Seragam Sekolah SD


Seragam Sekolah SD

Pelajar sekolah di Indonesia tentu identic sekali dengan seragam corak warna dari berbagai jenjang pendidikan SD hingga SMA. Seperti yang telah kita ketahui, beberapa Negara lain, pelajar tidak diwajibkan mengenakan seragam bahkan tidak ada aturan mengenakan seragam sekolah. Indonesia pun sebenarnya pernah menerapkan pakaian bebas kesekolah, namun itu pada zaman dahulu kala tepatnya pada masa pendudukan colonial. Seragam Sekolah SD pun menjadi arti tersendiri karna seragam sekolah SD ini adalah sekolah dasar tapi dibalik warnanya memiliki arti tersendiri yang menggambarkan anak anak senang jika memakai seragam sekolah dan menunjukan keceriaan karena ia bisa masuk sekolah dan belajar dengan teman-temannya, ia bisa berinteraksi dengan teman temannya pastinya jika seragam sekolah SD nyaman dan bahan kainnya tidak panas maka anak-anak akan lebih bersemangat dalam hal belajar dan bermain disekolah aktiv dalam hal lainnya. Sekolah Dasar ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Saat ini murid kelas 6 diwajibkan mengikuti Ujian Nasional atau UN (dahulu Ebtanas) yang mempengaruhi kelulusan siswa. Lulusan sekolah dasar dapat melanjutkan

seragam sekolah

Seragam Sekolah SD

pendidikan ke sekolah menengah pertama (atau derajat). ketentuan pada seragam SD sudah mulai digagas secara lebih serius. Masih sama, untuk perempuan berupa kemeja dan rok, sedangkan seragam sekolah untuk lelaki berupa kemeja dan celana. Warna yang paling umum dipakai untuk seragam SD adalah putih untuk kemeja dan merah untuk bawahan rok juga celana. Pada umumnya, seragam sekolah sudah dilengkapi dengan topi (untuk kegiatan upacara bendera), sabuk hitam, dan dasi. Sekarang ini Indonesia Negara yang menganjurkan para siswanya untuk mengenakan seragam sekolah Indonesia ketika mereka menunaikan tugas sebagai pelajar. berbeda dengan Negara -negara lain, anjuran untuk memakai seragam sekolah ini juga dimaksudkan untuk menyetarakan segala perbedaan yang ada di lingkungan sekolah para siswa. Tak perlu diragukan lagi, seragam sekolah Indonesia menjadi salah satu bentuk nyata dari pernyataan Bhinneka Tunggal Eka.

Terimakasih telah mengunjungi website kami, semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda guna untuk pemahaman serta tambahan  wawasan dan pengetahuan anda seputar seragam sekolah.




Tinggalkan Balasan