Rumah Jahit Yang Menjahit Ekonomi Masyarakat

Rumah Jahit Yang Menjahit Ekonomi Masyarakat  

Rumah Jahit Yang Menjahit Ekonomi Masyarakat  

Ketika seseorang memilih salah satu dari tiga kebutuhan pokok manusia, beberapa diantaranya akan memilih sandang sebagai pilihan utamanya. bukan tanpa alasan, mereka memilihnya karena harga diri dan martabat seorang manusia akan dinilai dari pakaian yang dikenakannya. Jika kita memandang dari kegunaannya, pakaian memang sesuatu yang tidak dapat dihindari karena merupakan sesuatu yang Prestige di seluruh dunia. Bahkan beberapa perusahaan pakaian ternama dunia rela menggelontorkan uang yang besar hanya demi iklan yang mencatut nama pabriknya.

Sebelum menyadari itu, saya pikir pakaian hanya terbuat dari imajinasi seseorang yang sekedar khayalan kemudian digambarkan di kertas. Ternyata tahap demi tahap proses yang dilakukan memerlukan riset yang dalam dan panjang, sehingga hasil pakaian yang dihasilkan pun bisa menyesuaikan dengan tren atau perkembangan zaman.

Pandangan saya tentang pakaian semakin terbuka setelah membaca artikel tentang pertunjukan para model dengan beragam macam busana yang dikenakannya, nama pertunjukannya ialah Haute Couture atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Adibusana.

Pertunjukkan model-model yang berjalan dengan gaya tersebut mengenakkan busana karya perancang dengan jam terbang yang banyak atau dari pabrik pakaian ternama, sehingga hanya pakaian dengan konsep dan inovasi berkualitas saja yang berhak dipertontonkan di Haute Couture tersebut. Dibawah ini saya akan menceritakan bagaimana industri kecil seperti rumah jahit ini terbentuk dan bagaimana bisa menguntungkan, baik dari pelaku rumah jahit maupun dari konsumennya.  

 

Tidak mudah untuk menjadi Penjahit

Ide-ide kreatif sketsa pakaian karya kita sendiri bisa dibuat dengan bantuan jasa jahit yang saat ini sudah menjamur di berbagai pelosok daerah, dengan menyediakan jasa pembuatan pakaian pria (Tailor) ataupun wanita (Modiste) dalam bentuk pabrik atau rumah jahit. Jasa pembuatan tersebut sangat membantu kita dalam pembuatan pakaian untuk berbagai kebutuhan, dari hanya sebagai pakaian keluarga besar, hingga keperluan bisnis pakaian untuk mengisi toko butik (Boutique) kita. Pabrik pakaian atau rumah jahit umumnya akan terlibat dalam desain, pemotongan, dan menjahit kain untuk membuat pakaian. Beberapa produsen adalah kontraktor atau sub-kontraktor, yang biasanya memproduksi pakaian dari bahan yang diproduksi oleh perusahaan lain. Bahan untuk pakaian juga bisa kita sediakan sendiri atau meminta saran dari rumah produksi untuk hasil yang lebih maksimal. Dahulu, Tidak ada pendidikan formal atau sertifikat yang diperlukan untuk membuat sebuah rumah jahit yang besar dan profesional, tapi untuk menuju hal tersebut tidak akan berjalan mudah. Kita memerlukan pemahaman yang luas tentang ilmu menjahit, dikarenakan untuk menjadi profesi penjahit membutuhkan ketekunan dengan memahami berbagai macam pengetahuan, seperti menggambar sketsa, membaca pasar Fashion, hingga menjahit bahan-bahan yang membentuk sebuah pakaian sehingga menjadi kesatuan yang utuh. Dengan luasnya ilmu menjahit tersebut, secara tidak langsung memerlukan “pemisah” yang mungkin bisa memudahkan para penjahit pemula. yaitu Modiste dan Tailor.  

 

Dari Tren menjadi Bisnis

Modiste adalah sebuah rumah jahit yang hanya menyanggupi pekerjaan untuk menjahit pakaian khusus wanita, seperti gaun, rok, dll. Sedangkan rumah jahit khusus pakaian pria disebut sebagai Tailor. Namun sampai pada hari ini, “jurang pemisah” ini lambat laun sudah mulai menghilang, disebabkan karena persaingan bisnis jahit yang semakin ketat dan mengharuskan para pelaku bisnis rumah jahit untuk menjalankan keduanya dalam satu rumah. Sekarang, rumah jahit adalah bisnis yang cukup diminati, bagaimana tidak ? pakaian atau Fashion pada zaman ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan wibawa atau martabat saja seperti yang sudah saya sampaikan di atas, tapi pakaian adalah sebuah identitas, yang berfungsi sebagai alat atau sarana yang menjadikan orang itu berbeda dengan yang lain. Seperti contoh seorang yang mengenakan pakaian bertema warna hitam (dari baju hingga celana), akan dinilai sebagai orang yang menekuni seni dan budaya. Atau seorang bintang hiburan yang mengenakan pakaian khas, kemudian para penggemarnya akan berbondong-bondong untuk mengenakan pakaian yang serupa supaya di cap sebagai penggemar fanatik bintang tersebut. Itu adalah salah satu contoh yang bisa membuat orang lain mengenakan pakaian yang berbeda, dan untuk memfasilitasi keperluan identitas tersebut tentu saja memerlukan jasa rumah jahit. Dengan keuntungan yang menggiurkan tersebut, secara langsung akan memantik pabrik pakaian ternama untuk mengusung label edisi terbatas.  

