Tips Memilih Konveksi Toga Wisuda Dan Mengenal Manfaat Menggunakan Jasa Konveksi


Tips Memilih Konveksi Toga Wisuda Dan Mengenal Manfaat Menggunakan Jasa Konveksi

Konveksi Toga Wisuda
Tips Memilih Konveksi Toga Wisuda Dan Mengenal Manfaat Menggunakan Jasa Konveksi

 

Saat ini jumlah wisudawan dan wisudawati setiap tahun semakin meningkat. Hal tersebut membuat pihak kampus atau universitas terkadang kerepotan dalam hal penyediaan toga wisuda. Meningkatnya jumlah peserta wisuda  akhirnya mengharuskan pihak kampus untuk memilih konveksi toga wisuda sebagai jasa pembuat toga secara besar. Namun terkadang pihak management kampus juga masih bingung untuk mencari konveksi mana yang tepat untuk dijadikan jasa pembuat toga untuk kampus mereka. Nanti kita akan bahas tentang tips memilih konveksi toga wisuda yang cocok, serta pengenalan terhadap bahan kain pembuat toga apa yang tepat digunakan. Namun sebelum sampai disitu kita bahas terlebih dahulu tentang toga wisuda dan kegunaannya.

 

Toga wisuda dan sejarahnya

Konveksi Toga Wisuda

Toga wisuda merupakan suatu pakaian resmi dan  sakral yang menjadi kebanggaan setiap peserta wisuda ketika memakainya. Pada umumnya toga wisuda didominasi dengan warna hitam. Dari segi historisnya, Toga pada awal keberadaannya sebenarnya berasal dari sebuah jubah yang dipakai oleh bangsa Italia, pada tahun 1200 Sm.  Jubah yang dipakai pada saat itu mulainya berukuran enam meter, serta menggunakannya dengan cara melilitkan kain ke bagian tubuh. Namun perkembangkan jubah tersebut malah berkembang pesat pada masa Romawi. Pada bangsa Romawi toga dikenalkan sejak masa kepemimpinan raja Numapomposilius, dan dijadikan pakaian resmi dan terhormat. Seiring dengan perkembangan zaman, Toga wisuda saat ini gunakan untuk acara penambatan gelar pada suatu universitas di seluruh dunia.

 

Filosofi toga wisuda

Konveksi Toga Wisuda

Toga mempunyai filosofi yang cukup unik.  Misalnya saja pada warnanya yang dominan hitam. Pemilihan warna hitam pada toga merupakan suatu simbol misteri dari kegelapan yang akhirnya terpecahkan dengan keberhasilan mendapatkan gelar sarjana. Selain itu warna hitam memberikan arti sebuah keagungan dan kenetralan. Hal ini bisa dilihat juga dengan hakim dan para pemuka agama yang terkadang menggunakan seragam hitam untuk dipakai. Selain warna pada toga, bentuk topi yang persegi juga memberikan arti pada saat memakainya. Setiap sudut pada persegi di topi toga memberikan filosofi agar setiap wisudawan bisa berfikir lebih luas dari berbagai sudut pandang.

 

Tips memilih konveksi toga wisuda

Konveksi Toga Wisuda

Demi mendapatkan toga wisuda yang mempunyai kualitas yang baik dan maximal penting rasanya untuk Anda mengetahui tips memilih konveksi toga wisuda. Tips ini penting diketahui agar nanti Anda mendapatkan hasil yang baik dari pembuatan toganya. Berikut tipsnya yang bisa Anda jadikan acuan untuk memilih konveksi mana yang tepat untuk kampus Anda.

  1. Cari informasi yang akurat tentang konveksi toga wisuda yang ingin Anda tuju

Seperti halnya memilih penjahit yang cocok, dalam hal memilih konveksi toga wisuda juga perlu dan penting kita lakukan. Untuk hal ini Anda direkomendasikan untuk mencari saran ke teman yang sudah pernah menggunakan jasa konveksi toga wisuda, atau Anda bisa serching di internet. Selain hal tersebut, sebaiknya Anda juga mencari tahu track record dari jasa konveksi pembuat toga wisuda tersebut. Bisa dilihat dari kampus mana saja yang pernah memakai jasanya.

