Arti Di Balik Topi Wisuda Yang Wajib Diketahui

Arti Di Balik Topi Wisuda Yang Wajib Diketahui

Atribut topi wisuda merupakan hal penting, sebab tanpa adanya topi maka seseorang tidak bisa diwisuda. Karena dalam proses wisuda akan ada pemindahan tali dimana mengesahkan gelar  yang mereka dapatkan, tentunya penggunaan topi sendiri juga memiliki arti. Jadi tidak heran dimanapun kegiatan wisuda pastinya akan menggunakan topi, sebab terdapat makna mendalam pada penggunaan topi tersebut. Jadi tidak heran jika tidak sah Anda wisuda jika tidak menggunakan topi tersebut, jadi agar Anda tidak menyepelekan topi wisuda maka Anda wajib mengetahui apa makna di balik topi tersebut. Jadi dengan mengetahui hal ini maka Anda tidak akan aneh lagi jika melihat orang wisuda menggunakan topi, walaupun topi tersebut tidak berfungsi sebagai penutup kepala. Selain itu bentuk topi tersebut juga unik dan memiliki beberapa sudut sehingga terlihat unik.

1. Memiliki arti berupa sudut pandang

Tentunya arti di balik topi wisuda adalah gambaran mengenai sudut pandang dari seorang sarjana, tidak heran jika di topi wisuda memiliki beberapa sudut dan berbeda dengan model topi pada umumnya. Karena seorang sarjana dituntut untuk memandang sesuatu hal dengan berbagai sudut pandang, dimana tidak boleh memandang dari hanya satu sudut saja. Jadi jika Anda telah menadi sarjana maka pemikiran Anda tidak boleh sempit karena harus memandang dari berbagai sudut, sehingga bisa memberikan pertimbangan dengan bijak dan adil untuk semua orang sehingga tidak menguntungkan salah satu pihak saja. Sebab seorang sarjana tentunya memiliki ilmu yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak SMA tidak heran jika sarjana merupakan orang yang berkualitas, mengingat tidak semua orang memiliki kesempatan untuk bisa mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi.

2. Memiliki arti untuk berpikir rasional

Arti dari topi wisuda adalah seorang sarjana haruslah berpikir rasional, dimana semua yang dipikirkan harus memiliki dasar dan tidak hanya sekedar berdasarkan tahayul saja. Sebab saat ini masih banyak orang yang berpikir dengan tidak memiliki dasar dan landasan yang kuat dimana masih banyak masyarakat Indonesia yang percaya tahayul. Padahal pemikiran yang tanpa landasan tersebut berbahaya karena dapat membuat pemikiran seseorang tidak maju sehingga tidak akan berkembang. Jadi tidak heran jika seorang sarjana berfikir dan berbicara harus memiliki dasar yang kuat sehingga apa yang dikatakan tersebut tidak asal saja. Sebab sarjana juga merupakan salah satu bagian untuk memajukan bangsa juga. Jadi sangat salah jika Anda menganggap bahwa topi yang digunakan pada wisuda nanti hanya berupa penutup kepala dari panas, padahal hal tersebut tidaklah benar. Jadi topi sendiri juga bukan hanya sekedar atribut saja, oleh sebab itu jangan sampai Anda menganggap remeh atribut topi wisuda ini.

Tinggalkan Komentar