Toga Wisuda Mulai dari Makna Filosofi hingga Konveksi


Toga Wisuda Mulai dari Makna Filosofi hingga Konveksi

Konveksi Toga Wisuda
Toga Wisuda Mulai dari Makna Filosofi hingga Konveksi

 

Menjadi salah satu bagian dari prosesi wisuda tentunya menjadi kebanggan tersendiri, sehingga baju wisuda pun harus digarap dengan jasa konveksi toga wisuda yang tepat. Hal ini dikarenakan prosesi dari wisuda menjadi salah satu ciri seseorang teah sukses menempuh pendidikannya untuk mendapatkan strata 1 atau yang juga dikenal dengan S1. Bukan hanya kebanggaan diri sendiri, tetapi juga untuk orang tua, keluarga dan orang-orang sekitar.

 

Makna Filosofi dibalik Pakaian dan Topi Toga Untuk Wisuda

Konveksi Toga Wisuda

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya jika pakaian toga memiliki filosofi tersendiri yang menjadikannya pakaian untuk para mahasiswa dalam mendapatkan gelar setelah lulus atau selesai mengikuti pelajarannya. Bahkan, bisa dibilang makna filosofi dari baju ini sangat kental, khususnya warna hitam yang mengiringinya. Ada alasan dibalik mengapa pakaian toga untuk wisuda menggunakan warna hitam yang identik dengan hal misterius dan juga gelap, bukan warna putih dengan makna sebaliknya.

Warna hitam gelap pakaian toga merupakan simbolisasi dari misteri dan juga kegelapan yang bisa dikatakan telah berhasil dikalahkan oleh para sarjana saat mereka menempuh dan menimba ilmu serta pendidikan selama kuliah. Bukan hanya itu saja, para sarjana juga diharapkan agar mampu menyibakkan kegelapan (ketidaktahuan) dengan ilmu pengetahuan yang selama ini didapatkan selama proses belajar semasa kuliah.

Selain itu, meskipun warna hitam diidentikan dengan misterius dan juga kegelapan, namun sebenarnya warna hitam juga lambang dari keagungan. Oleh karena itu, bukan hanya digunakan oleh para sarjana saja, tetapi beberapa pemuka agama hingga jaksa atau hakim juga memakai warna hitam pada jubahnya.

Bukan hanya dari jubah atau pakaian toga serta warnanya saja yang memiliki filosofi yang dalam, tetapi makna filosofi juga ada pada topi toga yang juga dikenakan oleh para wisudawan maupun wisudawati. Khususnya arti filosofis yang ada yang dari bentuk persegi pada topi toga tersebut. Sudut-sudut dari persegi yang membentuk topi toga merupakan simbol bahwa seorang yang telah sarjana harus memiliki pemikiran yang lebih rasional. Bahkan memang dituntut untuk memilikinya, selain itu juga harus bisa memandang segala sesuatu hal dengan bijak di ana dari berbagai sudut pandang yang ada.

Selebihnya, saat prosesi seremonialnya kuncir tali yang ada pada topi toga dipindahkan dari bagian kiri ke bagian kanan. Simbolis tersebut memiliki arti saat masa sedang kuliah di mana otak kiri lebih banyak digunakan, maka setelah lulus diharapkan untuk seimbang dalam menggunakan otak kanan maupun juga kiri. Dengan kata lain, seorang sarjana bukan hanya sebatas menggunakan otak kiri saja yang identik dengan hard skills, tetapi juga harus bisa menggunakan otak kanan yang identik hubungannya dengan penggunaan aspek kreativitas, inovasi, imajinasi maupun juga aspek dari soft skills lainnya.

 

Ketahui Perlengkapan Saat Wisuda Untuk Melengkapi Pakaian Toga

Konveksi Toga Wisuda

Harus diketahui jika perlengkapan wisuda bukan hanya sekedar baju atau jubah toga dan juga topi wisuda saja. Tetapi juga ada beberapa perlengkapan lainnya untuk melengkapi prosesi wisuda, seperti halnya sleber, tabung, Gordon, Samir dan juga map yang harus diketahui khususnya untuk perlengkapan atribut tersebut. Meskipun demikian, seringkali ini juga sesuai dengan yang telah ditentukan oleh setiap universitas pada umumnya.