  1. Persiapkan dengan detail desain toga yang diinginkan

Untuk menghindari kesalahan pada saat proses pembuatan toga, sebaiknya Anda mempersiapkan dengan benar desainnya. Misalnya saja pada setiap fakultas di universitas biasanya memiliki salah satu bagian warna yang berbeda. Hal ini penting dilakukan, karena toga merupakan sebuah simbol, salah satunya simbol yang mengenalkan dari kampus dan fakultas mana wisudawan itu berasal.

  1. Survey harga

Harga merupakan salah satu elemen penting yang harus Anda ketahui dan Anda tanyakan kepada pihak konveksi. Anda tidak perlu segan menanyakan harga kepada pihak penyedia jasa konveksi toga wisuda. Disarankan agar Anda memilih konveksi dengan harga yang realitis dan masuk akal, selain itu sesuaikan juga dengan dengan budget yang dianggarkan oleh pihak kampus.

  1. Ketepatan, kecepatan dari hasil produksi

Selain hasil yang memuaskan, ketepatan dan kecepatan hasil produksi merupakan unsur yang penting untuk memilih konveksi toga wisuda.  Biasanya sebuah kampus membuat toga wisudanya secara banyak dan menuntut dikerjakan dalam waktu yang cepat. Untuk hal ini sebaiknya Anda melakukan  pertemuan dan kesepakatan dalam hal waktu proses pembuatannya.

  1. Kunjungi tempat konveksi toga wisuda

Demi menghindari hal diluar expetasi Anda, sebaiknya Anda melakukan kunjungan atau melakukan survey langsung ke tempat jasa konveksi toga wisuda. Disini Anda bisa meilihat cara kerja konveksi tersebut. Dari segi kerapihan, dan lain-lain. Selain itu, yang  harus Anda perhatikan adalah tentang proses pengerjaan toga tersebut, apakah bisa dilakukan dengan baik atau tidak. Beberapa aspek yang penting Anda lihat juga seperti kebersihan, kerapihan, hingga kekuatan pada jahitannya.

Selain tips memilih jasa konveksi toga wisuda, ada hal lain lagi yang patut Anda ketahui, yaitu tentang bahan dari toga wisuda. Bahan merupakan unsur yang penting dalam pembuatan toga wisuda, karena bahan sangat mempengaruhi kualitas dari toga itu sendiri.  Berikut kita bahas bahan dari toga wisuda yang penting Anda ketahui.

 

Bahan toga wisuda

Konveksi Toga Wisuda

Toga  yang biasanya dipakai pada umumnya berbentuk pakaian yang menjulur panjang ke bawah dan memiliki bahan yang cukup kuat dan tahan lama. Ada beberapa bahan yang biasanya dipakai konveksi toga wisuda dalam proses pembuatan toga wisuda, seperti, bestway, satin, tessa hingga beludru. Berikut ulasan dari bahan-bahan tersebut yang penting Anda ketahui.

  1. Satin

Kain satin merupakan kain dengan jenis bahan yang mempunyai ciri-ciri yang khas pada bagian permukaan kainnya. Kain satin jika dilihat seperti mengkilat dan jika disentuh akan sedikit licin pada kainnya. Bahan satin memiliki tekstur yang sebenarnya hampir mirip dengan kain sutra. Yang membedakannya hanya seratnya saja. Kain satin yang bersifat lembut akan cenderung memberikan efek lembut pada kulit ketika dipakai. Selain itu kain ini juga tidak panas ketika dipakai pada acara wisuda yang memilki jumlah peserta yang banyak dalam satu ruangan. Hal lain lagi yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih kain satin sebagai bahan toga wisuda adalah kain satin akan terlihat lebih mewah dan elegen jika dipakai, selain itu harganya juga relatif terjangkau. Pada proses pengelolaanya menjadi toga juga relatif lebih mudah dari pada bahan yang lainnya.

  1. Bludru

Bludru sendiri merupakan jenis kain tenun tafting atau berumbai. Kain bludru biasa disebut juga dengan bahan kain velvet. Kain ini mempunyai tekstur yang tak kalah dari kain satin dan sutra. Tektur pada kain ini memberi kesan halus dan rata serta memberikan dampak mengkilau pada saat kita melihatnya. Kain bludru sendiri sebenanya perpaduan dari sutra dan nylon.  Hal inilah yang membuat kain ini memberikan  efek seperti timbulnya tumpukkan bulu halus pada serat kainnya. Kain berbahan bludru biasa sering dijadikan toga wisuda, namun lebih sering dipakai untuk tamu-tamu kehormatan pada saat widusa, seperti Rektor dan Dekan. Dari segi harga, tentu saja harga lebih mahal dari pada bahan satin dan ketebalannya juga lebih tebal dari pada bahan lainnya.

