Baju Pasien Operasi

Tentang Baju Pasien Operasi Yang Harus Anda Ketahui!

Ketika seseorang akan melakukan operasi, maka seseorang tersebut harus menggunakan baju pasien operasi. Ini adalah baju khusus yang umumnya digunakan oleh seseorang yang akan melakukan tindakan operasi. Adapun desain baju operasi untuk pasien, dan desain baju operasi untuk dokter, sedikit berbeda. Tapi yang pasti masih menggunakan warna yang sama, yaitu warna biru atau juga warna hijau.

seragam pasien

Alasan menggunakan warna hijau atau biru

Jika umumnya baju dinas rumah sakit identik dengan warna putih, maka khusus untuk baju pasien operasi dan dokter operasi, berbeda. Seperti yang dijelaskan selintas di atas, baju rumah sakit untuk operasi menggunakan warna hijau atau juga warna biru. Pastinya ada alasan khusus di baik penggunaan warna tersebut.

Ketika seorang dokter bedah, dan asistennya melakukan tindakan operasi. Sudah pasti, yang paling banyak dilihat adalah organ dalam manusia yang rata-rata mempunyai warna merah, baik itu merah tua, merah cerah, dan jenis merah lainnya. Warna hijau atau biru umumnya digunakan untuk membedakan warna yang ada.

Ketika seorang dokter, atau tenaga medis lainnya, berkutat dengan organ dalam yang berwarna merah, sedikit banyak membuat mereka memperoleh halusinasi. Alasannya cukup sederhana, karena sinyal warna merah, mampu memudar di dalam otak. Hal seperti ini juga mengakibatkan seseorang kurang peka terhadap warna merah dalam jangka waktu yang lama.

Reaksi yang terjadi adalah, seseorang jadi kurang peka, atau bahkan kurang jelas, dengan benda atau warna lain yang ada di sekitarnya. Bagi para tenaga medis, baik dokter bedah, perawat dan yang lainya, tentu saja hal seperti ini akan berakibat fatal. Karena tingkat kepekaan dan konsentrasi jadi berkurang.

Ada beberapa alasan kenapa warna hijau atau warna biru digunakan sebagai warna untuk dokter yang akan melakukan operasi dan pasien operasi itu sendiri, yaitu :

  • Warna hijau dipilih, terutama pada abad ke-20, bertujuan untuk membantu penglihatan dokter dan tenaga medis lainnya, ketika operasi berlangsung. Warna hijau sendiri mampu memberikan kesan menyejukkan untuk mata.
  • Lalu kenapa tidak menggunakan warna putih, alasannya tidak jauh berbeda dengan warna merah itu sendiri. Lantaran, jas putih yang digunakan oleh dokter, lantaran terlalu sering menggunakan warna putih, membuat seorang dokter dan ahli medis lainya, juga jadi kurang peka terhadap warna yang ada.
  • Keunggulan lain dari warna hijau yang digunakan sebagai baju pasien ICU atau juga tenaga medis lainya, adalah mampu menetralkan warna merah.
  • Selain itu warna hijau sendiri juga akan memberikan ketenangan bagi siapa saja yang melihatnya, baik itu pasien, atau juga tim medis yang bertugas. Hal ini identik dengan filosofi dari warna hijau itu sendiri yang artinya memaknai alam, dan kesejukan pepohonan. Secara tidak langsung, hal seperti ini juga yang akan mempengaruhi mata. Bahkan ada beberapa orang yang beranggapan bahwa warna hijau juga mampu memberikan energi penyembuhan.
  • Rasa nyaman seperti ini tentunya sangat dibutuhkan, agar ketegangan pra operasi dapat terurai, dan bak pasien maupun tim dokter yang bekerja tidak merasa panik dan tegang.
  • Selain warna hijau, ada juga warna lain yang dapat digunakan, yaitu warna biru. Warna biru ini juga banyak digunakan di luar negeri, ketika seorang dokter atau tenaga medis lainya, akan atau sedang melakukan tindakan operasi. Warna yang satu ini melambangkan ketenangan dan juga tanggung jawab. Selain itu, warna yang satu ini juga memberi arti menyegarkan dan juga keramahan. Umumnya pakaian medis, terutama yang berhubungan dengan operasi menggunakan biru muda, yang mempunyai arti relaks, dan menenangkan, seperti ketika Anda melihat langit yang cerah. Tidak hanya itu warna biru juga memberikan energi yang menyegarkan.