 

Alternatif Untuk Konsumen Menengah Kebawah

Pabrik pakaian yang hanya menjual beberapa stok ini mengakibatkan beberapa orang untuk merubah sifat menjadi Hedonis. Karena mereka berpikir, semakin terbatas ketersediaan jumlahnya, maka semakin tinggi pula kandungan sejarah dan cerita yang dibawanya, dan mereka menutup mata terhadap harga yang ditawarkan. Hal tersebut menjadi salah satu pengaruh yang kuat untuk seseorang yang berbisnis pakaian yang ditujukan kepada konsumen dengan kondisi finansial yang terbatas, tidak lain dan tidak bukan adalah para pelaku industri rumahan, rumah jahit. Tentu dengan hadirnya rumah jahit, orang-orang akan punya ide tentang pembuatan pakaian dengan desain yang sama dengan pakaian yang mahal, tapi dibuat dengan bahan yang terjangkau. Dengan jumlah pembuatan dalam skala besar, masyarakat dengan kondisi ekonomi yang berkecukupan akan berpendapat bahwa “buat apa beli yang mahal ? lagipula sama saja.” Sehingga terjadilah keseimbangan ekonomi yang menguntungkan antara konsumen dan produsen. Keuntungan ini tidak serta merta dalam aspek keuangan, tapi juga keuntungan batin. Saat ini rumah jahit telah menjadi pabrik pakaian yang terjangkau untuk semua kalangan dan untuk berbagai kebutuhan, baik dalam jumlah satuan maupun puluhan kodi. Ini bisa membantu masyarakat lain untuk membangun usaha sendiri, dengan merk dagang sendiri.  

 

Membuat Merek Dagang Sendiri

Sebagai bentuk fasilitas yang dihasilkan oleh budaya masyarakat, rumah jahit telah memberi pengaruh pada segala sektor di bidang Fashion. Semangat masyarakat yang tumbuh dan menjalar hingga berkeinginan untuk membuat label sendiri. Kendati label atau merek dagang yang mereka usung akan terdengar asing untuk beberapa orang, tapi tujuannya sama, memproduksi pakaian yang bermotif atau mempunyai desain yang mahal namun dengan harga terjangkau. Dari segala proses yang panjang itu lahirlah nama produk Retro (imitasi) atau biasa masyarakat menyebutnya KW. Pakaian jenis ini umumnya menyasar segmentasi pasar seragam sepakbola atau Jersey tapi sudah banyak pula yang menyediakan bentuk pakaian lain seperti Jeans, Kemeja, hingga Topi. Dan biasanya beberapa penjahit yang kreatif menyisipkan desain karyanya ke dalam produk pakaiannya yang kemudian akan menjadi berbeda dan terkesan unik. Dalam pemikiran orang, produk imitasi adalah produk yang tidak punya integritas atau nilai yang terkandung didalamnya. Tapi bagi saya, produk ini adalah salah satu bentuk usaha manusia yang tidak menginginkan manusia lain bersifat Hedonis, dan juga desain unik yang disisipkan para pelaku usaha rumah jahit membuat definisi semangat dalam menciptakan suatu desain. Akhirnya, rumah jahit adalah suatu bentuk usaha yang sangat membantu dalam ekonomi masyarakat. Bukan hanya membantu ekonomi para pelaku usahanya, tapi juga membantu kebutuhan masyarakat dengan ekonomi terbatas.

Jika anda sedang membutuhkan seragam bisa langsung hubungi kontak CS kami di bawah ini :

No Telepon: 021 – 7356891
Fax: 021 – 7355533
Whatsapp0878-7570-95110877-8288-8730 / 0813-1545-6872
Facebookhttps://www.facebook.com/Rumahjahit.page
Email: [email protected]
Websitewww.rumahjahit.com
Instagramhttps://www.instagram.com/rumahjahit.id/

Atau bisa datang ke tempat kami : Jalan Ceger Raya No. 120 samping SDIP Baitul Maal, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Terimakasih telah berkunjung ke website kami, semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda guna untuk pemahaman serta tambahan wawasan, pengetahuan dan referensi anda yang berminat dalam melakukan pembuatan.

Tinggalkan Komentar