Pola Baju Seragam Sekolah


Pola Baju Seragam Sekolah

Dalam menjahit atau mendesain baju seragam sekolah ada pola, Pola adalah potongan-potongan kertas yang merupakan prototipe bagian-bagian pakaian atau produk jahit-menjahit. Pola dijadikan sebagai contoh agar saat terjadi kesalahan sewaktu menggunting kain. Selain memakai pola buatan sendiri, orang dapat menjahit dirumah dengan memakai pola yang siap pakai atau pola jadi yang biasanya diterbitkan di majalah-majalah. Pada saat ingin membuat pola kita harus menyesuaikan dengan ukuran-ukuran bentuk badan dan model pakaian. Untuk pemakaian yang dijahit menurut pesanan, Sebelum pola dibuat, bagian bagian tertentu dari tubuh di ukur satu demi satu menggunakan pita ukur. Bagian bagian tubuh yang harus di ukur untuk membuat pola baju seragam sekolah adalah ukuran lingkar leher, lebar dada, panjang dada, hingga lingkar pinggang dan panjang punggung. Sebelum digambar dalam ukuran sebenarnya, rancangan pola baju seragam sekolah juga dapat digambar dalam ukuran kecil berdasarkan skala. berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat Pola baju Seragam Sekolah :

seragam sekolah

Konveksi Seragam Sekolah Terbaik dan Berkualitas

  1. Pola Dasar

Pola dasar untuk membuat baju seragam sekolah sudah dapat dijadikan contoh untuk menjahit, namun belum mempunyai model. Sewaktu dibuat, ukuran pola dasar dapat disesuaikan dengan ukuran standar badan yang umum ( S, M, L ).

  1. Pengembangan pola dasar

Pecah pola adalah proses mengubah pola dasar menjadi pola dasar yang sesuai dengan model busana. Caranya antara lain dengan lipit, memoyong, menyambung, atau memanjangkan dan memendekan pada bagian-bagian tertentu pada pola dasar.

  1. Tanda-tanda

Sejumlah tanda-tanda (symbol) dipakai pada pola untuk memberi instruksi sewaktu menggunting kain dan menjahit. Dengan memakai tanda-tanda pada pola, pembuat pola juga dapat menyampaikan instruksi kepada orang lain.

Untuk alat-alat pembuat pola baju seragam sekolah anda bisa mencarinya di sekitar lingkungan rumah anda seperti :

  1. Buku pola
  2. Boneka jahit
  3. Pita ukuran atau meteran
  4. Kertas
  5. Pensil berwarna
  6. Penghapus
  7. Penggaris
  8. Rader
  9. Kapur jahit
  10. Karbon jahit
  11. Jarum pentul dan Gunting .

Itulah beberapa cara untuk membuat pola baju seragam sekolah agar sesuai dan hasilnya pun bagus .

Terimakasih telah mengunjungi website kami, semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda guna untuk pemahaman serta tambahan wawasan dan pengetahuan anda seputar seragam sekolah.




Tinggalkan Balasan