 

Desain baju pasien operasi

Pada dasarnya, baju pasien rumah sakit, didesain sangat sederhana. ada bagian leher, di desain V-Neck atau juga roundneck. Ada yang didesain atasan bawahan, ada juga yang didesain dress, dengan bukaan belakang. Terutama baju untuk tindakan operasi, untuk pasien, umumnya berupa dress, dengan bukaan belakang, yang biasanya dilengkapi dengan tali. Tali ini yang nantinya memudahkan perawat untuk mengikat pakaian tersebut.  ukuran sendiri biasanya allsize, artinya ukurannya sama dan tidak ada spesifikasi ukuran.

Alasannya tidak lain adalah untuk mempercepat tim medis yang bekerja ketika akan mengoperasi pasien.  Selain itu, desain seperti ini juga terbilang praktis, dan tidak mengganggu kinerja dan aktivitas kerja para tim medis tersebut. Tidak hanya itu, desain seperti ini juga akan mempermudah pencucian dari pakaian itu sendiri.

Bahan baju pasien operasi  

Lalu yang jadi pertanyaan berikutnya adalah, jenis bahan yang digunakan sebagai baju pasien operasi dan baju baju seragam perawat rumah sakit, apakah sama. Pada dasarnya bahan yang digunakan untuk membuat baju kerja perawat rumah sakit dan tim medis lainya kurang lebih sama. Syarat yang harus dimiliki adalah :

  • Bahan kain harus halus, tidak terasa panas ketika digunakan dan mampu menyerap  keringat dengan baik. Selain itu bahan tersebut juga tidak boleh bersifat terlalu tipis.
  • Selain itu, bahan baju pasien rawat inap, perawat dan juga dokter harus mudah untuk dicuci dan dibersihkan. Mengingat pakaian yang digunakan, rentan sekali kotor dan terkena kuman, bakteri dan yang lainnya.
  • Bahan medis juga sebaiknya pilih yang tidak mengkilap, dan tidak menerawang. Hal ini dilakukan agar penglihatan pasien, tetap terjaga dengan baik, demikian pula dengan kenyamanan pasien, ketika menggunakan pakaian tersebut.

Anda tentu penasaran, akan jenis bahan yang akan digunakan untuk membuat baju operasi tersebut. antara lain :

  • Kain katun

Bahan yang pertama adalah bahan katun. Bahan katun yang akan digunakan tentunya bahan katun yang waterproof. Atau dengan kata lain, bahan katun yang mempunyai lapisan anti air yang kuat. Bahan seperti ini, mampu mencegah seseorang menderita alergi, lantaran terbuat dari 100 serat alami, yang membuat seseorang terhindar dari resiko terkena iritasi kulit, sifatnya juga lembut dan elastis.

Bahan seperti ini juga mampu menjaga suhu tubuh dengan baik, baik ketika cuaca sedang panas atau sedang dingin.

  • Bahan TRWaterproof

Bahan berikutnya adalah TR atau Tetoron Rayon. Bahan yang satu ini juga mempunyai lapisan anti air.

  • Bahan Rayon Water Resistant

Bahan yang satu ini juga termasuk salah satu bahan yang mengandung lapisan anti air. Biasanya banyak digunakan untuk membuat beberapa macam pakaian medis dan juga masker penutup wajah.

Yang tidak banyak diketahui orang adalah, baju pasien operasi atau juga pakaian tim medis yang ada di ruang operasi, dikenal dengan nama Seragam Scrub atau juga ScrubSuits. Berbeda dengan baju perawat rumah sakit, dimana pakaian ini, termasuk jenis pakaian sanitasi, yang pastinya digunakan oleh staf medis operasi sebelum masuk ke ruang operasi.

 

 

 

 

 

Seragam Perawat Rumah Sakit

Tips Memilih Jasa Jahit Seragam Perawat Rumah Sakit Terpercaya

Saat ini banyak sekali pihak yang menyediakan jasa jahit, namun tentu saja masih membingungkan bagaimana cara menentukan konveksi yang tepat untuk membuat baju perawat rumah sakit. Ada banyak pilihan konveksi yang bisa anda dapatkan namun untuk mencari konveksi  yang bisa menyesuaikan dengan model baju seragam perawat yang diinginkan tentu tidak mudah. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memilih konveksi yang terbaik dan berkualitas.

