Cara Merawat Toga Wisuda


Cara Merawat Toga Wisuda

Toga wisuda beserta jubah wisuda adalah dua pakaian kebanggaan bagi para mahasiswa tingkat akhir yang telah berhasil menyelesaikan skripsinya. Sebelum hari wisuda datang, maka biasanya mahasiswa mahasiswi akan datang ke universitasnya untuk mengambil baju wisuda tersebut. Biasanya Toga wisuda beserta jubahnya akan dibagikan sekitar seminggu atau 2 minggu sebelum jadwal wisuda. Jika Anda terlalu terlambat mengambil Toga wisuda beserta jubah wisuda, maka tidak bisa dijamin Anda akan mendapatkan Toga wisuda dan jubah wisuda yang terawat baik serta sesuai dengan ukuran. Maka dari itu segeralah mengambil Toga wisuda ketika sudah dijadwalkan. Selama jeda waktu Toga wisuda berada di tangan Anda, jika bisa bersihkan dan rawat Toga wisuda agar lebih bersih saat dikenakan di hari wisuda.
Toga Wisuda

Toga Wisuda

Cuci Dengan Tangan
Karena Toga wisuda dan jubah wisuda biasanya berwarna hitam pekat, maka sedikit kotoran dan noda deterjen bisa terlihat apabila Anda tidak berhati-hati dalam mencucinya. Maka dari itu hindarilah mencuci Toga wisuda dan jubah wisuda menggunakan mesin cuci, sebaiknya Anda gunakan tangan saja untuk mencuci Toga wisuda dan jubah wisuda Anda sehingga tidak akan deterjen yang akan menempel pada Toga wisuda dan jubah wisuda Anda. Dengan mencuci Toga wisuda dan jubah wisuda dengan tangan pun, serat kainnya menjadi terasah lembut dan tidak rusak. Bayangkan saja jika Anda mencucinya dengan mesin cuci dan kemudian kain jubah wisuda Anda robek, pastinya hari wisuda Anda tidak akan berjalan dengan sempurna bukan?
Hindari Menjemur Terlalu Lama
Setelah Anda selesai mencucinya, maka giliran Anda menjemur Toga wisuda itu agar kering. Namun baiknya Anda jangan menjemurnya terlalu lama di bawah terik matahari, karena jika terlalu kering maka kain jubah wisuda bisa mengkerut dan mengakibatkan tidak rapinya jubah wisuda Anda. Misalkan Anda menyetrikanya setelah dijemur pun belum tentu jubah wisuda akan kembali mulus ke bentuknya semula, maka dari itu berhati-hati.

Saat mencuci pun tidak boleh disikat dengan terlalu keras, sebaiknya alih-alih menggunakan sikat yang kasar gunakan saja tangan untuk mencuci Toga wisuda.




Tinggalkan Balasan