  1. Bestway

Kain bestway merupakan kain yang dibuat dengan metode tenun khusus dengan menggunakan inovasi yang disebut textilone pada mesin airjet.  Kain bestway dikenal juga dengan sebutan new best way airmaxx. Kain ini banyak dimanfaatkan oleh perancang busana untuk membuat pakain-pakain formal, salah satunya toga wisuda. Pada kain bestway mempunyai tekstur bahan yang  dingin  serta lembut. Adanya tekstur dingin dan lembut di dalamnya membuat bahan ini ringan dan nyaman dipakai. Bagi kalangan anak muda, bahan kain bestway terlihat cukup trendy dan kekinian sehingga banyak diminati oleh kalangan anak muda. Bagi yang tidak suka panas-panasan pada saat wisuda, pemilihan kain bestway bisa dijadikan bahan kain yang tepat untuk Anda.

  1. Tessa

Kain tessa adalah jenis kain yang mempunyai karakteristik kain yang berat dan halus. Kainnya yang mempunyai tekstur tebal membuat kain ini tidak mudah kusut ketika dipakai. Kain tessa juga banyak dijadikan bahan untuk membuat toga wisuda oleh banyak kampus.

Selain mengetahui bahan kain untuk pembuatan toga wisuda pada konveksi toga wisuda, kita juga harus menyiapkan model toga wisuda seperti apa yang ingin kita pesan. Berikut kita akan bahan tips untuk memesan model toga wisuda untuk Anda.

 

Tips memesan toga wisuda di konveksi

Konveksi Toga Wisuda

Memesan toga secara banyak juga mempunyai beberapa tips. Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam melakukan pemesanan toga wisuda di konveksi. Berikut tips memesan toga wisuda di konveksi yang patut Anda ketahui.

  1. Pilih  model yang sesuai dengan identitas fakultas atau kampus

Untuk pembuatan toga wisuda sebaiknya dilakuakn dengan model yang sederhana saja. Karena pada dasar untuk kebanyakan toga wisuda dibuat sederhana dengan bagian kerah yang berwarna. Warna baiknya disesuaikan dengan lambang dari fakultas dan universitas yang sudah ditentukan. Selain itu untuk mensiasati agar toga wisuda tidak terlihat monoton, sebaiknya gunakan kain yang licin dan sedikit mengkilap.

  1. Memiliki arti

Pada setiap kampusnya yang akan membuat toga wisudanya sebaiknya dibuat dengan memilki arti dan konsep. Hal ini penting dilakukan karena akan menunjukkkan serta memperkuat makna dari toga wisuda itu sendiri.

  1. Pesan dengan bahan yang dingin

Untuk pemilihan bahan wisuda sebaiknya dipilih dengan bahan kain yang dingin. Perlu diketahui pada saat wisuda ribuan peserta biasanya akan diletakkan pada suatu ruangan. Padatnya ruangan tersebut membuat keadaan menjadi gerah dan rentan berkeringat. Hal ini bisa Anda siasati dengan penggunaan bahan kain toga wisuda yang ringan dan dingin. Anda bisa meminta untuk penggunaan bahan kain dingin pada konveksi toga wisuda Anda.

  1. Pesan untuk ukuran kebanyakan

Untuk pembuatan toga wisuda pada konveksi sebaiknya Anda menggunakan ukuran kebanyakan atau memesan ukuran all size. Sebaiknya juga Anda tidak memesan ukuran S terlalu banyak. Anda bisa memesan banyak ukuran M atau L dalam pemesanan  toga wisuda pada jasa konveksi.

  1. Sesuaikan dengan budget

Harga merupakan hal penting sebelum melakukan pemesanan. Sebaiknya Anda pilih bahan yang sesuai dengan budget Anda. Untuk rekomendasi, Anda bisa menggunakan bahan satin sebagai  pilihannya, selain lebih ringan dan dingin, bahan satin juga relatif lebih murah dan terjangkau.