Cek Testimoni

Jika anda ingin memilih konveksi online untuk pembuatan seragam perawat rumah sakit maka anda perlu melihat review-nya terlebih dahulu. Saat ini teknologi sudah berkembang sangat mutakhir, anda bisa memilih jasa konveksi terbaik berdasarkan testimoni dari pelanggan. Anda bisa mengetik nama konveksi tersebut dan mencari tahu apakah pelanggannya sebelumnya puas dengan jasa jahit tersebut atau tidak.

Jika Perlu Datangi Konveksi

Hal yang paling tepat untuk menentukan apakah penjahit tersebut merupakan penjahit terbaik atau tidak, yakni dapat dilakukan dengan mendatangi showroom atau konveksi mereka. Mengapa anda harus berkunjung? Tentu saja tujuannya cukup jelas untuk melihat apakah konveksi tersebut benar – benar ada dan untuk  melihat bagaimana hasil kerja mereka. Ingat, ada banyak kelebihan yang bisa anda dapatkan jika anda berkunjung ke tempat mereka secara langsung. Dan hal ini dapat mempermudah proses transaksi jual beli.

 

seragam medis

Membuat Sampel

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah meminta untuk membuatkan sampel produk. Anda bisa pergi ke tempat konveksi lalu meminta membuatkan sampel untuk seragam perawat rumah sakit, hal ini berguna untuk mencari tahu apakah hasil mereka sesuai dengan keinginan anda atau tidak. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu membuat desain lalu meminta konveksi tersebut untuk menjahit sesuai keinginan anda.

Proses pembuatan sampel juga memungkinkan anda untuk bisa memilih bahan yang tepat untuk membuat baju seragam. Anda bisa memilih beberapa jenis bahan yang sering digunakan di konveksi misalnya american drill atau katun. Tentu saja kedua bahan ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing. Biasanya proses pembuatan sampel jahitan akan memakan waktu 1 hingga 2 minggu, nah ketika anda sudah puas dengan sampel yang dibuat  maka bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

Pembuatan Kontrak Kerja Sama

Jika anda sudah yakin untuk membuat seragam perawat rumah sakit di konveksi tersebut maka anda perlu membuat kerja sama dengan jelas. Hal ini bertujuan menghindari hal – hal yang tidak diinginkan nantinya. Secara umum kontrak kerja sama ini penting berisi tentang kejelasan harga berikut termin, serta konsekuensi yang akan anda dapatkan jika jasa konveksi terlambat menyelesaikan jahitan.

Kontrak kerja sama yang baik juga berisi tentang waktu pengerjaan, kerahasiaan desain hingga kualitas dari produk yang dipesan. Anda harus memastikan komitmen dari penyedia jasa saat ingin menggunakan jasa mereka.

 

 

 

Model Baju Seragam Rumah Sakit

Tips Memilih Seragam Rumah Sakit

Seragam merupakan salah satu pakaian yang wajib dimiliki oleh setiap orang yang bekerja di instansi salah satunya rumah sakit. Semua orang yang bekerja di rumah sakit wajib menggunakan seragam dengan ketetapan rumah sakit. Banyak orang bingung bagaimana memilih baju perawat rumah sakit yang tepat. Nah, anda bisa menyimak beberapa tips untuk membuat model baju seragam perawat nyaman dan berkualitas.

Tentukan Jenis Kain

Hal pertama sebelum anda mencari konveksi yang berkualitas anda dapat memilih jenis kain yang tepat, kain yang cocok digunakan untuk bahan seragam tentu saja kain yang ringan, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis serta sangat nyaman untuk digunakan. Saat ini anda bisa memilih kain katun atau kain drill. Anda dapat temukan dengan mudah kain tersebut dan anda dapat memilih berdasarkan bahan yang terbaik dengan kualitas dan harga yang ekonomis.

Kain katun sering dipilih sebagai bahan model baju seragam rumah sakit karena terbuat dari serat alami dan memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi. Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh kain katun yang menjadi favorit banyak orang yakni sifat kain yang mudah menyerap keringat sehingga kulit tetap bisa bernafas dengan baik, tekstur kain cukup lembut dan halus. Bahan kain katun cukup adem untuk digunakan. Hal ini menjadi salah satu keunggulan dari kain katun. Tapi jika memilih kain katun maka anda harus siap menyetrika saat ingin menggunakannya karena kain katun mudah kusut saat dipakai.

