ukuran terkecil
  2. S atau 36
  3. M atau 38
  4. L atau 40
  5. XL atau 42 hingga 44
  6. XXL atau 46 hingga 48
  7. XXXL atau 50 hingga 52 sebagai ukuran terbesar.

Pilih model dan ukuran yang sesuai. Pastikan untuk mencoba seragam kampus yang dipesan agar nyaman saat dikenakan. Tiap jasa konveksi bisa sana memiliki standar ukuran bakunya masing-masing, namun dengan selisih yang tidak akan terlalu banyak berbeda. Semakin banyak jumlah pemesanan seragam kampus maka akan semakin murah harga per satuan itemnya. Sedangkan besaran harganya tergantung pada bahan serta tingkat kerumitan model desainnya, selain pada ukurannya. Tag: Seragam kampus, jas almamater kampus, jaket kampus, seragam wisuda