Biasanya, baju toga memang terpisah dengan perlengkapan wisuda, akan tetapi pihak universitas juga seringkali memberikan kemudahan dengan mengkolektifkan perlengkapan tersebut sehingga mahasiswa hanya tinggal membayar biayanya saja. Baju toga yang memiliki bentuk berupa jubah panjang yang menutup semua badan hingga ke lutut dan menutupi lengan dengan atribut dari universitas sebagai identitas.

Setiap perlengkapan juga memiliki istilah dan nama yang berbeda dengan karakteristik dari bahan yang digunakan juga beragam jenis. Untuk mengetahuinya sebelum menentukan konveksi, berikut ini hal-hal yang berkaitan dengan bahan-bahan yang digunakan oleh setiap perlengkapan dari pakaian wisuda, yaitu;

Baju toga wisuda; yang banyak dibahas di atas merupakan pakaian yang berupa sehelai kain dengan panjang sekitar kurang lebih enam meter atau dua puluh kaki yang menutupi seluruh tubuh hingga lutut. Umumnya dipakai setelah mengenakan pakaian formal yang telah ditentukan oleh pihak universitas. Baju toga memiliki ukuran yang longgar, tidak heran dikenal sebagai jubah. Adapun bahan yang digunakan yaitu kain saten, kain tessa, kain bestway dan juga kain garbadine.

Sleber; atau dikenal juga dengan kerah wisuda merupakan sejenis kain yang melingkar pada bagian dada sehingga menutupi bagian dada depan, pundak, hingga bagian belakangnya. Jenis yang digunakan umumnya saten, beludru ataupun kombinasi dari ke dua bahan tersebut.

Samir; slayer; atau dikenal juga dengan tali atau kalung wisuda digunakan untuk menggantungkan Gordon pada baju toga saat sedang wisuda. Jenis atau bahan kain dari perlengkapan ini biasanya beluduru, saten dan juga kombinasi dari keduanya seperti halnya untuk sleber.

Medali atau liontin; atau disebut juga dengan Gordon wisuda umumnya dibuat dengan bahan dari logam dengan bentuk pipih dan lingkaran atau segi lima atau bentuk lainnya sesuai dengan logo dari universitas maupun juga sekolah. Perlengkapan ini dilekatkan pada Samir sehingga menjadi kalung wisuda. Baik itu kuningan maupun juga resin digunakan untuk Gordon atau medali wisuda ini.

Topi wisuda; yang merupakan penutup untuk kepala dengan bentuk persegi lima dan pada bagian tengahnya terdapat tali dengan bahan kain rumbai. Adapun lubang untuk masuk di kepala atau dipakaikan di kepala memiliki bentuk bundar. Topi ini tentunya hanya digunakan saat sedang acara wisuda dengan bahan beludru maupun juga bahan matador.

Map wisuda; yang akan didapatkan setelah pemindahan tali pada topi biasanya. Adapun map wisuda merupakan sejenis kertas dengan bentuk persegi panjang dengan fungsinya untuk menyimpan ijazah atau dokumen lainnya dengan logo universitas pada bagian sampulnya.

Tabu wisuda; selain dengan map wisuda, juga terdapat jenis wadah bulat dengan penutupnya untuk menyimpan ijazah dengan cara digulung dan dibuat saat acara wisuda. Biasanya berbahan karton namun dilapisi dnegan kain beludru.

Itulah beberapa perlengkapan dari wisuda yang berkaitan dengan bahan-bahan kain, sehingga berkaitan juga dengan konveksi yang menyediakan jasa untuk membuat perlengkapan tersebut khususnya baju toga wisuda.

 

Kenali Jenis Konveksi Khususnya Penyedia Jasa Membuat Baju Toga

Konveksi Toga Wisuda

Konveksi sendiri khususnya dalam dunia industri pakaian merupakan tempat untuk proses dalam memproduksi pakaian, mulai dari kaos, jaket hingga pakaian toga atau lainnya yang bermanfaat bagi manusia. Khususnya yang berkaitan dengan bahan menggunakan tekstil atau kain. Konveksi juga memiliki skala dengan rata-rata di bawah sekitar 10 ribu setiap bulannya, sedangkan untuk garmen memiliki skala lebih dari itu.

Akan tetapi, saat ini banyak konveksi yang juga bisa memproduksi lebih dari satu juta pakaian setiap bulannya. Namun biasanya tidak membuat konveksi berubah menjadi garmen. Umumnya, konveksi lebih dilakukan di industri rumahan dengan skala kecil dan juga bisa dilakukan sendiri ataupun beberapa orang untuk memproduksi pakaian.