Seragam medis oka

Kain jenis lain yang cukup sering digunakan adalah kain drill, kain ini terdiri atas beberapa jenis tergantung mana fungsi yang ingin anda dapatkan. Kain drill cenderung tebal, namun masih tetap terasa ringan jika digunakan.

Tentukan Desain

Jika anda tertarik untuk membuat seragam maka anda bisa memilih model baju seragam rumah sakit, seragam klinik yang memiliki desain sederhana tapi tetap elegan. Saat ini anda bisa mendapatkan banyak referensi model dan bahkan anda juga bisa mencari referensi model baju perawat dari negara lain. Apalagi saat ini pengaruh drama dari berbagai negara di Indonesia cukup signifikan.

Kualitas Terbaik

Salah satu hal yang wajib diperhatikan saat membuat model baju seragam rumah sakit yakni mempertimbangkan kualitas, saat ini ada berbagai jenis kain dengan berbagai tingkatan harga. Jika anda berkunjung ke tempat konveksi maka anda tidak bisa jika hanya melihat katalog bahan yang disediakan oleh pihak konveksi. Anda perlu merasakan bagaimana kain tersebut, anda bisa melihat tekstur dari permukaan kain, cek juga apakah kain tersebut tebal atau tipis, lihat kembali apakah kain tersebut mudah kusut atau tidak. Semua hal bisa menjadi pertimbangan untuk mendapatkan kain dengan kualitas terbaik.

 

model baju perawat rumah sakit

Pilih Bahan Seragam Perawat Terbaik

Saat ini memilih pakaian yang dapat digunakan untuk membuat baju perawat rumah sakit memang gampang – gampang susah. Mudah karena jaman sudah sangat maju dan anda bisa bebas memilih bahan mana yang ingin anda beli bahkan secara online, susah karena anda harus memilih bahan terbaik agar model baju seragam perawat nyaman digunakan.

Kain Katun

Kain katun menjadi favorit banyak orang saat memilih bahan untuk pembuatan seragam. Apalagi kualitas kain katun tidak perlu ditanyakan lagi. Kain katun merupakan bahan kain yang dibuat dari serat kapas, saat ini kain katun cukup sering digunakan oleh masyarakat apalagi karena serat kain katun merupakan serat yang alami dan hipoalergenik atau tidak menimbulkan alergi.

Ada beberapa karakteristik khas kain katun jika anda berminat membuat model baju perawat rumah sakit dari kain katun. Pertama, kain katun memiliki sifat mudah dalam menyerap keringat yang dipengaruhi oleh rongga dalam kain katun yang memungkinkan kulit anda tetap dapat bernafas dengan baik. Tekstur kain katun juga cukup halus dan lembut, hal ini menimbulkan kenyamanan bagi para penggunanya.

Kelebihan lain yang dimiliki kain katun yakni bahan kain yang tidak terlalu tebal, seperti yang kita tahu bahwa pakaian dengan bahan cukup tebal akan tidak nyaman untuk digunakan karena menimbulkan rasa panas. Akan tetapi meskipun memiliki beragam kelebihan, pakaian dari bahan katun sangat mudah kusut jika digunakan ini artinya anda harus menyetrika model baju perawat rumah sakit sebelum menggunakannya.

 

Kain Drill

Selain kain katun, jenis kain lain yang sering digunakan untuk membuat seragam adalah kain drill. Kain ini memiliki tekstur yang miring yakni tekstur diagonal dengan pintalan serta jalinannya sangat kokoh. Umumnya kain drill dibuat dari karakteristik dan tujuan serta fungsi yang berbeda. Kain drill memiliki ciri khas kain yang tebal tapi tetap terasa ringan saat digunakan. Sebenarnya ketebalan dari kain drill berbeda – beda, anda tetap bisa memilih tergantung mana yang anda butuhkan

Bagian dalam serta bagian luar kain drill biasanya berbeda sehingga akan lebih mudah dikenali dari sisi gradasi warna. Kain ini banyak diburu oleh orang karena bahan yang tebal tapi tetap nyaman dan lembut saat dipakai. Kain drill sangat nyaman digunakan di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Anda bisa memilih untuk membuat model baju perawat rumah sakit dengan kain drill.

