Berbagai Macam Perlengkapan Wisuda

Berbagai Macam Perlengkapan Wisuda

Liontin wisuda adalah salah satu perlengkapan wisuda yang penting dikenakan selama prosesi wisuda. Selain liontin wisuda, apa saja perlengkapan wisuda yang lainnya? Berikut penjelasan dari masing-masing perlengkapan wisuda. Mari kita simak bersama.

·        Baju Toga Wisuda

Pakaian toga wisuda berbentuk jubah yakni kain panjang sekitar 6 meter yang dikenakan setelah mengenakan setelan pakaian seperti kemeja, kebaya, tunik dan lainnya. Baju toga ini umumnya memiliki lengan panjang dan kain yang memanjang ke bawah sampai atas lutut. Jenis bahan yang digunakan untuk baju toga adalah saten, tessa, bestway, budru, gabardine dan semacamnya.

·        Samir / Tali / Kalung Wisuda

Tali yang digantungkan ke leher atau kalung dengan bahan kain yang berfungsi untuk menggantungkan Gordon / Medali / Liontin pada baju toga wisuda. Jenis kain dari kalung wisuda ini umumnya menggunakan bahan satin, beludru atau kombinasi dari keduanya

·        Liontin Wisuda / Medali / Gordon

Gordon atau medali wisuda juga sering disebut dengan iontin wisuda, umumnya terbuat dari logam dalam ukuran kecil dan pipih. Berbentuk lingkaran atau segi lima dan dapat juga berbentuk sesuai dengan lambang / logo dari universitas maupun sekolah. Medali ini akan direkatkan pada ujung kalung wisuda. Jenis bahan dari liontin ini umumnya menggunakan resin dan kuningan.

·        Topi Wisuda

Topi wisuda adalah sejenis penutup kepala yang memiliki bentuk khusus, yakni bagian atasnya berbentuk segilima dengan tali berbahan kain dan berumbai di tengah atau pusat topi bagian atas. Tali pada topi ini menjulur melewati sisi atas topi, yang nanti arah tali akan dipindahkan dari kanan ke kiri pada prosesi wisuda. Topi wisuda ini juga memiliki lubang kepala dengan bentuk budar untuk di kenakan peserta wisuda.

·        Map Wisuda

Map wisuda adalah perlengkapan lain yang juga tidak kalah pentingnya dengan liontin wisuda. Map wisuda dibuat dari kertas karton standar ragam yang umumnya karton 30 dan diberi sampul. Map ini berbentuk persegi panjang dan berfungsi untuk menempatkan ijazah atau dokumen lain.

Umumnya pada bagian sampul diberikan logo atau lambang universitas, sekolah atau institusi yang bersangkutan. Jenis bahan umum pada bagian sampul yang menutupi kertas karton tebal biasanya menggunakan mika, semi kulit, Ase, imitasi, Hse, MKT, Plastik dan sit. Untuk tulisan biasanya menggunakan sablon, emboss atau poil.

·        Tabung Wisuda

Tabung wisuda memiliki fungsi yang sama dengan map wisuda yakni untuk menyimpan ijazah atau dokumen lainnya dengan cara digulungkan. Wadah ini berbentuk bulat seperti tabung dan memiliki penutup. Jenis bahan yang digunakan ialah pipa paralon dan karton yang kemudian dilapisi oleh kain beludru.

Nah demikian tadi beberapa perlengkapan yang wajib ada saat seremonial wisuda di beberapa institusi pendidikan. Bahan yang digunakan untuk liontin wisuda atau perlengkapan lainnya berbeda-beda. Anda dapat memilihnya tergantung budget yang dianggarkan.

Tinggalkan Komentar