Jenis Kain Untuk Seragam Kantor

Jenis Kain Untuk Seragam Kantor

Sandang sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi selain pangan dan papan. Sandang atau pakaian sendiri telah mengalami banyak perkembangan, yang dahulunya orang menggunakan daun-daunan atau pelepah pohon kini telah tersedia kain untuk membuat pakaian. Berbagai jenis pakaian sesuai fungsinya juga telah banyak dibuat.
Seragam Kantor

Seragam Kantor

Untuk para pekerja kantor misalnya telah ada seragam kerja, untuk pekerja pabrik memakai seragam pabrik. Seiring dengan kemajuan zaman pakaian telah dibuat sedemikian rupa untuk memberikan rasa nyaman pada penggunanya. Berbagai bahan kain digunakan untuk membuat pakaian seragam kerja. Beberapa kain yang sering digunakan oleh pihak konveksi untuk membuat seragam perusahaan yaitu :
Kain polo shirts, kain yang dibuat dengan cara ditenun ini mempunyai daya mengerut yang lebih besar dari jenis kain tenun lain dengan tingkat sobek yang rendah. Kainnya rata dengan anyaman naik turun, bagian belakang dan depannya susah dibedakan umumnya dipakai untuk membuat kemeja, jas dan blazer untuk seragam kerja
Kain drill, kain dengan permukaan depan dan belakang berbeda ini memiliki tenunan yang rapat serta kuat, tidak mudah kusut, dan lebih lembut. Dipakai untuk membuat seragam pabrik mekanik, celana, jaket atau kemeja lapangan.
Kain satin, dengan permukaan yang rata dan juga licin sehingga mampu memantulkan cahaya bila terkena sinar namun sayang kain ini rapuh mudah robek jika ditarik. Kain jenis ini lebih sering dipakai untuk seragam perusahaan yang mengharuskan pekerjanya memakai baju gaun atau sejenisnya
Kain rajut rangkap. Kain ini mempunyai permukaan yang sama atas bawahnya, tidak lentur dengan struktur dan ketahanan yang baik cocok untuk bahan seragam pabrik yang berbentuk kaos. Dibuat dengan dirajut.
Kain rajut polos. Bagian bawah dan atasnya berbeda warna, bila dilakukan pemotongan bagian akan menggulung, kain rajut polos sering dipakai untuk membuat kaos promosi, kaos santai, poloshirt dan kaos oblong.
Kain rajut rib. Kain dengan kelenturan yang besar sering dijadikan bahan pembuatan sweater, hem bawah, rib leher, dan manset untuk tangan
Jenis-jenis kain di atas cocok untuk dibuat seragam keperluan kantor. Untuk mempermudah pelanggan biasanya tempat konveksi sudah menyediakan jenis kain apa yang tepat tetapi jika ingin membuatnya sendiri sebaiknya sesuaikan jenis kain dengan kenyamanan penggunanya.

Demikian artikel yang baru saja rumahjahit.com berikan, semoga bermanfaat bagi anda untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang membahas seputar kain untuk seragam kantor.

Tinggalkan Komentar