Salah satu bahan drill yang sangat sering digunakan adalah American drill, kain ini memiliki ukuran serat yang sedang tapi tetap terasa lembut. Bahan pembuatnya tersusun atas katun serta polyester. Jika anda tertarik anda bisa mengunjungi konveksi terdekat untuk mendapatkan kain drill pilihan.

 

 

Model Baju Perawat Lengan Panjang

Model Baju Perawat Lengan Panjang Ngetrend Di 2021

Ketika mengunjungi rumah sakit, anda akan melihat banyak orang dengan seragam berbeda – beda ada dokter, perawat bahkan staff rumah sakit lainnya. Perawat merupakan orang penting yang bekerja di Rumah sakit. Peran perawat sangat dibutuhkan bukan hanya untuk membantu dokter dalam merawat pasien juga ikut menjadi pemimpin di beberapa komunitas bahkan pendidik. Seorang merawat lebih mengedepankan kepentingan pasien dibandingkan kepentingan pribadinya. Tidak salah, penggunaan seragam kerja para perawat harus dipikirkan dengan baik.

Seragam digunakan untuk menunjukkan ciri atau identitas dari orang yang bertanggung jawab di Rumah sakit tersebut. Ini agar pasien tidak bingung ketika bertemu dengan pegawai Rumah Sakit contohnya ketika ingin berkonsultasi dengan dokter atau perawat, pasien tidak akan bingung mencari mana perawat dan dokter. Hal utama yang bisa dikenal dengan melihat seragam yang digunakan.

 

seragam medis

Setiap fungsi memiliki baju perawat rumah sakit yang berbeda baik model maupun warna. Umumnya untuk petugas perawat di bagian UGD (Unit Gawat Darurat) lebih praktis, mudah dilepas, memiliki tali di bagian belakang dan lengan pendek berbeda dengan model baju perawat lengan panjang yang berjaga atau untuk keperluan dinas.

Model baju seragam perawat yang sedang banyak dipesan adalah model dengan kerah berdiri atau model yang memiliki kancing di bagian pinggir lengan. Untuk membuat model baju perawat lengan panjang atau pendek sebenarnya tidak memiliki kriteria khusus. Terpenting pakaian yang dikenakan bisa bersih dan rapi.

Model seragam pada tahun 70-an

Apakah anda pernah melihat seragam perawat di tahun 70-an? Modelnya seperti dress di bawah lutuh dengan kancing di depan. Di samping itu, penggunaan topi kain. Tetapi, seiring berjalannya waktu seragam perawat diganti menjadi rok tanggung atau bahan celana panjang.

Model baju di tahun 2021

Seiring berkembangnya teknologi, serama perawat ingin menambah model fashion yang berbeda. Perubahan fashion memang dipengaruhi oleh perkembangan zaman. Model baju di tahun 2020, biasanya berbentuk baju lengan panjang dengan kerah dasi. Ini digunakan untuk perawat rumah sakit atau perawat kecantikan. Selain itu, model kerah rever dan kerah shanghai.

Kerah rever memiliki kerah dengan model kancing di pinggir dengan bukaan di bagian depan sedangkan kerah shanghai berbentuk kerah kecil yang terdapat di bagian leher baju. Pemilihan model baju seragam rumah sakit memang sudah beragam dan menarik.

Bagaimana model baju perawat lengan panjang bisa menampilkan kesederhanaan, cerdas dan dinamis. Selain model, warna baju seragam juga beragam mulai dari hijau, biru hingga pink. Dulu, hanya menggunakan warna putih sebagai lambang suci dan bersih. Sekarang trend berubah, untuk perawat perempuan, baju lengan panjang bisa dipadukan dengan jilbab. Perawat tidak membutuhkan manset sebagai dalaman baju karena lengan baju sudah beragam sesuai dengan perkembangan zaman.

 

Model Baju Jaga Perawat

Tips memilih kain nyaman dan berkualitas untuk baju jaga perawat

Menggunakan seragam dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak Rumah Sakit jelas harus dipatuhi oleh para pekerja seperti dokter, staff Rumah Sakit, dan perawat. Setiap baju berbeda mulai dari baju jaga, dinas, bahkan operasi. Mencari kain yang nyaman dan berkualitas untuk model baju jaga perawat merupakan hal penting.

