Jenis Seragam Perawat

Secara umum, terdapat dua jenis seragam perawat, yang mungkin sudah sering Anda lihat di berbagai contoh seragam rumah sakit. Keduanya adalah berikut ini.

  1. Scrubsuits (seragam scrub). Meskipun awalnya lebih dikenal sebagai seragam operasi, seragam scrub ini sekarang makin banyak digunakan sebagai desain baju perawat laki-laki maupun perempuan. Bahkan, model baju dinas bidan rumah sakit untuk bidan yang akan masuk ruang operasi juga memiliki desain seragam scrub.

Jenis seragam ini terlihat sederhana dan umumnya punya berbagai jenis warna untuk membedakan tugas perawat satu dengan perawat lainnya.           Desainnya yang sangat simpel serta pemilihan kain yang tepat membuat seragam scrub sangat mudah dicuci dan dirawat.

  1. Seragam perawat putih. Meskipun seragam perawat putih sudah mulai digeser oleh seragam scrub, masih ada rumah sakit di Indonesia yang mewajibkan karyawannya untuk mengenakan seragam ini, seperti staf di laboratorium, pendaftaran, dan sebagainya, serta perawat di poli anak maupun poli gigi. Bahkan, rasanya seragam perawat putih ini masih jauh lebih identik dengan seragam perawat secara umum.

 

Apa Saja Jenis Kain yang Sesuai untuk Seragam Perawat?

Terlepas dari apa model seragam perawat yang dikenakan, baik itu model baju perawat lengan pajang maupun lengan pendek, berikut ini adalah beberapa jenis kain yang umum dipilih untuk membuat baju perawat, baju dokter, maupun perlengkapan medis lainnya. Karena itu, tak heran kalau akhirnya jenis-jenis kain ini dikenal sebagai kain medis.

  • Katun waterproof. Kain ini adalah jenis katun dengan lapisan anti air yang kuat, dan biasanya digunakan untuk baju perawat lengan panjang maupun lengan pendek hingga masker.
  • Kain TR adalah tetoron rayon, dan jenis ini juga memiliki lapisan anti air pada permukaannya. Penggunaan kain TRwaterproof juga populer sebagai kain medis, termasuk untuk model baju jaga perawat hingga bidan yang nyaman dipakai.
  • Rayon waterresistant.Jenis kain yang satu ini pun tak kalah populer digunakan sebagai bahan untuk membuat baju seragam tenaga kesehatan, termasuk model baju dinas bidan, perawat, maupun dokter, hingga untuk membuat masker.
  • Sedangkan kain yang satu ini merupakan kain poliester dengan laminasi berupa lapisan anti air agar tidak tembus air. Dibandingkan ketiga jenis kain di atas, kain laminatedwaterproof tidak cocok digunakan sebagai bahan baju seragam rumah sakit, dan biasanya dipilih sebagai kain sprei rumah sakit.

Nah, itulah serangkaian informasi mengenai baju perawat rumah sakit, cara memilih seragam yang tepat, jenis-jenisnya, hingga variasi jenis kain yang umum digunakan sebagai kain medis maupun bahan seragam perawat.