Jenis-jenis Kain Toga Sarjana

Jenis-jenis Kain Toga Sarjana

Topi toga sarjana – Baju dan topi toga adalah pakaian berbentuk jubah dengan kain yang menutupi seluruh bahu, dada, punggung dan lengan panjang dengan kain yang menjulur hingga sekitar lutut. Baju ini umunya dikenakan sebagai pakaian luar saja, dikenakan setelah Anda mengenakan pakaian lain. Umumnya toga digunakan untuk pakaian seremonial wisuda atau prosesi acara kelulusan seseorang.

Baju toga wisuda ini dapat dipesan dan dibuat untuk acara wisuda, pihak sekolah atau universitas dapat memberikannya sebagai kenang-kenangan atas kelulusan siswa atau mahasiswanya. Sebelum memutuskan untuk memesan pakaian wisuda, ada baiknya kamu mengetahui beberapa jenis kain yang umum digunakan untuk pakaian toga berikut ini.

Jenis Kain Toga & Topi Toga Sarjana

1.      Kain Bestway

Kain bestway atau new bestway airmaxx merupakan jenis bahan kain tekstil yang dibuat dengan teknik tenun khusus, dengan inovasi textileone yang menggunakan mesin airjet. Kain ini memiliki karakteristik bahan kain yang dingin, lembut dan trendy, sehingga mampu memberikan pemakaiannya rasa nyaman.

Kain ini sering digunakan sebagai pilihan terbaik seragam kerja, seragam perusahaan atau pakaian dinas harian. Bahkan di tahun 2012, bahan kain bestway ini ditetapkan menjadi bahan seragam standar seluruh pekerja Kementerian Kesehatan. Dan ternyata kain ini pun juga dapat digunakan sebagai bahan pakaian toga.

Karakteristiknya yang tidak panas, cenderung dingin dan lembut dipakai, menjadikan kain ini pilihan sempurna untuk dijadikan pakaian toga. Pemakai toga yang harus melaksanakan berbagai prosesi wisuda yang cukup banyak dan dalam waktu cukup lama pasti akan merasa nyaman dengan memakai toga berbahan kain bestway ini.

2.      Kain Satin / Saten

Jenis kain toga dan topi toga sarjana selanjutnya adalah kain satin. Ciri khas dari kain satin ini adalah permukaan kain yang licin dan mengkilap. Bahan satin ini memiliki ciri khas yang hampir sama dengan sutra, tetapi keduanya menggunakan serat yang berbeda.

Meskipun sutra dan satin sama-sama terasa lembut di kulit, namun satin memiliki permukaan kain yang lebih licin jika dibandingkan dengan bahan kain sutra. Licin dan mengkilap yang diciptakan oleh kain satin ini menimbulkan efek elegan dan mewah jika dikenakan.

Jadi tidak heran jika kain ini juga sangat direkomendasikan sebagai bahan kain pakaian toga. Karena efek yang ditimbulkan akan membuat wisudawan dan wisudawati semakin memancarkan kewibawaannya. 

3.      Kain Tessa

Kain ketiga yang dapat digunakan adalah kain tessa. Kain ini memiliki tekstur halus, tebal dan tidak mudah kusut. Kain ini biasanya juga digunakan untuk jaket semi jas. Cocok digunakan sebagai bahan kain pakaian toga.

4.      Kain Beludru

Kain beludru atau dikenal dengan kain velvet merupakan jenis kain tenun yang berumbai. Kain ini juga dapat digunakan sebagai kain pakaian toga. Kain dengan tekstur rata, halus dengan permukaan kain yang lembut dan berkilau. Kain ini seperti perpaduan antara wol dan sutra. Menggunakan bahan kain ini akan memunculkan kesan mewah pada saat prosesi wisuda.

Demikian beberapa jenis bahan pakaian toga dan topi toga sarjana yang bisa Anda pilih dan gunakan pada saat wisuda. Anda dapat memesannya pada kami dengan melalui konsultasi terlebih dahulu, dapat dipesan partai besar dengan jumlah yang banyak. Segera tentukan bahan pilihanmu dan serahkan pada kami.

Tinggalkan Komentar