Tips memilih kain yang tepat

Kain yang digunakan harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika anda merencanakan untuk membuat baju seragam di produsen, sebaiknya anda harus mengetahui tips memilih kain.

  1. Kenali jenis kain

Kain untuk baju perawat rumah sakit banyak jenisnya. Mengetahui jenis kain sesuai dengan tenaga medis yang bahannya tidak mudah menyerap keringat, anti air, lembut, dan tidak berat misalnya kain katun atau rayon.

  1. Memperhatikan kualitas kain

Bahan kain tidak menerawang dan tidak berkilap. Anda harus memperhatikan bentuk kain dan sesuaikan dengan harga yang ditawarkan. Tetapi, jika untuk dinas dan jaga perawat harus memperhatikan kualitas kain.

Kunjungi produsen pembuat seragam, karena warna yang ada di katalog biasa akan berbeda.

 

Seragam Medis
  1. Warna kain

Model baju jaga perawat bisa lengan panjang atau pendek dengan warna yang bervariasi. Di samping penggunaan putih, ada juga baju seragam perawat dengan warna biru dan hijau. Warna kain untuk baju perawat tidak terlalu terang.

Pada abad ke 20 warna pakaian medis berubah menjadi hijau. Alasan dipilih warna hijau karena dokter bisa melihat lebih baik ketika berada di ruangan operasi. Warna hijau ringan digunakan untuk pakaian operasi. Selain dokter juga orang lain seperti pasien atau keluarga pasien, warna seragam yang enak dipandang akan memberi kesan perhatian orang tentang layanan yang diberikan.

  1. Harga kain medis

Utamakan kualitas kain dibandingkan harga. Anda bisa membandingkan harga antara kain yang satu dengan yang lain. Harga kain sangat bervariasi, ada yang murah dan mahal.

Setelah menemukan bahan kain yang tepat, anda bisa menyesuaikan dengan model baju seragam perawat yang sudah ditentukan pihak Rumah Sakit.

Kain yang biasa digunakan

Material yang digunakan oleh produsen untuk pembuatan baju seragam perawat. Jika anda sudah mencari model baju jaga perawat yang tepat dengan penggunaan kancing di bagian depan atau belakang. Anda tinggal mencari kain yang cocok. Kain drill sangat sering dijadikan bahan untuk seragam lapangan dengan karakteristik kain terdapat garis diagonal di permukaan dan lebih kuat.  Kain ini lebih banyak dibuat dari bahan katun juga sehingga penggunaannya lebih aman dan nyaman.

Material kain selanjutnya yang sering jadi bahan pembuatan seragam yaitu kain tropika. Karakteristik kain ini rata dan nyaman untuk digunakan meskipun harganya lebih mahal dibandingkan kain lainnya.

Kemudian kain yang sering dipilih untuk baju seragam perawat adalah kain katun. Karakteristik dari kain katun tidak memiliki tekstur, halus, dan tipis dibandingkan bahan kain lainnya.

 
1Abc Directory

Model Baju Dinas Perawat

3 Jenis kain baju kesehatan yang wajib anda ketahui

Setiap Rumah Sakit memiliki model dan desain berbeda. Seragam bisa menentukan kualitas dan profesionalisme dari seluruh pegawai rumah sakit. Terkadang ada beberapa Rumah Sakit yang menerapkan pergantian seragam tiap tahunnya. Oleh karena itu, anda mungkin melihat banyak warna di dalam rumah sakit, baju perawat rumah sakit memiliki warna dan bentuk berbeda bergantung situasi dan kebutuhan perawat.

Model baju dinas perawat biasanya atasan dengan lengan panjang maupun pendek kemudian dipadukan dengan bawahan celana panjang atau terusan hingga lutut. Tapi paling banyak digunakan masih dengan warna putih dan topi kecil di kepala perawat.

Tetapi umumnya seragam operasi akan sama saja. Seragam operasi disebut juga dengan scrubsuitslebih sederhana dan warna yang beragam. Bentuk kerah biasanya v-neck. Selain itu, bentuknya harus mudah dipasang dan dilepaskan sedangkan model baju dinas perawat lebih bervariasi baik bentuk maupun desainnya.

Seragam yang paling banyak digunakan adalah seragam dengan warna putih. Dengan adanya perubahan semua berubah dari warna maupun model. Sebelum memilih model baju dinas, anda harus paham kain apa yang cocok untuk digunakan.

