Mengenal Seragam Sekolah

Mengenal Seragam Sekolah

Seragam sekolah adalah busana wajib yang dikenakan untuk seseorang bersekolah. Walaupun kini sudah ada juga beberapa sekolah yang tidak mewajibkan siswanya memakai seragam, namun rasanya kurang afdhol dan ada yang kurang ketika kita akan berangkat ke sekolah tanpa memakai seragam.
Seragam Sekolah

Seragam Sekolah

Jenis Seragam Sekolah
Seperti yang kita ketahui pula, setiap seragam sekolah selain melambangkan instansi tempat para siswa mengenyam pendidikan juga terdapat model khusus sesuai tingkatnya. Seperti pada saat jenjang SD kita menggunakan seragam putih sebagai atasan dan warna merah sebagai bawahan, atau pada saat SMP seragam kita berubah menjadi putih biru tua, hingga saat SMA yang identik dengan seragam putih abu-abu. Semua warna itu adalah standar seragam nasional, sehingga setiap sekolah berlabel negeri pastinya mewajibkan seluruh siswanya menggunakan pakaian ini. Pakaian ini juga sering disebut seragam OSIS.
Di luar itu,  sekolah bebas memberikan seragam sesuai identitas sekolahnya. Untuk sekolah-sekolah negeri biasanya seragam identitasnya adalah batik. Juga untuk seragam identitas daerah. Jadi beberapa daerah menerapkan seluruh pelajar di daerah itu pada hari tertentu harus mengenakan seragam sesuai identitas daerahnya.
Ada juga satu jenis seragam lagi yang menjadi agenda wajib dikenakan terutama pada hari Jumat yaitu seragam pramuka. Seragam dengan nuansa cokelat ini selain sebagai seragam sekolah juga sebagai seragam kegiatan ekstrakulikuler kepramukaan yang keanggotaanya wajib bagi setiap siswa di sekolah. Berkaitan dengan itu semua seragam sekolah tidak hanya masalah warna baju dan desain yang sama.
Atribut Seragam Sekolah
Ada berbagai macam aturan yang biasanya diterapkan masing-masing sekolah. Tidak semua sekolah memiliki kebijakan yang persis sama. Biasanya seragam-seragam sekolah akan diberi tambahan atribut seperti dasi, ikat pinggang, dan kaos kaki yang sama. Untuk seragam pramuka biasanya disertai atribut setangan leher, ikat pinggang dan juga topi. Untuk seragam pramuka lengkap biasanya disebut dengan SPL yang merupakan kepanjangan dari Seragam Pramuka Lengkap.

Walaupun masing-masing sekolah memiliki kebijakan yang berbeda-beda  namun di berbagai daerah tetap baik model, cara penggunaan, dan atribut-atribut tetap  bernafaskan sama pada setiap pemakaian dan kedisiplinan seragam sekolah.