Batik pada Toga Wisuda Universitas Katolik Atma Jaya, Hasil Karya Dosen!

toga wisuda atma jaya

Sumber foto: Instagram @unikaatmajaya

Kombinasi motif toga wisuda dengan batik menjadi salah satu inovasi yang tepat pada institusi di Indonesia. Seperti yang sudah kita tahu, bahwa batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah menjadi kebanggaan, apalagi sudah tercatat di UNESCO. Maka dari itu, penambahan batik menjadi nilai tersendiri pada toga wisuda. 

Ada beberapa institusi perguruan tinggi yang menambahkan motif batik pada toga wisuda. Selain UMN, ternyata toga wisuda Universitas Katolik Atma Jaya juga memiliki toga wisuda bermotif batik yang sama uniknya. Berikut adalah ulasan mengenai toga wisuda Atma Jaya yang cantik dengan sentuhan batik. 

Batik Hasil Karya Dosen Unika Atma Jaya 

Toga wisuda Atma Jaya memiliki keunikan dan ciri khas pada motif batik di bagian slaber dan sepanjang jubah bagian depan tengah. Perpaduan antara toga berwarna hitam dengan batik berwarna cokelat memberikan kesan mewah yang tradisional dari toga Atma Jaya. Namun, siapa sangka bahwa batik pada toga wisuda ini merupakan hasil karya dari tangan salah satu dosen mereka. 

Batik tersebut yang mencampurkan unsur Atma Jaya dengan tradisional berasal dari karya tangan Benedictus Nugroho PS., S.Sos., M.Si.. Beliau merupakan salah satu dosen di bidang studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi (FIABIKOM) di Unika Atma Jaya. Atas kecerdasan dan kekreativan beliau, akhirnya tercipta batik yang khas untuk toga wisuda Atma Jaya yang memesona. 

Terdapat empat komponen lambang pada batik Atma Jaya. Berikut ini merupakan makna dari masing-masing lambang yang tercantum pada website resmi Atma Jaya, yaitu di atmajaya.ac.id:

  • Burung merpati: Melambangkan semangat nilai-nilai luhur Kristiani yang diilhami oleh Unika Atma Jaya sebagai Universitas Katolik di Indonesia dalam menjalankan pendidikan, pengembangan, dan pembinaan mahasiswa.
  • Ikan: Melambangkan Unika Atma Jaya sebagai institusi atau lembaga pendidikan di Indonesia yang memiliki visi dan misi untuk mencerdaskan serta memajukan sumber daya manusia dengan segala pengalaman yang sudah dimiliki selama beberapa puluh tahun.
  • Tangan dan hati:  Merepresentasikan semangat kerja sama dalam kepedulian dan cinta kasih antara institusi, mahasiswa, serta masyarakat di berbagai aspek dengan berlandaskan hati nurani.
  • Bunga api: Mencerminkan rasa semangat yang membara dari civitas Unika Atma Jaya dalam menerapkan nilai-nilai KUPP. Selebihnya motif seperti pola bunga Truntum adalah motif tradisional, bermakna cinta yang terus bertumbuh.

Batik pada toga Atma Jaya menjadi ciri khas yang unik pada pakaian sakral ini. Selain itu, dapat menjadi cerminan budaya yang harus menjadi kebanggaan bagi kita semua. Para wisudawan juga diharapkan mampu menerapkan masing-masing makna pada motif dan lambang pada batik Atma Jaya. 

Tali Medali Toga Wisuda Atma Jaya Berwarna Hitam Elegan

Eleganitas juga tercantum pada tali medali toga Atma Jaya yang berwarna hitam. Jarang sekali institusi yang memiliki tali medali dengan warna hitam ini. Universitas ini menerapkannya sehingga memperlihatkan penampilan yang mewah pada toga wisuda mereka. 

Tali medali berwarna hitam juga sangat cocok dengan warna batik berwarna cokelat. Pemilihan warna hitam sangatlah tepat agar tidak memunculkan warna lain yang akan merusak penampilan toga wisuda. Meskipun terlihat sederhana, tali medali ini menjadi nilai kemewahan pada toga wisuda Atma Jaya. 

Kesimpulan

Toga wisuda Unika Atma Jaya memiliki keunikan pada tambahan motif batik di slaber dan bagian depan jubah. Batik ini ternyata batik original mereka hasil karya salah satu dosen Ilmu Komunikasi. Hal ini semakin membuat toga wisuda Atma Jaya menjadi lebih mewah dan berkelas. 

Anda bisa memiliki toga wisuda dengan motif batik jika berkonsultasi dan memesannya melalui RumahJahit. Jasa konveksi terbaik di Tangerang Selatan yang menawarkan banyak keuntungan dari kualitas hingga harga. Segera hubungi RumahJahit di nomor WhatsApp berikut ini atau Anda bisa langsung mengunjungi kami di alamat berikut! Anda juga bisa mendapatkan penawaran menarik dengan informasi yang tercantum pada Instagram @rumahjahit.id atau kunjungi marketplace kami! Segera lakukan pembelian grosir toga wisuda terbaik untuk perayaan wisuda istimewa Anda!