Seragam Medis
  1. Katun waterproof

Kain yang satu ini memang cocok untuk Baju perawat rumah sakit. Kain ini memang terkenal untuk pembuatan masker atau pakaian medis dengan ciri kain katun yangmemiliki lapisan anti air.

Penggunaan bahan ini memberikan beberapa manfaat antara lain dapat mencegah terjadinya alergi untuk perawat yang memiliki kulit sensitif. Selain itu, kain ini terbuat dari serat alami sehingga sifatnya lembut dan elastis. Perawat selalu merasa hangat meskipun sedang musim dingin dan sangat cocok untuk musim panas. Meskipun memproduksi banyak keringat, anda tidak akan mengalami penyakit kulit karena kain ini memiliki anti bakteri aktif.

  1. TRwaterproof

Pakaian yang aman dan nyaman, perawat bisa menggunakan jenis kain tetoron rayon yang juga memiliki lapisan anti air. anda juga bisa menentukan Model baju seragam perawat diinginkan.

  1. Rayon waterresistant

pada umumnya semua jenis kain medis harus memiliki lapisan anti air. Kain ini sangat cocok untuk model baju dinas perawat karena daya serap keringatnya tinggi. Tekstur kain juga lebih halus dan lembut.

Kain-kain diatas akan digunakan untuk berbagai keperluan seperti baju operasi, seragam dinas, dan sebagainya. Seorang perawat harus bergerak bebas karena kegiatan yang dilakukan cukup banyak seperti merawat pasien, koordinasi dengan dokter dan lain-lain. Bentuk baju perawat umumnya dengan setelah blazer dan celana panjang. Kain yang lebih sering digunakan adalah kain katun.

Dalam pembuatan model baju dinas perawat anda bisa mencari jasa pembuatan baju dinas dan memilih kain sesuai dengan yang dibutuhkan. Pastikan kain yang digunakan memberikan kenyamanan saat anda melakukan tugas di Rumah sakit atau tempat kesehatannya.

 

Model Baju Dinas Kesehatan

Tips Memilih Bahan Baju Dinas Kesehatan

Baju perawat rumah sakit merupakan suatu lambang profesi bagi pemakainya. Kebanggaan dan kesan mulia dan tulus tersirat dari baju seragam perawat. Apapun model baju seragam perawat yang dipilih oleh sebuah Rumah Sakit kita akan dengan mudah menentukan bahwa orang tersebut adalah perawat bidan atau dokter.

Ini karena, dalam hal pemilihan model dan warna, baju perawat atau petugas medis harus disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku. Namun, tahukah Anda bahwa selain warna dan model, baju perawat juga harus dipilih sesuai dengan bahan yang sudah ditentukan.

Meskipun model baju dinas kesehatan berbeda setiap Rumah Sakitnya, namun untuk kualitas bahan, sudah ada ketentuannya. Kain yang dipilih haruslah yang berkualitas baik dan aman tentunya. Bahkan kini tengah dikembangkan, kain untuk seragam petugas medis yang bersifat anti air dan anti bakteri. Gunanya untuk melindungi petugas medis dari bahaya virus.

seragam medis

Pilih Kain Berkualitas dan Aman

Terlepas dari apapun model baju dinas kesehatan yang dipilih, pastikan Anda memilih bahan yang baik untuk seragam petugas kesehatan. Pilihlah kain yang lembut dan aman bagi kulit. Pilih kain dengan kandungan fluorocarbon free yang aman untuk kulit dan mampu mencegah kanker kulit.

Fluorocarbon merupakan bahan yang digunakan dalam pembuatan zat anti air sehingga dapat memicu terjadinya kanker. Kandungan PFOA dan PFOS pada fluorocarbon inilah yang menyebabkan kanker kulit. Untuk itu pastikan kain yang Anda pilih bebas dari fluorocarbon.

Kenali jenis Kain dan Kelebihannya

Untuk mempermudah Anda dalam menentukan kain yang sesuai dengan model baju dinas kesehatan Anda, maka pelajari terlebih dulu jenis – jenis kain yang aman untuk seragam Anda. Berikut ini beberapa daftar kain yang kini diakui aman dan layak dijadikan kain seragam petugas medis.

