contoh seragam rumah sakit

Kenali Jenis – jenis Seragam di Sejumlah Rumah Sakit

Bagi sebagian besar orang khususnya anak – anak, rumah sakit sering dikatakan sebagai tempat yang menyeramkan. Apalagi dengan bau obat – obatan yang menyengat dan alat – alat medis seperti jarum suntik, sering menjadikan banyak orang menjadi ketakutan.

Namun, Anda tentu akan merasa lebih puas ketika mendapatkan pelayanan kesehatan yang ramah dari para petugas medis di sejumlah rumah sakit bukan? Dan yang lebih menyenangkan lagi ketika penyakit Anda bisa sembuh dengan pengobatan yang diberikan oleh dokter.

Meski demikian, tak sedikit orang yang merasa bingung dan ada yang salah membedakan peran dari masing – masing petugas medis. Hal ini tentunya karena mereka atau mungkin Anda belum mengenali betul baju perawat rumah sakit maupun baju petugas medis lainnya. Bahkan, ada yang menganggap model baju seragam perawat sama dengan model baju dokter. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui dan mengenali berbagai contoh seragam rumah sakit dengan berbagai jenisnya.

 

 

Jenis – jenis seragam di rumah sakit

Di setiap rumah sakit yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, ada berbagai macam jenis – jenis seragam yang digunakan. Bahkan, jumlahnya sendiri relatif banyak karena jumlah tenaga medis yang ada ribuan bahkan jutaan.

Anda mungkin akan berpikir jika jumlah seragam oleh pegawai rumah sakit hanya berupa jas dokter saja atau baju khusus untuk perawat. Rupanya, jenis seragam di rumah sakit ada berbagai jenis sesuai yang dipesan di tempat penjahit atau sebuah konveksi besar.

Dari berbagai contoh seragam rumah sakityang sering Anda lihat, pemilihan konveksi juga mempunyai standar sendiri sesuai dengan keinginan pemesannya. Dan berikut ini merupakan jenis – jenis seragam rumah sakit yang sering dibuat oleh perusahaan konveksi :

  • Seragam rumah sakit scrub

Tenaga medis di rumah sakit biasanya akan menggunakan seragam ini ketika melakukan pekerjaannya dalam menangani pasien di ruang operasi. Dengan desain yang simpel, membuat orang yang memakainya akan lebih mudah bergerak. Bahkan, seragam tersebut juga lebih mudah untuk dicuci.

  • Seragam rumah sakit perawat

Banyaknya jumlah perawat di sejumlah wilayah di Indonesia, membuat jumlah seragam yang digunakan juga relatif lebih banyak. Apalagi tugas perawat yang memang diperuntukkan untuk membantu dokter merawat pasien.

  • Seragam rumah sakit pasien

Selain tenaga medis seperti dokter, perawat dan staf rumah sakit lainnya, pasien juga membutuhkan seragam khusus saat menjalani perawatan di rumah sakit. Anda tentu sering melihat seragam pasien satu dengan yang lainnya berbeda bukan? Nah ini dikarenakan seragam yang digunakan pasien disesuaikan dengan kebutuhannya. Seperti misalnya seragam untuk menjalani operasi atau seragam untuk perawatan biasa.

Itulah beberapa contoh seragam rumah sakit berdasarkan jenis – jenisnya yang sering dipakai para tenaga medis dalam menjalankan tugasnya merawat pasien.