Kenapa sih Wisuda Harus Memakai Toga ?


Kenapa sih Wisuda Harus Memakai Toga ?

Toga identik dengan wisuda  kelulusan seorang mahasiswa/i. Acara seremonial kelulusan mahasiswa/i tentu saja menjadi suatu hal yang membanggakan dalam hidup. Biasanya para mahasiswa/i yang akan di wisuda akan mengenakan jubah yang di sebut dengan toga. Dilengkapi dengan topi sudut yang bertali. Dan tali pada bagian topi sudut itu akan dipindahkan dari kiri ke kanan dan inilahbacara inti pada  prosesi seremonial wisuda.
Toga Wisuda

Toga Wisuda

 

Lantas pernahkah kalian bertanya mengapa dalam prosesi wisuda kita harus menggunakan toga?
Mari kita cari tahu jawabannya lewat ulasan di bawah ini. Toga dulunya atau asal muasalnya sebenarnya adalah pakaian yang sering dipakai bangsa Italia. Awalnya toga ini hanya berupa kain lebar yang dililitkan ke tubuh. Seiring dengan perkembangan jaman dan fashion tentu saja toga semakin berkembang hingga bentuknya seperti sekarang ini seperti yang sering kita lihat pada prosesi wisuda seseorang. Dulu memang memakai toga biasanya hanya untuk para wisudawan wisudawati mahasiswa namun seiring perubahan jaman kini penggunaan toga meluas hingga anak TK pun kelulusannya juga menggunakan toga.
Filosofi Toga
Sebenarnya toga itu adalah lambang. Toga yang identik dengan jubah hitam sebenarnya sarat akan banyak makna. Warna hitam pada jubah dikaitkan dengan kegelapan, kegelapan di sini bisa diandaikan seperti kekosongan akan ilmu pengetahuan. Setelah kita menuntut ilmu kita serasa menyibak kegelapan itu dan mencerahkan pikiran kita dengan ilmu-ilmu yang kita dapatkan dari awal sekolah hingga akhirnya lulus. Makna lain dari warna hitam jubah ini juga agar para lulusan yang dicetak mampu menerangi kegelapan dunia dengan ilmu-ilmu yang mereka kuasai sesuai bidangnya.  Jangan sampai setelah wisuda kita malah justru tidak melakukan apa-apa. Setelah wisuda malah seharusnya langkah awal kalian dalam berkarya dan membuka pikiran selebar-lebarnya untuk memberikan kontribusi kepada dunia. Mungkin kalian juga sering melihat para hakim-hakim di pengadilan atau pemuka-pemuka agama juga mengenakan pakaian seperti toga atau jubah hitam. Hal itu juga sebenarnya memiliki makna, jubah warna hitam juga melambangkan kehormatan dan keagungan.

Demikian artikel dari rumahjahit.com, mengenai filosofi dan mengapa wisuda harus memakai toga.




Tinggalkan Balasan