  1. Katun Waterproof

Katun waterproof merupakan kain yang umumnya digunakan untuk membuat masker dan seragam petugas medis. Kain ini memiliki anti air yang cukup kuat. Kelebihan dari kain ini adalah tidak akan menimbulkan alergi bahkan bagi mereka yang sensitif. Iritasi kulit juga dapat diminimalkan. Selain itu juga nyaman dan dapat menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Kain katun juga memiliki sifat anti lembab sehingga mampu mengurangi tumbuhnya bakteri dipermukaan kulit.

  1. TRwaterproof

TRWaterproof merupakan salah satu jenis kain rayon. Tetoron rayon merupakan jenis kain yang aman dan nyaman digunakan sehari – hari.

  1. Rayon Water Resistant

Kain rayon waterproof merupakan jenis kain yang biasa juga digunakan untuk keperluan medis. Bahan ini juga sering digunakan pada masker dan penutup kepala.

  1. LaminatedWaterproof

Laminatedwaterproof merupakan jenis kain anti air berbahan poliester. Kain ini dilapisi dengan bahan anti air pada bagian bawah sehingga anti air. Kain ini kebanyakan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan seprei anti air.

Model Baju Dinas Bidan Rumah Sakit

Ide Seragam Bidan Keren Masa Kini

Baju perawat rumah sakit identik dengan baju berwarna putih. Model baju seragam perawat juga rata – rata kurang modis. Baju atasan lengan pendek dengan celana longgar atau dress warna putih. Itulah yang ada dipikiran kita ketika membicarakan model baju perawat atau bidan yang bertugas di Rumah Sakit.

Padahal baju perawat khususnya model baju dinas bidan rumah sakit sekarang ada berbagai macam model. Jika dulu bidan identik dengan atasan putih dan celana atau dress, kini bidan Rumah Sakit bisa tampil lebih modis juga.

seragam medis

Model Baju Bidan Dengan Kombinasi Kancing

Meski model baju dinas bidan rumah sakit kini sudah beragam, namun tetap ada batasan dan aturan dalam pembuatannya. Tidak boleh menghilangkan ciri dan identitas petugas medis itu sendiri. Variasi bisa ditambahkan pada desain kancing. Saat ini hadir berbagai baju bidan dengan kombinasi model kancing.

Kombinasi model baju dinas bidan rumah sakit kini beragam. Sehingga sangat menunjang penampilan para bidan. Ada yang model kancing menyamping juga model kancing kimono. Dengan tampilan kancing yang seperti ini tentu menggunakan baju dinas ketika ada acara mendesak sudah tidak jadi masalah lagi.

Selain itu, ada juga kombinasi model terbaru tanpa kancing. Jadi, baju bidan dibuat dengan resleting dibagian depan atau belakang yang makin menambah kesan modis. Dengan bawahan warna senada dan detail minimal pada list baju semakin menambah kesan modis bagi pemakainya.

Model Baju Bidan Terbaru

Variasi baju bidan juga tidak hanya bisa dilakukan pada kancing atau kerah. Model baju bidan juga bisa dibuat lebih modis. Kini juga hadir model terbaru yang mirip dengan gamis namun tetap dinamis sehingga memudahkan bidan untuk bergerak.

Jika model gamis tidak sesuai selera, maka hadir juga baju dinas bidan dengan model twopiecesdimana dikombinasikan dengan bawahan rok atau celana. Seperti model baju bidan konvensional namun dengan tambahan beberapa sentuhan modis lainnya.

Model blazer dengan kerah Shanghai juga sedang tren saat ini. Namun tetap kembali pada pedoman baju dinas Rumas Sakit masing – masing. Sehingga tetap tidak menghilangkan identitas seorang bidan. Umumnya, model baju bidan yang beraneka ragam tetap dibuat tanpa mengurangi ciri dari seragam bidan umumnya. Karena ini merupakan identitas dan kebanggaan seorang bidan yang bertugas menolong masyarakat.

Apapun model baju dinas bidan Anda nantinya, tetap perhatikan satu hal penting. Anda harus memilih penjahit yang ternama untuk mengerjakan baju dinas bidan Anda. Pilihlah jasa penjahit khusus seragam perawat atau petugas medis lainnya. Gunanya untuk memberikan jaminan bahwa pesanan akan dibuat sesuai dengan ketentuan Rumah Sakit. Pilih juga bahan yang berkualitas dan nyaman digunakan.