Bisnis konveksi saat ini juga menjadi bisnis yang populer khususnya di kalangan masyarakat di Indonesia. hal ini dikarenakan bisnis konveksi banyak tersebar hampir di berbagai daerah. hal ini dikarenakan produk yang dihasilkan oleh konveksi merupakan pakaian umum maupun juga khusus yang dibutuhkan. Salah satunya konveksi baju toga untuk wisuda tentunya dibutuhkan dalam waktu tertentu dengan jumlah yang tidak sedikit.

Namun pastikan konveksi yang diandalkan memiliki kualitas yang baik. Terlebih lagi, baju toga yang sekalipun hanya digunakan saat sedang acara wisuda saja, tetapi tetap memiliki momen dan juga kesan yang penting yang tidak boleh terlupakan. Oleh karena itu, sudah seharusnya dijahit dan dibuat dengan memiliki kualitas yang baik oleh ahli di bidangnya.

Banyaknya konveksi yang bertebaran tentunya memiliki kesulitan tersendiri untuk menentukan jasa konveksi mana yang akan diambil. Jangan sampai hasil yang diberikan mengecewakan karena kualitasnya yang buruk atau pihak konveksi yang tidak bertanggungjawab sehingga merugikan pemesan atau pihak konsumen. Adapun ciri-ciri dari konveksi yang memiliki kualitas dan juga terpercaya di antaranya yaitu;

Konveksi dengan kredibilitas yang tinggi akan memberikan hasil dan juga berupaya agar tidak sampai mengecewakan pelanggannya. Sehingga mereka tidak ragu untuk membuat ketentuan atau perjanjian saat proses pemesanan. Sehingga bisa dengan cermat dalam mendengarkan keluhan pelanggan jika nantinya terjadi hal yang tidak di inginkan.

Baik hasilnya maupun juga biayanya yang sesuai dengan kualitasnya. Dengan kata lain, harga yang ditawarkan sesuai dengan hasilnya. Misalnya saja semakin tinggi harga yang ditawarkan, maka akan semakin baik juga kualitas dari hasil pakaian toga yang dihasilkan misalnya. Akan tetapi beberapa konveksi juga tidak seperti itu. Mereka seringkali memberikan harga yang sangat terjangkau namun tetap memiliki kualitas yang baik.

Ketahui bahan yang digunakan, dan pastikan untuk mendapatkan informasi jika sewaktu-waktu bahan yang ditawarkan awalnya terjadi perubahan. Konveksi yang baik tentunya akan memberikan atau menginformasikan segala kemungkinan yang bisa terjadi di tengah proses pembuatan pakaian toga tersebut. Jangan sampai hasil yang didapat tidak sesuai dengan perjanjian sebelumnya karena bahan yang telah jadi justru berbeda dengan yang telah ditentukan saat pemesanan misalnya.

Kualitas dari jahitan juga menjadi bagian penting yang harus diketahui sebelum menentukan tempat konveksi pakaian toga. Biasanya konveksi yang telah ahli dan sering mengambil proyek untuk membuat baju toga tahu dengan tepat dalam pembuatan baju toga yang baik. Selain itu, kualitas jahitan mereka juga akan dipamerkan melalui karya mereka sebelumnya pada pelanggan baru. Sehingga lebih meyakinkan.

Itulah seputar baju toga wisuda sekaligus juga konveksi toga wisuda, jangan lupa untuk mengetahui testimoni dari para pelanggan sebelumnya saat memiliki sebuah konveksi.

 

Menemukan Konveksi Yang Memiliki Kualitas Untuk Membuat Toga Wisuda

Konveksi Toga Wisuda

Menemukan jasa konveksi saat ini memang seringkali di rasa sulit karena banyaknya jasa konveksi yang bertebaran. Namun hal yang pasti untuk menentukan jasa konveksi untuk membuat baju toga wisuda yaitu jangan ragu memilih mereka yang telah dikenal secara luas. Hal ini dikarenakan sudah banyak yang menikmati hasil dan kualitas dari jahitannya sehingga testimoni positif pun banyak ditemukan.

Khususnya secara online, sangat mudah menemukan tempat atau konveksi untuk membuat baju toga yang berkualitas yaitu seperti rumahjahit.com di mana memberikan pelayanan untuk kepuasan konsumen. Baik dari segi hasilnya maupun juga proses yang tepat waktu hingga biaya yang terjangkau dan sesuai dengan kualitasnya.

