Cara Merawat Topi Wisuda Yang Terbuat Dari Beludru

Cara Merawat Topi Wisuda Yang Terbuat Dari Beludru

Tentunya perlengkapan wisuda topi toga merupakan hal yang penting, sebab tanpa topi Anda tidak bisa melakukan wisuda. Tentunya salah satu bahan dari topi ini adalah terbuat dari beludru, pastinya terdapat cara khusus untuk bisa mencuci topi wisuda dengan bahan ini. Tentunya mencuci topi wisuda wajib Anda lakukan agar topi dapat terjaga kebersihannya serta tidak menimbulkan bau. Apalagi topi ini digunakan oleh banyak orang secara bergantian, karena itu dengan mencucinya dapat membantu topi terjaga kebersihannya serta dapat nyaman digunakan. Namun jika Anda salah dalam teknik mencuci maka dapat merusak topi ini, oleh sebab itu Anda tidak bisa asal saja dalam mencuci topi ini.

1. Menggunakan metode dry clean

Salah satu cara untuk mencuci topi ini adalah dengan menggunakan metode dry clean, dimana Anda bisa melakukannya sendiri atau dengan membawanya ke laundry. Sebab mereka yang bekerja di laundry tentunya dapat mencuci topi wisuda dengan metode ini dengan cara yang benar tanpa merusak, jadi topi tidak akan menjadi bau dan dapat digunakan dengan nyaman sekali. Apalagi mereka yang bekerja di laundry merupakan orang yang profesional di bidang ini, karena itu jangan sampai Anda asal saja dalam melakukan pencucian topi ini.

2. Menggunakan lemon

Apabila terdapat noda di topi tersebut maka sangat mudah untuk menghilangkannya tanpa membuat warnanya rusak. Sebab Anda bisa memanfaatkan bahan alami yang tidak kalah ampuh dalam menghilangkan noda tersebut, jadi Anda bisa memanfaatkan air perasaan lemon dengan campuran baking soda. Namun agar Anda yakin maka ada baiknya jika Anda mencoba di kain kecil sehingga bisa melihat reaksinya apakah berhasil atau tidak. Apabila warnanya luntur maka ada baiknya jika jangan Anda gunakan lagi, jadi nantinya tidak akan terjadi kerusakan warna yang banyak pada topi toga tersebut. Namun apabila cara ini tidak bisa maka ada baiknya membersihkannya dengan deterjen karena sudah pasti akan ampuh.

3. Mengeringkan topi

Untuk mengeringkan topi tentunya tidak bisa asal juga, dimana Anda hanya perlu menginginkannya saja. Apabila Anda ingin menjemurnya maka ada baiknya jika jangan di matahari langsung  sebab jika menjemur di matahari langsung maka bisa membuat kualitas kain menjadi berubah buruk. Oleh sebab itu ada baiknya jika Anda mengeringkan topi di tempat yang tepat. Jadi kualitas kain pada topi tersebut dapat terjaga sehingga topi tidak akan mudah rusak. Sebab saat ini masih banyak orang yang salah dalam melakukan pengeringan topi, jadi dengan adanya hal ini maka Anda bisa merawat perlengkapan wisuda topi toga  dengan benar. Jadi topi tidak akan mudah rusak sehingga bertahan lama dan tampak baru.

Tinggalkan Komentar