Mengenal Lebih Jauh Kain untuk Jubah Wisuda


Mengenal Lebih Jauh Kain untuk Jubah Wisuda

Jubah Wisuda merupakan jenis pakaian yang umumnya digunakan di sekolah atau perguruan tinggi saat upacara kelulusan. Jubah wisuda dan toganya memungkinkan setiap orang setara tanpa ada pembeda dan bisa mempersatukan perbedaan menjadi kekompakan. Lantas kain seperti apa yang cocok dan pas untuk digunakan sebagai bahan pembuatan jubah serta toga wisuda? Berikut ini akan kami sampaikan penjelasannya untuk Anda.

Jubah Wisuda

Jubah Wisuda

 

Apa Itu Kain Drill?
Kain drill biasa digunakan dalam pembuatan jubah wisuda baik itu satuan maupun dalam jumlah besar. Mungkin ada yang sudah tak asing lagi dengan kain drill, ada pula yang baru saja mendengar mengenai kain drill. Kain drill merupakan jenis kain yang dipintal dengan tekstur yang miring maupun model diagonal. Jalinan benang dari kain drill cukup kuat sehingga baik untuk pembuatan jubah wisuda. Kain drill umumnya dibuat dari bahan polyester maupun bahan katun yang mudah menyerap keringat.
Dalam pembuatan kemeja, blus, jaket safari, serta baju olahraga, digunakan kain drill dengan jenis ringan serta tipis. Khusus kain drill dengan ketebalan tertentu dipakai untuk bahan korset serta seragam atau baju kerja bentuk khaki. Kata khaki diserap dari bahasa Hindi yaitu khak yang artinya warna debu, yaitu warna coklat. Kain drill ini cocok untuk pembuatan pakaian karena memang warnanya disesuaikan dengan warna lingkungan sekitar sebagai trik kamuflase. Tidak dapat dipungkiri saat perang dunia kedua, kain ini begitu populer dan laris dipakai untuk seragam militer hingga kini menjadi tren pakaian kasual.
Kategori Kain Drill Berdasarkan Jenis Seratnya
Berdasarkan jenis seratnya, kain drill masih dibagi lagi menjadi beberapa kategori yaitu:
  1. Kain American Drill dengan serat yang ukurannya sedang dengan jenis kain lebih lembut dibandingkan dengan yang lain.
  2. Kain Japan Drill dengan jenis serat yang besar, lebih kuat serta tebal daripada yang lain. Kain ini menjadi paling favorit dengan kandungan katun yang lebih banyak.
  3. Kain Twist Drill dengan jenis serat yang kecil. Sifatnya anti air alias water repellent, biasa dimanfaatkan sebagai jaket almamater yang menggunakan zipper untuk jenis kegiatan outdoor.

Demikian yang bisa kami sampaikan, semoga dapat memberikan banyak manfaat serta pengetahuan mengenai kain yang digunakan dalam pembuatan toga dan jubah wisuda.




Tinggalkan Balasan