5 Faktor Yang Mempengaruhi Perbedaan Harga Medali Wisuda

5 Faktor Yang Mempengaruhi Perbedaan Harga Medali Wisuda

Medali wisuda resin – Medali merupakan benda logam kecil yang diperuntukkan sebagai hadiah, dimana akan diberikan jika seseorang berhasil melakukan hal penting atau untuk memperingati hal penting. Medali zaman dulu ada yang dibuat untuk urusan olahraga, akademik, militer bahkan untuk kegiatan keagamaan.

Namun sekarang ini penggunaan medali semakin bertambah luas, bukan hanya untuk beberapa instansi yang tadi sudah disebutkan. Saat ini medali juga digunakan untuk memperingati kelulusan / medali wisuda, pemberian penghargaan bagi staff perusahaan yang memiliki kinerja tinggi atau mendapatkan prestasi dan sebagainya.

5 Faktor Yang Mempengaruhi Perbedaan Harga Medali Wisuda

1.      Bahan Baku Medali

Semakin luasnya penggunaan medali, semakin banyak pula jenis bahan yang digunakan untuk pembuatan medali tersebut. Salah satu bahan yang sering digunakan adalah medali wisuda resin. Bahan Resin / Fiberglass umumnya dipilih oleh instansi yang menginginkan medali yang terkesan elegan dan mewah. Warna dan bentuk medali menggunakan bahan resin jauh lebih variatif dan unik.

Terdapat pula bahan lainnya seperti emas, perak, kuningan, perunggu, akrilik, stainless hingga bahan cor. Pemilihan bahan baku pembuatan medali wisuda ini akan berpengaruh pada harga medali wisuda. Semakin mahal harga dari bahan bakunya, tentu semakin mahal pula harga dari medali wisuda yang dibuat.

2.      Ukuran Medali

Ukuran juga berpengaruh pada harga medali. Ada beberapa institusi yang memesan dalam ukuran besar, namun ada juga yang menyukai medali dengan ukuran kecil. Semakin besar ukuran medali tentu akan semakin mahal. Pemilihan ukuran ini dapat Anda konsultasikan dengan pihak konveksi perlengkapan wisuda.

3.      Jumlah Pesanan

Medali wisuda resin – Kuantitas pemesanan juga menjadi faktor penentu harga sebuah medali. Jasa konveksi medali wisuda biasanya memberikan harga lebih murah untuk pesanan dalam jumlah banyak. Namun harga menjadi lebih mahal jika Anda memesannya dalam jumlah sedikit.

Jasa konveksi perlengkapan wisuda memang lebih diperuntukkan untuk pesanan partai besar, seperti universitas atau sekolah-sekolah yang akan mewisuda ratusan mahasiswanya. Namun Anda tetap bisa memesannya dalam jumlah sedikit. Jika pesanan dalam jumlah sedikit ada baiknya menyesuaikannya pada bahan baku pembuat medali tersebut.

4.      Tingkat Kesulitan Pemotongan

Medali memiliki bentuk-bentuk yang berbeda, umum dan mudah dibuat tentunya adalah bentuk bulat atau kotak. Tetapi ada pula yang memesannya dalam bentuk abstrak. Tentunya bentuk dari medali pesanan Anda juga akan berpengaruh pada harga medali. Medali dengan bentuk standar seperti bulat dan kotak tentu jauh lebih murah harganya jika dibandingkan dengan yang bentuknya abstrak.

Bentuk abstrak ini biasanya mengikuti logo atau lambang institusi yang memesan. Kenapa semakin mahal jika bentuknya abstrak? Karena proses pemotongan atau cutting akan jauh lebih sulit dan lama. Proses pemotongan ini juga masih berhubungan dengan proses pemilihan bahan medali. Bahan medali wisuda resin biasanya menggunakan cetakan dalam pembuatannya, jadi harganya pun juga akan berbeda.

5.      Kecepatan Pembuatan Medali Wisuda Resin

Waktu pemesanan akan mempengaruhi harga medali yang akan Anda pesan. Sehingga hindari pemesanan mendadak atau pesanan yang membutuhkan waktu cepat. Maka lebih efektif dan efisien adalah dengan memesan medali dari jauh-jauh hari, agar harga tidak akan naik seperti jika Anda memesannya secara mendadak.

Tinggalkan Komentar