  1. Minta contoh

Pembuatan dan pemesanan toga wisuda biasanya dilakukan dengan jumlah yang banyak. Sebaiknya Anda meminta contoh terhadap toga yang ingin Anda pesan. Hal ini penting agar terhindar dari kesalapahaman dalam proses pembuatan nantinya.

Melakukan pemesanan toga pada konveksi wisuda memberikan manfaat yang baik untuk Anda. Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan ketika Anda memesannya. Berikut manfaat dan keunggulan memesan toga wisuda di konveksi toga wisuda.

 

Manfaat dan keunggulan memesan toga wisuda di konveksi

Konveksi Toga Wisuda

  1. Proses pembuatannya cepat

Pada konveksi biasanya memiliki jumlah pegawai yang cukup banyak. hal inilah yang membuat proses produksi toga wisuda bisa dilakukan dengan cepat. Bahkan sumber daya manusia yang ada di konveksi tergolong cukup terampil dalam proses pembuatan toga wisuda.

  1. Bisa melakukan konsultasi sebelum pemesanan

Tidak jarang Anda masih bingung ingin dibuat seperti apa toga wisuda Anda. Namun jika Anda menggunakan jasa konveksi toga wisuda, Anda bisa bertanya-tanya serta berkonsultasi terkait desain, warna dan bentuk yang Anda inginkan.

  1. Garansi untuk produk yang rusak serta cacat

Jasa konveksi juga memberikan tanggung jawab terhadap hasil produksinya berupa garansi. Jika toga wisuda yang Anda pesan cacat, Anda bisa meminta ganti terhadap toga wisuda yang cacat tersebut. Hal ini membuat Anda tidak perlu khawatir terkait tanggung jawab dari konveksi.

  1. Menghemat biaya

Jika budget dalam pembuatan toga wisuda pas-pasan, jasa konveksi bisa dijadikan solusinya. Biasanya konveksi toga wisuda menyediakan paket-paket pemesanan untuk jumlah yang banyak, dan tidak jarang konveksi memberikan potongan atau diskon jika kita memesan dalam jumlah yang besar.Dengan hal ini juga kita bisa menyesuaikan dengan budget yang dianggarkan oleh pihak intansi atau kampus.

  1. Bisa dipantau

Dengan menggunakan konveksi dalam pembuatan toga, biasanya jasa konveksi memberikan laporan terkait perkembangan proses pembuatan toga yang Anda pesan. Progres dari proses pembuatan toga akan bisa disampaikan secara bertahap hingga proses finishing.  Hal ini membantu Anda untuk mengetahui kapan toga wisuda Anda selesai dikerjakan.

  1. Kualitas yang terjamin

Walaupun toga wisuda dibuat dalam jumlah yang besar, untuk hal kualitas Anda tidak perlu khawatir. Setiap kualitas bahan dan jahitan pada konveksi toga wisuda  tetap terjaga. Mulai dari kualitas, jahitan, bahan, hingga proses finishing, semua dilakukan dengan baik dan maximal.

  1. Praktis dan mudah dalam melakukan pemesanan

Di era sekarang untuk memesan dan menghubungi konveksi bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan tidak sulit. Dengan kecanggihan teknologi semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Saat ini kebanyakan konveksi toga wisuda menyediakan layanan telpon, whatsapp atau email. Anda juga bisa dengan mudah mencari tahu di internet untuk contact person dari jasa konveksi yang ingin Anda tuju. Selain itu Anda juga bisa menghemat waktu Anda jika Anda memesan melalui jasa konveksi.

Konveksi toga wisuda rumahjahit.com bisa dijadikan solusi yang baik untuk melakukan pemesan toga dengan jumlah yang banyak dan berkualitas. Tips memilih konveksi dan mengetahui manfaat memakai jasa konveksi bisa dijadikan acuan untuk Anda menggunakan jasanya. Selain itu dengan jasa konveksi akan lebih praktis dan mudah dalam proses pemesanan hingga produksinya.

 

 

Terimakasih telah berkunjung ke website kami, semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda guna untuk pemahaman serta tambahan wawasan, pengetahuan dan referensi anda yang berminat dalam melakukan pembuatan Toga Wisuda.




Tinggalkan Balasan