Fakta Unik Topi Chef


Fakta Unik Topi Chef

Fakta Unik Topi Chef

Seorang chef memiliki tanggung jawab besar, yakni menghidangkan makanan yang enak. Pekerjaan chef cukup banyak diminati. Terlihat, bukan hanya wanita, chef banyak dilakukan oleh pria. Berbicara tentang juru masak, setiap chef selalu memaki topi. Nah, kali ini akan membahas fakta unik topi chef, seperti berikut ini.

Topi chef dan Raja Henry VIII

Cerita unik dari asal usul topi chef ini berasal dari era Raja Henry VIII. Saat itu, Raja Henry VIII sedang menyantap supnya. Namun dirinya menemukan sebuah rambut pada sup tersebut. Merasa terhina, Raja Henry VIII memerintahkan tentara kerajaan untuk memenggal juru masaknya.

Namun, pengganti juru masak kerajaan meminta agar dibuatkan topi chef. Hal ini dilakukan untuk mencegah agar rambut tidak jatuh lagi ke dalam masakan. Sejak saat itu, Raja Henry VIII memerintahkan setiap chef harus menggunakan topi. Tentunya tidak ada yang berani melawan perintah sang raja.

Namun saat ini masalah ini bisa diatasi dengan adanya hair net. Sudah banyak koki yang menggunakan hairnet, tanpa harus menggunakan topi chef. Walaupun beberapa menggabungkan kedua nya. Dengan begitu, para chef bisa lebih fokus dalam menyajikan makanan lebih baik.

Topi chef dan fashion

Setidaknya topi chef memiliki simbol tersendiri. Namun dibandingkan masa lalu, topi chef saat ini sudah memiliki beberapa perubahan, yang dikenal dengan nama toques blanches. Bahkan hingga saat ini masih digunakan. Dalam topi chef dikatakan bahwa ketinggian topi koki menunjukkan akan jabatan dari koki tersebut di dapur.

Bahkan ada yang menggunakan kardus agar topi chef yang tinggi bisa tetap berdiri tegak. Selain itu, jumlah lipatan topi chef menandakan seberapa berpengalaman chef tersebut dan berapa resep yang mereka kuasai.

Artinya, chef dengan 100 lipatan di topinya, maka dirinya bisa menguasai 100 resep. Namun ada beberapa chef saat ini yang tidak memiliki banyak lipatan, namun mereka masih dianggap koki berpengalaman. Pasalnya, adanya resep yang mereka kuasai.

Topi chef di jaman modern

Topi chef di jaman sekarang masih banyak yang menggunakannya sebagai aturan sebuah restoran. Namun ada juga koki yang tidak menggunakan topi sama sekali. Sedangkan kebanyakan topi chef yang dikenakan terbuat dari kertas dibandingkan dengan kain agar bisa berdiri tegak.

Tetapi ada juga yang menggunakan topi chef kain karena memang berhubungan dengan masalah sirkulasi udara. Topi chef yang digunakan hingga saat ini masih memiliki simbol akan pengetahuan dan kedudukan dari seorang chef.

Tentunya penggunaan topi chef saat ini tergantung akan sang koki tersebut. Kebanyakan topi yang digunakan oleh sang juru masak ditujukan untuk profesional kerja.

Itu dia beberapa fakta unik akan topi chef. Bagaimana bisa menambahkan pengetahuan baru, bukan?

Jika anda sedang membutuhkan seragam bisa langsung hubungi kontak CS kami di bawah ini :

No Telepon: 021 – 7356891
Fax: 021 – 7355533
Whatsapp0878-7570-95110877-8288-8730 / 0813-1545-6872
Facebookhttps://www.facebook.com/Rumahjahit.page
Email: [email protected]
Websitewww.rumahjahit.com
Instagramhttps://www.instagram.com/rumahjahit.id/

Atau bisa datang ke tempat kami : Jalan Ceger Raya No. 120 samping SDIP Baitul Maal, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Terimakasih telah berkunjung ke website kami, semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda guna untuk pemahaman serta tambahan wawasan, pengetahuan dan referensi anda yang berminat dalam melakukan pembuatan.




Tinggalkan Balasan