Cara Merawat Toga Wisuda dan Jubah Wisuda


Cara Merawat Toga Wisuda dan Jubah Wisuda

Apakah Anda memiliki toga dan jubah untuk wisuda dan ingin mengetahui cara merawat toga wisuda dan jubah wisuda? Toga dan jubah untuk wisuda ini biasanya sering digunakan pada acara wisuda atau kelulusan setelah menyelesaikan jenjang pendidikan. Toga dan jubah untuk wisuda ini digunakan oleh laki-laki maupun perempuan. Biasanya toga dan jubah ini memiliki warna hitam. Ukuran toga dan jubah bisa disesuaikan dengan bentuk tubuh masing-masing penggunanya. Bagi Anda yang memiliki toga dan jubah untuk wisuda tersebut bisa melakukan perawatannya dengan mudah agar tidak cepat rusak dan kusam.
Toga Wisuda

Toga Wisuda

 

Berikut ini ada berbagai macam cara merawat toga wisuda dan jubah wisuda yang bisa Anda ketahui :
1.     Pisahkan ketika mencuci toga dan jubah wisuda
        Salah satu cara merawat toga wisuda dan jubah wisuda yang bisa Anda lakukan adalah memisahkan antara toga dan jubah wisuda yang akan Anda cuci. Biasanya yang dicuci hanyalah jubah untuk wisudanya saja, sedangkan toga untuk wisuda tidak perlu dicuci. Karena toga wisuda biasanya juga mengandung bahan karton yang nantinya mudah rusak jika terkena air. Sehingga hanya perlu dibersihkan untuk menghilangkan debu yang menempel saja. Untuk jubah wisuda, Anda bisa mencucinya dengan mudah dan hati-hati agar tidak mudah robek.
2.     Menggunakan deterjen yang baik dan lembut
         Untuk mencuci jubah wisuda, Anda bisa menggunakan deterjen yang baik dan lembut. Deterjen yang lembut mampu untuk merawat kain pada saat dicuci. Sehingga kain tidak mudah rusak atau bahkan lebih awet.
3.     Dijemur dengan cara diangin-angin
         Tips merawat jubah toga yang bisa Anda lakukan adalah menjemur dengan cara diangin-angin setelah dicuci bersih. Anda tidak perlu menjemur langsung dibawah terik matahari. Hal tersebut bisa merusak kain bahkan membuat warna jubah lama kelamaan akan memudar. Anda cukup menggantungkan jubah di teras atau tempat teduh yang bisa mengeringkan jubah tersebut.
4.     Menyetrika dengan baik dan digantungkan
         Setelah jubah dicuci bersih dan telah kering, Anda bisa menyetrika dengan baik agar jubah halus dan rapi. Selain itu juga digantungkan agar jubah tidak kusut ketika akan digunakan. Dengan cara itu semua, toga wisuda dan jubah wisuda akan terawat dengan baik.
 

Itulah beberapa cara mengenai perawatan jubah wisuda dan toga wisuda.

Tinggalkan Komentar