Toga Wisuda Politeknik Harapan Bersama 2


Toga Wisuda Politeknik Harapan Bersama 2

 

Toga Wisuda
Toga Wisuda Politeknik Harapan Bersama 2

Profil Kampus POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA :

Politeknik Harapan Bersama atau biasa disingkat Poltek Harber adalah perguruan tinggi swasta yang berkedudukan di Kota Tegal, Jawa Tengah. Perguran tinggi ini telah berdiri sejak tahun 2002 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 128/D/O/2002. Perguruan Tinggi ini berlokasi di kota Tegal tepatnya di Jl. l. Mataram No.9, Pesurungan Lor, Tegal, Jawa Tengah 52147, Indonesia.

Kampus ini merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki sistem pendidikan vokasional yaitu 70% praktek dan 30% teori, sehingga lulusan tersebut dapat langsung terjun ke dunia kerja dan bisa langsung diserap oleh pasar kerja bertujuan agar dapat menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri maupun untuk orang lain.

POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA mempunyai beberapa Program Studi, yaitu meliputi Program Studi D4 Teknik Informatika, Program Studi D3 Teknik Elektro, Program Studi D3 Teknik Mesin, Program Studi D3 Teknik komputer, Program Studi D3 Akuntansi, Program Studi D3 Kebidanan, Program Studi D3 Farmasi.

 

Setelah menempuh pendidikan di perguruan tinggi, hal yang ditunggu-tunggu hampir semua mahasiswa/i adalah wisuda. Bisa dikatakan anda harus berjuang bertahun-tahun dahulu agar bisa memakai toga dengan bangga. Mungkin ini benar, mengingat proses yang tak mudah demi memakai toga. Bentuknya sih biasa saja, tak ada yang spesial. Namun, saat anda memakainya entah kenapa rasa bangga begitu besar. Tapi apa anda tahu fakta-fakta dibalik toga? Kenapa warnanya hitam, topi berbentuk segi lima atau kenapa tali toga dipindah dari kiri ke kanan saat upacara kelulusan? Tak semua paham arti dibalik toga. Saat memakainya saja kamu merasa senang bukan main, arti dibalik toga sudah tak penting lagi. Padahal kamu harus paham apa artinya agar saat memakainya pun kamu tahu apa yang harus kamu lakukan setelahnya. Yuk cari tahu disini apa arti dibalik toga.

 

  1. Warna hitamnya yang berati kegelapan

Toga identik dengan warna hitam, semua tahu itu. Tapi apa anda tahu apa arti dibalik warna hitam? Selain melambangkan keagungan, warna hitam mempunyai kesan misterius dan juga gelap yang jelas. Nah warna hitam pada toga yang berati misteri dan kegelapan ini yang harus dikalahkan oleh seorang sarjana yang memakainya. Dengan menggunakan ilmu pengetahuan yang selama ini didapatkan selama masa kuliah, seorang sarjana diharapkan dapat menyibak kegelapan.

2. Topi persegi yang artinya sudut pandang

Apakah pernah ada yang penasaran kenapa topi toga berbentuk persegi? Ternyata, sudut-sudut pada topi ini dimaksudkan agar mahasiswa atau mahasiswi yang telah lulus dituntut untuk berpikir secara rasional. Tak hanya itu, topi toga juga berarti seorang sarjana haruslah memandang sesuatu dari berbagai sudut pandang, tak hanya satu saja. Jangan sampai setelah menjadi sarjana tapi pikiranmu masih saja sempit.

3. Pemindahan tali toga

Pada saat puncak upacara wisuda, sarjana dipanggil satu persatu untuk maju kedepan kemudian tali pada topi toga akan dipindah oleh rektor dari kiri ke kanan. Mungkin ada yang bertanya-tanya apa maksudnya? Tali pada topi toga diibaratkan sebagai otak. Awalnya diletakkan di sebelah kiri karena pada saat kuliah, mahasiswa menggunakan otak kiri yang berhubungan dengan bahasa dan juga hapalan. Saat wisuda, tali dipindah ke kanan dengan harapan sarjana lebih menggunakan otak kanan yang berhubungan dengan daya imajinasi, kreativitas dan juga inovasi. Hal ini berhubungan dengan pekerjaan yang akan dipilih setelah wisuda.

Seorang sarjana, diharapkan bisa membuka lapangan pekerjaan untuk diri mereka sendiri dan orang lain dengan bekal kreativitas, imajinasi da juga inovasi. Tidak hanya menggunakan otak kiri saja yang pada dasarnya hanya mengandalkan bekerja pada orang lain. Selain itu tali toga juga sebagai simbol pita pembatas buku. Saat dipindahkan artinya seorang sarjana terus membuka lembaran buku. Ini diartikan sebagai seorang sarjana hendaknya terus belajar dan menambah wawasan walaupun sudah lulus dan wisuda sehingga ilmunya tidak stagnan.

 

Ingin memiliki Toga Wisuda dan Jas Almamater impian Anda ? Segera order di Rumahjahit.com karena kami spesialis seragam kampus.. hubungi CS Rumahjahit.com:

No Telepon : 021 2273 0648
Fax : 021 7355 533
Whatsapp : 087782888730
Facebook https://www.facebook.com/Rumahjahit.page
YM : CS_rumahjahit1
Email : Nisa.rumahjahit@gmail.com
Website www.rumahjahit.com

 

 

 

Tunggu apalagi segera Miliki Toga wisuda serta Jas Almamater Anda dan terima kasih sudah berkunjung ke website kami.. Atau bisa dateng ke tempat kami : Jalan Ceger Raya No. 120 samping SDIP Baitul Maal, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Terimakasih telah berkunjung ke website kami, semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda guna untuk pemahaman serta tambahan wawasan, pengetahuan dan referensi anda yang berminat dalam melakukan pembuatan Toga Wisuda.

 




Tinggalkan Balasan