Bukan hanya untuk pembuatan baju toga saja, tetapi juga untuk beragam jenis pakaian hingga seragam formal perusahaan sudah pernah digarap oleh rumahjahit.com dengan hasil yang memuaskan. Adapun keunggulan yang dimiliki oleh rumahjahit.com yaitu;

Legalitas; di mana perusahaan yang bergerak di bidang konveksi ini sudah berpengalaman hingga lebih dari 9 tahun lamanya. Oleh karena itu tidak diragukan lagi legalitasnnya karena lamanya perusahaan merupakan bukti akan eksistensi dan kredibilitasnnya di konsumen.

Kemampuan produksi; di mana bisa menerima produksi dengan jumlah yang besar. Sehingga baju toga yang dibutuhkan oleh ratusan hingga ribuan mahasiswa tentunya akan terpenuhi.

Tepat waktu; sesuai dengan yang telah disepakati sebelumnya untuk jangka waktu yang telah ditentukan. Sehingga tidak perlu khawatir adanya keterlambatan atau sebagainya karena memiliki tenaga kerja yang ahli.

Mengerjakan beragam jenis pakaian dinas; mulai dari Pakaian Dinas Harian atau PDH, Pakaian Dinas Lapangan atau PDL, dengan model yang pas sehingga tidak usah takut terlalu kecil atau terlalu besar. Baik itu midel fitting atau ukuran badan maupun juga model sizing atau ukuran standar-nya.

SDM yang profesional; atau Sumber Daya Manusia seperti desainer, tukang potong hingga tukang jahit yang telah memiliki sertifikat dan juga ahli atau spesialisasi di bidangnya masing-masing. Sehingga menghasilkan kualitas yang baik.

Fokus kualitas; khususnya kualitas untuk setiap prosesnya sehingga mendapatkan hasil yang baik.

Memiliki garansi; khususnya dalam segi kualitas dari hasilnya yang bergaransi dan juga ketepatan waktu dalam melakukan produksi.

 

Alasan Yang Tepat Memilih Rumahjahit.com

Konveksi Toga Wisuda

Selain pada soal pelayanannya, alasan lainnya yang paling tepat mengapa memilih rumahjahit.com yaitu beragam jenis fasilitas sehingga mudah untuk para konsumennya. Berikut di antaranya yaitu;

Mudah order; seiring dengan perkembangan teknologi, rumahjahit.com juga memberikan kemudahan untuk konsumennya yaitu mudah melakukan order yang bukan hanya datang ke kantornya secara langsung, tetapi juga bisa melalui email, WA, BBM, dan komunikasi lainnya.

Tim profesional; di sini, semua pegawai memiliki profesionalitas dalam kerja dan telah berpengalaman di bidangnya.

Kapasitas produksi; karena memiliki dukungan dari mitra produksi yang telah tersebar di kota-kota besar, mulai dari Jakarta, Tangerang hingga Bandung tanpa memiliki perbedaan kualitas dari hasilnya.

Pengalaman panjang; di mana pengalaman selama 9 tahun tersebut di antaranya produksi kebutuhan baju toga dari kampus nasional maupun juga secara multinasional.

Kualitas control; khususnya dalam pembelian bahan baku atau bahan mentah seperti kain, membuat pola, cutting atau pemotongan, sablon atau border, proses saat menjahit hingga menuju tahap finishing.

Teknologi modern; yang berkaitan dengan mesin border berkualitas sehingga hasil yang didapatkan pun memiliki kualitas yang rapi dan juga bagus.

Hasil sesuai pesanan; di mana adanya jaminan dari bahan yang sesuai dengan pemesanan sebelumnya, termasuk dalam menjamin kesepakatan untuk jangka waktu sehingga tepat waktu sesuai saat pemesanan.

Gratis ongkir; khususnya untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Tentunya ini menjadi nilai plus dalam memilih rumahjahit.com

Itulah kelebihan dari konveksi toga wisuda rumahjahit.com di mana banyaknya keuntungan serta alasan untuk mendapatkan hasil yang berkualitas.

 

 

Terimakasih telah berkunjung ke website kami, semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda guna untuk pemahaman serta tambahan wawasan, pengetahuan dan referensi anda yang berminat dalam melakukan pembuatan Toga Wisuda.




Tinggalkan Balasan