Beberapa Hal Menarik dari Desain Baju Koki


Beberapa Hal Menarik dari Desain Baju Koki

Desain Baju Koki
Beberapa Hal Menarik dari Desain Baju Koki

Dunia industri dapur menuntut profesionalitas, terutama baju koki. Baju koki mengalami perkembangan yang menarik. Desain baju koki memiliki beberapa hal yang standar namun menarik untuk dibahas. Apa saja hal-hal menarik tersebut?

Perkembangan Baju Koki

Pada tahun 1822, desain baju koki mulai muncul seperti yang kita lihat sekarang. Seniman asal Prancis, Marie dan Antoine merilis sketsanya berjudul “Le Maitre d’Hotel Francais.” Sketsa tersebut menggambarkan dua koki yang mengenakan toque, celana panjang, baju koki, dan celemek. Kemudian, pakaian ini menjadi populer di tahun 1878. Sampai sekarang, para koki masih memakai baju koki tersebut dengan beberapa tambahan di sana-sini.

Mengapa Desain Baju Koki Double-Brested?

Pada umumnya, pakaian hanya memiliki penutup di depan dengan satu baris kancing. Namun, baju koki sedikit berbeda. Profesi mereka yang menuntut chef bekerja lebih cepat, lebih aman, dan bersih. Sehingga desain baju koki dibuat double-brested. Lore seorang designer menjelaskan bahwa aplikasi baju tersebut melindungi koki dari bahaya dan cedera. Dua lapis kain tersebut memiliki tugas untuk melindungi koki dari berbagai hal ketika di dapur; mulai dari uap panas, cipratan cairan, dan potensi bahaya dapur lainnya. Selain itu, alasan lain kenapa tombol pada baju koki terbuat dari kain yang diikat adalah agar tombol tersebut tidak putus dan masuk ke dalam masakan. Hal tersebut tidak mengganggu koki.

Mengapa Desain Baju Koki Berwarna Putih?

Kondisi seorang koki dengan baju kokinya yang berwarna putih menunjukkan kepada pelanggan bahwa dia memiliki posisi yang kuat dalam menjalankan pekerjaannya. Putih melambangkan simbol sesuatu yang kuat dari kebersihan dan kesempurnaan.

Dari segi fungsi, warna putih sangat bagus untuk mencegah uap panas masuk ke dalam tubuh. Hal ini memberikan perlindungan kepada koki saat jarak koki dengan kompor atau dengan api terbuka lebih aman.

Selain itu, koki percaya bahwa warna putih merupakan warna dasar terbaik untuk mengetahui adanya noda yang menempel. Sehingga mereka akan melakukan tindakan cepat untuk membersihkannya. Bayangkan jika seorang koki menggunakan baju berwarna kotak-kotak, noda dalam baju tersebut hanya akan menempel tanpa anda ketahui adanya noda. Hal itu jauh dari kebersihan dan bagi para koki, hal tersebut tidak menguntungkan.

Aksesori Handuk

Para koki memiliki handuk piring atau bar di setiap pekerjaannya. Mereka menyelipkannya ke dalam pita pinggangnya. Handuk tersebut semata-mata untuk membantu fungsionalitas pekerjaan koki. Misalnya, koki yang akan mengangkat panci, mangkuk, dan wajan yang panas memerlukan alat bantu. Handuk tersebut membantu koki untuk mengangkat berbagai alat masak yang panas. Selain itu, handuk tersebut juga dapat menjadi alat pembersih yang siap kapan saja. Dia dapat membersihkan tumpahan kecil dari piring atau alat lainnya. Handuk tersebut juga dapat membersihkan kelembapan pada kulit, minyak berlebih di tangan atau muka anda.

 

Jika anda sedang membutuhkan seragam bisa langsung hubungi kontak CS kami di bawah ini.

No Telepon : 021 – 7356891
Fax : 021 – 7355533
Whatsapp 0878-7570-95110877-8288-8730 / 0813-1545-6872
Facebook https://www.facebook.com/Rumahjahit.page
Email : mayang.rumahjahit@gmail.com
Website www.rumahjahit.com

Atau bisa datang ke tempat kami : Jalan Ceger Raya No. 120 samping SDIP Baitul Maal, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

 

Terimakasih telah berkunjung ke website kami, semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda guna untuk pemahaman serta tambahan wawasan, pengetahuan dan referensi anda yang berminat dalam melakukan pembuatan.




Tinggalkan Balasan