Sejarah Toga & Topi Wisuda Kelulusan

Sejarah Toga & Topi Wisuda Kelulusan

Wisuda identik dengan pakaian toga dan topi wisuda kelulusan, mengenakannya menjadi simbol keberhasilan setelah melewati masa ujian dan berhasil lulus. Rasa bangga memakainya pun sangat terpancar dari wajah pemakainya. Tapi tahukan kamu bagaimana sejarahnya pakaian kelulusan ini? Yuk, kita cari tahu sejarahnya di artikel kali ini.

Sejarah Pakaian Wisuda Toga & Topi Wisuda Kelulusan

Toga merupakan kata yang berasal dari bahasa latin yaitu “tego”, yang artinya adalah “penutup”. Jika kita lihat bentuknya, beberapa memang mengatakannya mirip dengan pakaian yang digunakan oleh bangsa romawi. Tetapi ternyata tidak ada kaitan baju toga dengan bangsa romawi, karena asal mulai toga ini adalah dari pakaian-pakaian yang dikenakan orang Italia.

Dulunya bentuk pakaian toga ini tidak seperti yang kita kenakan sekarang jika wisuda. Bangsa Etruskan yang tinggal di Italia sejak sekitar tahun 1200an SM mengenakannya hanya berbentuk sejenis jubah dan belum seperti saat ini. Hanya sebatas kain yang panjangnya sekitar 6 meter, dimana cara penggunaannya hanya dengan dililitkan pada tubuh pemakainya.

Meskipun pada masa itu pakaian toga terlihat cukup ribet untuk dikenakan, namun ternyata pakaian inilah yang justru dianggap pantas untuk dipakai pada saat seseorang bepergian keluar rumah. Seiring waktu berjalan, pakaian jubah ini pun semakin berkembang di daerah Romawi. Pakaian toga ini memang telah diyakini muncul sejak era numapompilius, yakni pada masa raja roma yang kedua.

Jika pada zaman dulu pakaian toga ini dikenakan pemakainya di luar ruangan, maka saat ini pemakaian toga mulai ditinggalkan terutama untuk busana sehari-hari. Meskipun begitu, pakaian ini bukan lantas ditinggalkan begitu saja. Karena hanya fungsinya yang saja yang berubah.

Setelah mengalami sedikit modifikasi, toga tidak lagi dijadikan pakaian keluar rumah. Saat ini toga justru menjadi pakaian resmi untuk seremonial, yang salah satunya adalah seremonial wisuda. Sehingga saat ini toga memang menjadi sebutan bagi jubah wisuda atau pakaian yang digunakan oleh wisudawan dan wisudawati.

Filosofi Pakaian Toga & Topi Wisuda Kelulusan

Setelah sedikit membahas mengenai sejarah dan asal-usul pakaian toga ini, sekarang saatnya membahas mengenai filosofinya. Salah satu filosofi dari pakaian ini adalah warna pakaiannya yang identik atau dominan dengan warna hitam. Warna hitam gelap ini ternyata adalah simbolisasi dari misteri dan kegelapan. Dimana pemakainya dianggap telah berhasil mengalahkan kegelapan tersebut.

Wisudawan dan wisudawati mengenakan pakaian ini sebagai tanda keberhasilannya menempuh pendidikan di bangku perkuliahan. Sehingga saat mereka mendapatkan gelar sarjana, mereka diharapkan mampu mengalahkan kegelapan-kegelapan yang ada dengan ilmu pengetahuan yang selama ini di dapatkannya. Warna hitam ini juga melambangkan keagungan, sehingga pakaian jubah ini juga dikenakan oleh hakim di pengadilan.

Selain pada pakaiannya, ternyata filosofi juga terdapat pada topi wisuda kelulusan. Sudut-sudut pada topi toga menjadi simbol adanya harapan bagi seorang sarjana untuk dapat berpikir rasional dan memandang semua hal dari berbagai sudut pandang. Sehingga pengambilan keputusan juga harus ditimbang tidak hanya dari satu sudut saja.

Sedangkan tassel atau tali pada topi wisuda yang dipindahkan posisinya saat prosesi wisuda, masih belum diketahui secara jelas maknanya. Bagi masyarakat barat, prosesi ini memang hanya sebagai bentuk bahwa mahasiswa tersebut kini telah menjadi wisudawan dan wisudawati yang telah diluluskan secara sah dan siap untuk menyongsong tahap kehidupan baru.

Akan tetapi, ada pula pendapat yang mengatakan bahwa pemindahan tassel ke sisi kanan ini memiliki harapan agar wisudawan dan wisudawati dapat menggunakan otak kanannya saat terjun ke masyarakat. Hal ini karena selama mengenyam pendidikan di bangku kuliah, mereka lebih banyak menggunakan otak kirinya. Sehingga saat terjun di dunia yang lebih banyak praktik dari ilmu yang sudah didapatkannya, ia juga harus menggunakan otak kanannya.

Demikian sekilas mengenai sejarah dan arti atau makna dari pakaian toga dan topi wisuda kelulusan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar