Makna yang Terkandung Ketika Mengenakan Toga Wisuda

Makna yang Terkandung Ketika Mengenakan Toga Wisuda

Sebagian dari Anda pasti pernah mengalami rasa penasaran akan makna dari tradisi mengenakan toga wisuda saat kelulusan. Ternyata toga wisuda pun memiliki sejarah asal usulnya yang bisa menghilangkan rasa penasaran Anda.

Sejarah Toga

Toga berasal dari kata Tego yang memiliki makna ‘penutup’ dalam bahasa latin. Toga sendiri terdiri dari sehelai kain yang terbuat dari benang wol dengan panjang sekitar 6 m atau setara 20 kaki yang dililitkan ke sekeliling tubuh. Kain ini biasanya dikenakan oleh pribumi Italia yakni bangsa Etruska sejak tahun 1200 SM dengan bentuk semacam jubah. Namun kain tersebut juga sering dikaitkan dengan pakaian bangsa Romawi di mana para peneliti yakin bahwa toga telah ada sejak zaman Numa Pompilius atau Raja ke-2 Roma.

Seiring dengan perkembangan zaman, toga juga mengalami perubahan dari yang biasanya dikenakan dalam kegiatan sehari-hari pada masa pemerintahan Romawi hingga menjadi pakaian yang dianggap sakral dan busana penting untuk seremonial. Tak hanya itu, modelnya juga berubah menjadi lebih modern yang awalnya hanya berupa sehelai kain menjadi sejenis jubah. Kini toga digunakan untuk perayaan hari kelulusan, naik jabatan dan hal yang terkait dengan menunjukkan jenjang kekuasaan.

Macam-Macam Toga

Dahulu di zaman Romawi sebelum toga wisuda memiliki desain seperti sekarang, ternyata toga terbagi beberapa macam di mana perbedaannya terletak pada penggunaannya.

  1. Toga Virilis

Jenis toga ini merupakan yang sering dikenakan pada acara resmi. Virilis tampak menawan dengan warna putih yang sederhana. Biasanya toga jenis ini sering dikenakan oleh kalangan pria Romawi yang telah berumur 14 hingga 18 tahun di mana dengan umur tersebut pria telah mencapai usia yang legal. Toga ini merupakan salah satu bentuk perayaan ketika mencapai usia dewasa.

  • Toga Candida

Toga ini juga memiliki warna putih yang berasal dari kapur sehingga kesannya mampu menyilaukan yang mengenakannya. Pihak yang pantas menggunakan toga candida adalah para kandidat yang memiliki jabatan publik.

  • Toga Praetexta

Nah, toga ini memiliki desain dengan warna putih dan garis lebar berwarna ungu pada bagian tepinya. Toga ini biasanya dikenakan ketika anak laki-laki lahir merdeka dan belum cukup umur atau akil baligh. Kemudian bisa juga dikenakan oleh seluruh Magistratus Curulis, mantan Magistratus Curulis dan dictator, upacara pemakaman dan festival hingga perayaan lainya. Ada juga sebagian imam yang mengenakan toga ini yakni Flamen Dialis, Tresviri Epulones dan Fratres Arvales.

  • Toga Pulla

Toga pulla memiliki warna gelap yang sering dikenakan ketika sidang kematian berlangsung. Toga ini juga bisa dikenakan ketika seseorang terancam bahaya atau mengalami kekhawatiran berlebih.

  • Toga Picta

Toga berikut ini memiliki warna yang selain hitam dan putih ditambah lagi border dan hiasan. Warna yang dimiliki ungu gelap dengan dilengkapi sulaman dari benang emas. Para jenderal diketahui sebagai orang yang sering mengenakan toga picta dalam parade kemenangan.

Itulah makna yang terkandung ketika mengenakan toga wisuda saat hari kelulusan. Jadi, kapan Anda akan wisuda dan mengenakan toga?

Tinggalkan Komentar