baju seragam rumah sakit

Jenis-Jenis Baju Seragam Rumah Sakit

Saat mendatangi rumah sakit, memang kebanyakan orang tidak akan merasa asing dengan seragam yang dikenakan dokter dan perawat. Namun tahukah anda bahwa ada berbagai jenis baju seragam rumah sakit ini, lho. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Seragam Scrub

Dikenal juga sebagai seragam untuk ruang operasi, tentunya seragam scrub adalah pakaian sanitasi yang akan dikenakan oleh bidan, dokter bedah, hingga perawat sebelum nantinya memasuki ruang operasi. Nah, seragam yang satu ini mempunyai desain yang sederhana dan mempunyai warna dan ukuran yang bervariasi, terdiri oleh atasan berlengan pendek dan memiliki kerah berbentuk roundneckatau v-neck, yang disertai dengan bawahan celana yang berbahan longgar. Karena desainnya yang sederhana, seragam ini bisa terminimalkan dari kontaminasi dan mudah dalam pencucian. Biasanya seragam scrub digunakan staf medis yang ada di ruang bedah, baik yang berwarna biru terang atau yang berwarna hijau.

 

 

Seragam Perawat

Pada umumnya baju perawat rumah sakit berwarna putih, namun saat ini baju perawat tersedia dengan varian warna dan model yang berbeda. Bisa saja berbeda model baju seragam perawat yang dikenakan dari rumah sakit yang satu dengan rumah sakit yang lain. Tentu saja hal ini sangat tergantung oleh kebijakan di setiap rumah sakit. Nah, model bajunya ada yang menggunakan atasan berlengan pendek atau panjang yang nantinya dipadukan juga dengan celana panjang kain baik untuk perawat pria maupun wanita, dan ada juga baju seragam rumah sakit untuk perawat dengan bentuk terusan panjang hingga selutut yang digunakan bagi perawat wanita saja.

Baju Pasien

Nah, sama seperti staf rumah sakit, pasien juga memiliki seragam, lho. Tidak hanya digunakan sebagai identifikasi, namun baju pasien juga di desain untuk memudahkan dokter hingga perawat dalam melakukan pemeriksaan. Selain itu, baju pasien ini terbuat dari bahan terbaik yang akan membuat pasien bisa tetap merasa nyaman, dan biasanya baju pasien ini menggunakan bahan katun.

Jas Dokter

Bagi seorang dokter, tentu saja ia akan mengenakan jas berwarna putih, baik yang berlengan pendek maupun berlengan panjang. Selain itu, biasanya jas dokter memiliki dua buah saku atau kantong yang terletak di depan, baik kanan dan kiri. Nah, untuk jas dokter ini tentunya ada yang model pendek hingga ke paha maupun ada yang panjang hingga ke lutut. Tentu saja hal ini sangat tergantung oleh dokter yang ingin seragam atau jas yang seperti apa. Tetapi terlepas dari hal tersebut, tentunya jas dokter ini menunjukkan identitas bagi si pemakainya bahwa ia merupakan seorang dokter.

Demikianlah berbagai pembahasan yang perlu andaketahui mengenai jenis-jenis baju seragam rumah sakit. Semoga bermanfaat!